Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:08 WIB | Sabtu, 03 Desember 2016

Trump Benarkan Cara Duterte Perangi Narkoba

Foto arsip: Presiden Filipina Rodrigo Duterte berpidato dalam Forum Ekonomi Filipina di Tokyo; 26 Oktober 2016. Duterte pada 26 Oktober dijadwalkan untuk mempersuasi pejabat eksekutif Jepang bahwa negaranya "terbuka untuk bisnis"; setelah kerja sama sebelumnya berantakan karena menghina AS dan membuat tawaran kepada Tiongkok. (Foto: AFP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan kepada Presiden Filipina Rodrigo Duterte bahwa Manila melakukan perang narkoba mematikan “dengan cara yang benar,” kata Duterte pada Sabtu (03/12), kontras dengan kritik yang dia terima dari Presiden Barack Obama.

Presiden Filipina tersebut pada Jumat malam menghubungi Trump untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan umum, dengan Trump mendoakan dia “sukses” dalam aksi penindakan antikriminal kontroversialnya, yang sudah menewaskan 4.800 orang sejak Juni, menurut Duterte.

“Dia juga cukup sensitif mengenai kekhawatiran kita tentang narkoba. Dan dia mendoakan semoga... kampanye saya sukses dan dia mengatakan bahwa... kita melakukannya sebagai bangsa yang berdaulat, dengan cara yang benar,” kata Duterte dalam sebuah pernyataan pada Sabtu.

Duterte (71) melancarkan perang melawan narkoba yang memicu kecaman dunia, dengan Obama mendesak presiden tersebut untuk melakukan kampanyenya “dengan cara benar” setelah muncul kekhawatiran atas pembunuhan tanpa melalui proses peradilan.

Kantor Trump mengeluarkan pernyataan singkat setelah percakapan itu, mengatakan Duterte sudah mengucapkan selamat kepada Trump dan keduanya sepakat untuk bekerja sama dengan erat.

Duterte memenangkan pemilihan presiden pada Mei setelah berjanji akan menghabisi puluhan ribu tersangka narkoba, memperingatkan bahwa jika tidak, Filipina akan berubah menjadi negara narkoba. (Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home