Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:42 WIB | Sabtu, 22 Juli 2023

Tiga Gempa Bumi Dangkal Mengguncang Poso dan Tasikmalaya

Peta lokasi pusat gempa bumi di Poso. (Foto: BMKG)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Tiga gempa bumi dangkal mengguncang dua wilayah di Tanah Air, yaitu Poso, Sulawesi tengah dan Tasikmalaya, Jawa Barat, pada hari Sabtu (22/7/2023), menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Gempa bumi di Poso terjadi pada pukul 13:19 dan kembali terjadi pada satu menit berikutnya. Gempa pertama berkekuatan 4,3 dengan pusat gempa hanya tiga kilometer, dengan koordinat pusat gempa pada 1.68 Lintang Selatan dan 120.45 Bujut Timur. Ini terletak sekitar 22 kilometer sebelah timur Doda.

Getarannya dirasakan pada skala III di Tentena, dan II-III di Posos.

Gempa kedua dengan pusat gempa yang berdekatan, tetapi kealaman pusat gempa pada lima kilometer, dan hanya 20 kilometer sebela timur Doda.

Sementara itu, gempa yang menguncang Tasikmalaya terjadi pada pukul: 05:41:40 WIB, dengan koordinat pusat gempa pada 8.1 Lintang Selatan dan 107.5 Bujur Timur. Gempa dengan kekuatan 4,6 termasuk dangkal dengan kedalaman hanya empat kilometer.

Pusat gempa berada di laut sekitar 106 kilometer barat daya Tasikmalaya. Getaranya dirasakan pada skala III di Pameungpeuk, Cijulang, Banjaran, Cikelet, Cidaun, dan Ciamis. Juga dirasakan pada skala II-III di Cimerak dan Parigi.

Gempa ini juga dirasakan di Kertasari, Pangalengan dan Cipamingkis pada skala II.

Sejauh ini belum ada informasi tentang kerusakan bangunan dampak gempa-gempa tersebut.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home