Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:43 WIB | Selasa, 12 Juni 2018

Trump dan Kim Sampaikan Komitmen Bersama

Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara dalam upacara penandatanganan dokumen di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018. (Foto: VOA/AP)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump dan Ketua Kim Jong Un dari Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) memberikan pernyataan bersama dalam pertemuan puncak di Pulau Sentosa, Singapura pada 12 Juni 2018.

Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un saling bertukar pikiran secara komprehensif, mendalam dan tulus menangani isu-isu yang terkait penciptaan hubungan baru AS dan RRDK dan membangun perdamaian yang abadi dan kuat di kawasan Semenanjung Korea.

Presiden Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada RRDK. Sebaliknya, Ketua Kim Jong Un menegaskan kembali komitmen tegas dan teguh untuk menyelesaikan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Yakin bahwa penciptaan hubungan baru AS dan RRDK akan menyumbang pada perdamaian dan kesejahteraan di Semenanjung Korea dan dunia serta mengakui bahwa membangun kepercayaan diri bersama bisa mempromosikan denuklirisasi di Semenanjung Korea, maka Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un menyatakan sebagai berikut:

  1. Amerika Serikat dan RRDK berkomitmen untuk menciptakan hubungan baru antara kedua negara sesuai dengan keinginan rakyat kedua negara untuk perdamaian dan kesejahteraan.
  2. Amerika Serikat dan RRDK akan bersama-sama berupaya membangun rezim perdamaian yang stabil di Semenanjung Korea.
  3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, RRDK berkomitmen untuk bekerja menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.
  4. Amerika Serikat dan RRDK berkomitmen untuk menemukan sisa-sisa jenazah tawanan perang/tentara yang hilang dalam perang, termasuk pemulangan segera yang sudah teridentifikasi.

Menyadari bahwa pertemuan puncak AS-RRDK, yang pertama dalam sejarah, adalah peristiwa zaman ini yang sangat penting dan mengatasi ketegangan yang sudah berlangsung selama puluhan tahun dan permusuhan antara kedua negara dan pembukaan masa depan baru, Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un berkomitmen untuk menerapkan ketentuan-ketentuan dalam pernyataan ini secara penuh dan cepat.

Amerika Serikat dan RRDK berkomitmen untuk mengadakan negosiasi lanjutan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan para pejabat tinggi RRDK lainnya, segera mungkin untuk menerapkan hasil-hasil pertemuan puncak Singapura.

Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump dan Ketua Komisi Urusan Negara Republik Rakyat Demokratik Korea telah berkomitmen untuk bekerja sama untuk pembangunan hubungan AS-RRDK dan untuk mempromosikan perdamaian, kesejahteraan dan keamanan Semenanjung Korea dan seluruh dunia.(VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home