Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:39 WIB | Rabu, 16 Mei 2018

Tiongkok Luncurkan Satelit Resolusi Tinggi Pemantau Lingkungan

Ilustrasi. Tiongkok luncurkan satelit tercanggih pemantau lingkungan. (Foto: dw.com)

TIONGKOK, SATUHARAPAN.COM – Tiongkok, luncurkan satelit pemantau lingkungan berteknologi pencitraan hyperspektral Gaofen 5 ke orbit Bumi.

Satelitnya dilengkapi teknik pencitraan hyperspektral, yang mampu memonitoring kualitas perairan terbuka, polusi udara, partikel, emisi gas rumah kaca serta ozon.

Satelit Gaofen 5, yang diluncur dari pusat ruang angkasa Taiyuan di provinsi Shanxi, merupakan wahana pertama buatan Tiongkok, yang mampu memonitor unsur-unsur polutan udara.

Satelitnya dikembangkan dan diproduksi China Aerospace Science and Technology Corporation, dirancang miliki masa hidup 8 tahun.

Wahana ini, dilengkapi enam unit instrumen hiperspektral teknologi tinggi. Dengan teknik berbeda, satelit bisa memonitor unsur polutan di udara, gas rumah kaca dan aerosol. Gaofen 5 juga mampu menangkap informasi spektral mulai dari radiasi ultra violet hingga infra merah.

Wang Qiao, direktur pusat satelit lingkungan di kementerian ekologi dan lingkungan memuji keunggulan teknologinya.

"Satelit yang diluncurkan sebelumnya tidak dilengkapi teknik pencitraan hiperspektral, sehingga tidak mampu membedakan antara tanaman air dengan ganggang. Keduanya diidentifikasi sebagai obyek yang sama. Tapi dengan teknik hiperspektral, kini bisa dibedakan antara tanaman air dengan gulma penganggu".

"Dalam terminologi unsur pencemaran udara, satelit mampu memonitor belerang dioksida, nitrogen oksida, partikel berbahaya, gas rumah kaca serta aerosol yang terkandung dalam udara", kata Wang.

Lepas Ketergantungan

Dengan proyek satelit Gaofen, Tiongkok juga melompat jauh dalam bidang teknologi pencitraan lingkungan resolusi tinggi. Salah satu target utama proyek tersebut, adalah melepaskann ketergantungan pada pasokan data satelit asing.

Dengan data resolusi tinggi yang disuplai sistem satelit Gaofen, kini Tiongkok dapat memetakan kekayaan sumber daya alam dan mineralnya tanpa takut diserobot pihak asing. Selain itu, data ekologi lingkungan dan meterorologi bisa dihimpun dalam kualitas tinggi. Beijing kini bisa mempromosikan tekad perlindungan iklim dan lingkungannya tidak main-main.

Sistem pencitraan data definisi tinggi milik Tiongkok, akan diperluas, dengan peluncuran satelit berikutnya Gaofen 6 akhir tahun ini.

Dengan konstelasi satelit monitoring lingkungan itu Tiongkok bisa melakukan observasi Bumi sepanjang waktu tanpa terpengaruh cuaca. (dw.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home