Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:11 WIB | Jumat, 24 September 2021

Terkait Penipuan Pajak, Pimpinan Perusahaan Gas Alam Rusia Ditangkap

Chief Financial Officer Mark dari perusahaan Novatek, Mark Gytvay, berbicara selama KTT Investasi Rusia di Moskow, Rusia. (Foto: dok. Reuters)

FLORIDA, SATUHARAPAN.COM-Mark Gyetvay, wakil kepala produsen gas alam Rusia, Novatek, telah ditangkap di Amerika Serikat atas tuduhan pajak terkait dengan US$ 93 juta yang disembunyikan di rekening luar negeri, kata Departemen Kehakiman mengatakan pada hari Kamis (23/9).

Dikatakan juri agung federal di Fort Myers, Florida, mengembalikan dakwaan pada hari Rabu yang menuduh Gyetvay, seorang pengusaha Florida, dengan menipu AS. Gyetvay memegang paspor dari AS dan Rusia.

Menurut dakwaan, dari 2005 hingga 2016, Gyetvay diduga terlibat dalam skema untuk menipu AS dengan menyembunyikan kepemilikan dan kendalinya atas aset lepas pantai yang substansial dan dengan gagal mengajukan dan membayar pajak atas pendapatan jutaan dolar.

Gyetvay, yang duduk di dewan direksi Novatek dan menjadi kepala keuangannya dari 2003 hingga 2014, tidak membalas panggilan telepon. Novatek menolak berkomentar.

Mulai tahun 2005, Gyetvay diduga membuka yang pertama dari dua rekening bank Swiss yang berbeda untuk menyimpan aset ini, yang pada satu titik memiliki nilai agregat lebih dari US$ 93 juta, kata Departemen Kehakiman.

Gyetvay diangkat sebagai wakil kepala dewan manajemen Novatek pada Juli 2010. Dia dijadwalkan hadir di pengadilan pada hari Kamis di hadapan Hakim Magistrate AS, Douglas Frazier dari Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Tengah Florida.

Dia menghadapi hukuman penjara yang panjang jika terbukti bersalah atas tuduhan tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home