Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:56 WIB | Senin, 16 November 2020

Trump Tampaknya Mengakui Kemenangan Joe Biden

Presiden AS, Donald Trump dan Presiden terpilih, Joe Biden. (Foto: dok. Ist.)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengakui secara terbuka untuk pertama kalinya pada hari Minggu (15/11) bahwa calon dari Partai Demokrat, Joe Biden, memenangkan pemilihan presiden AS pada 3 November. Namun dia tetapi menegaskan bahwa itu "dicurangi", mengulangi klaim palsunya tentang kecurangan pemungutan suara yang meluas.

Biden mengalahkan Trump dengan memenangkan sejumlah negara bagian yang dimenangkan oleh petahana Partai Republik pada tahun 2016. Mantan wakil presiden dari Partai Demokrat itu juga memenangkan suara populer nasional dengan lebih dari 5,5 juta suara.

Trump tampaknya mengakui kemenangan Biden dalam sebuah posting Twitter di mana dia mencantumkan tuduhan penipuan yang tidak berdasar. "Dia menang karena Pemilu Dicurangi," tulis Trump di Twitter pada Minggu pagi, tidak menyebut nama Biden.

"TIDAK ADA PENGAWAS ATAU PENGAWAS PEMILIHAN yang diizinkan, pemungutan suara yang ditabulasikan oleh perusahaan swasta Radical Left, Dominion, dengan reputasi buruk & peralatan buruk yang bahkan tidak dapat memenuhi syarat untuk Texas (yang saya menangkan banyak!), Media Palsu & Diam, & lebih!"

Transfer Kekuasaan

Kampanye Trump telah mengajukan tuntutan hukum yang berusaha untuk membatalkan hasil pemilu di banyak negara bagian, meskipun tidak berhasil, dan para ahli hukum mengatakan litigasi hanya memiliki sedikit peluang untuk mengubah hasil pemilihan.

Pejabat pemilu dari kedua partai mengatakan tidak ada bukti penyimpangan besar. Demokrat dan kritikus lainnya menuduh Trump mencoba mendelegitimasi kemenangan Biden dan merusak kepercayaan publik dalam proses pemilu Amerika. Sebelum pemilihan, Trump telah menolak untuk berkomitmen pada transfer kekuasaan secara damai.

Penolakan Trump untuk menyerah tidak mengubah fakta bahwa Biden adalah presiden terpilih, tetapi hal itu telah menghentikan proses normal pemerintah dalam mempersiapkan pemerintahan presiden baru.

Keputusan pemerintahan Trump untuk tidak mengakui Biden sebagai pemenang telah mencegah Biden dan timnya untuk mendapatkan akses ke ruang kantor pemerintah dan pendanaan yang biasanya diberikan kepada pemerintahan yang akan datang untuk memastikan transisi yang mulus.

Agen federal yang bertanggung jawab menyediakan sumber daya tersebut, Administrasi Layanan Umum, belum mengakui kemenangan Biden.

Biden telah menghabiskan hari-hari berkumpul dengan para penasihat saat dia mempertimbangkan penunjukan Kabinet, panggilan ucapan selamat dari para pemimpin dunia dan memetakan kebijakan yang akan dia kejar setelah dilantik pada 20 Januari.

Biden telah memenangkan 306 suara dalam sistem Electoral College negara bagian yang menentukan pemenang presiden, menurut Edison Research, jauh lebih banyak daripada 270 suara yang dibutuhkan untuk mendapatkan mayoritas.

Trump memperoleh jumlah suara elektoral yang sama pada tahun 2016 atas kandidat dari Partai Demokrat Hillary Clinton, sebuah kemenangan yang disebutnya "telak" meskipun faktanya dia mendapat suara rakyat nasional dengan sekitar tiga juta suara. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home