Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:18 WIB | Kamis, 15 November 2018

Tim IPB Raih Juara di Kompetisi Pangan Tingkat Asia Tenggara

Ilustrasi. Mapleto merupakan selai berbahan bir pletok mengandung rempah-rempah, dapat menurunkan kolesterol karya salah satu tim mahasiswa Departemen Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berhasil meraih Best Innovation Idea Kategori Food dalam Food Product Development Competition (FPDC) di Jakarta International Expo. (Foto: ipb.ac.id)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Tiga tim mahasiswa dari Departemen Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil merebut berbagai gelar juara dalam Food Product Development Competition (FPDC) di Jakarta International Expo, baru-baru ini.

Tim “Yo! Bran” yang terdiri atas M Rizal Pratama, M Fakhrian Irsali, dan Priliani Madma, berhasil merebut gelar Juara I Kategori Beverage.

Tim “Mapleto” yang terdiri atas Qurrata Ayu’ni, Yogie Rivaldy, dan Michael Oscarius berhasil meraih gelar Best Innovation Idea Kategori Food. Sedangkan Tim “Ricuma” yang beranggota M Irfan Fathoni, Abi Hakim Mandala, dan Windy Khairunnisa, berhasil meraih gelar The Best Display Kategori Beverage.

Yo! Bran, merupakan minuman fermentasi susu sapi skim nonfat yang mengandung bekatul serta mengandung serat prebiotik dan probiotik yang tinggi. Yo! Bran bermanfaat untuk mencegah risiko orang terkena non-communicable disease.

Non-communicable disease, merupakan penyakit tidak menular, contohnya adalah penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Yo! Bran juga dapat membantu proses pencernaan.

Mapleto, merupakan selai berbahan bir pletok dengan pengentalnya berupa kulit jeruk. Mapleto mengandung rempah-rempah berupa secang sebagai komponen bioaktif yang dapat menurunkan kolesterol.

Sedangkan Ricuma adalah, minuman tradisional beras kencur berbahan dasar beras merah, temu mangga, dan jahe. Minuman ini mengandung senyawa bioaktif, terutama polifenol dan antioksidan.

Ricuma dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskuler, kanker, diabetes melitus serta meningkatkan sistem imun tubuh.

FPDC merupakan kompetisi se-Asian Tenggara, yang fokus pada pengembangan di bidang proses makanan berdasarkan bahan lokal.

FPDC, diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan IPB dan didukung oleh UBM serta bekerja sama dengan Food Ingredient Asia.

Peserta berasal dari perguruan tinggi di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Thailand hingga Vietnam. Kategori lomba ini terbagi dua yaitu Kategori Food dan Kategori Beverage.

Juri-juri yang terlibat adalah dosen dari Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Kasetsart University Thailand dan perwakilan industri. Setelah lomba selesai, mereka berencana untuk mengembangkan usaha. Perlu evaluasi baik dari segi kemasan dan aspek lainnya. (ipb.ac.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home