Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:20 WIB | Kamis, 30 November 2023

Ukraina: Tidak Ada Kelelahan pada NATO Dukung untuk Melawan Rusia

Menlu Ukraina: Putin Salah Perhitungan Jika Pertahankan Pasukan di Ukraina Hingga Pemilihan Presiden AS
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Menlu Ukraina, Dmytro Kuleba, memberikan konferensi pers di tengah pertemuan Menlu NATO dengan Ukraina di Brussel, Belgia, Rabu (29/11). (Foto: Saul Loeb/pool via AP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, pada hari Rabu (29/11) bersikeras bahwa sekutu NATO tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan perang dan tetap berkomitmen untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari Rusia dan merebut kembali wilayah yang diduduki.

Berbicara kepada The Associated Press, Kuleba juga mengatakan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, salah perhitungan jika ia melihat adanya manfaat dalam mempertahankan pasukannya di Ukraina setidaknya sampai pemilihan presiden di Amerika Serikat dalam waktu satu tahun, yang dapat mengantarkan pemerintahan baru.

“Saya mendengar jawaban 'tidak' yang jelas terhadap segala referensi mengenai kelelahan, dan saya mendengar jawaban 'ya' yang jelas untuk meningkatkan dukungan kepada Ukraina,” kata Kuleba setelah bertemu dengan rekan-rekan NATO di Brussels. Dia mengatakan bahwa beberapa sekutu telah memberikan tawaran dukungan baru, namun dia menolak memberikan rinciannya.

“Mereka memahami bahwa agar mereka merasa aman, agar mereka tidak terjebak dalam situasi di mana tentara NATO harus berperang, Ukraina harus menang dalam perang ini,” kata Kuleba.

Lebih dari 650 hari setelah perang, pertempuran antara Rusia dan Ukraina terhenti, dan tidak ada yang mampu memperoleh keuntungan signifikan. NATO percaya bahwa Rusia telah menderita sekitar 300.000 korban jiwa, namun para pejabat menolak untuk berspekulasi mengenai jumlah korban di Ukraina.

Masalahnya pada Putin

NATO sebagai sebuah organisasi tidak memberikan bantuan militer kepada Ukraina, meskipun banyak anggotanya memberikan bantuan secara individu dan kelompok. Namun pasokan amunisi dan peralatan menjadi sebuah tantangan seiring dengan berkurangnya stok senjata nasional.

Dan retorikanya telah bergeser. Enam pekan yang lalu, para pejabat tinggi dan menteri NATO memuji kemajuan yang dicapai angkatan bersenjata Ukraina secara perlahan namun bertahap. Pekan ini, kelangsungan hidup negara ini dipuji sebagai sebuah kemenangan.

Meski begitu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan sekutunya “bertekad untuk memastikan bahwa Ukraina memiliki apa yang dibutuhkannya, termasuk merebut kembali wilayahnya.”

Dia mengatakan banyak anggota NATO ingin “membantu Ukraina membangun kekuatan masa depan yang dapat menjamin pencegahan, dan memastikan pertahanan terhadap agresi di masa depan.”

Blinken mengatakan satu-satunya hal yang mencegah berakhirnya perang “adalah Vladimir Putin dan sejauh mana dia yakin bahwa dia bisa hidup lebih lama dari Ukraina, hidup lebih lama dari rakyatnya,” dan penolakan Putin “untuk terlibat dalam diplomasi atau negosiasi dengan cara apa pun.”

Menunggu Hasil Pemilu AS

Seorang pejabat senior Amerika mengatakan bahwa sebagian besar, jika tidak semua, sekutu NATO tidak yakin Putin akan menyetujui perjanjian apa pun dengan Ukraina sampai pemilihan presiden Amerika selesai, dan mereka mengambil keputusan mengenai bantuan kepada Ukraina dengan mempertimbangkan hal tersebut.

Hal ini berarti tidak hanya bantuan militer tetapi juga bantuan rekonstruksi, dukungan ekonomi dan bantuan reformasi agar Ukraina berada pada jalur yang lebih berkelanjutan menuju keanggotaan NATO, kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama karena sensitifnya isu tersebut. Dia tidak menjelaskan secara spesifik.

Namun Kuleba mengatakan bahwa Putin selalu mengharapkan sesuatu.

“Dia selalu menunggu Pemilu di negara lain berlangsung dan pemerintahan baru serta kepemimpinan baru mengubah sikapnya,” kata Kuleba, “dan Presiden Putin selalu gagal, secara konsisten gagal, dalam ekspektasinya.”

Dia menambahkan: “Mungkin ada perbedaan mengenai cara terbaik untuk membendung Rusia, untuk menghalangi Rusia. Namun pemahaman (di NATO) bahwa Rusia merupakan ancaman bersifat konsensus, dan saya tidak melihat hal itu berubah.”

Amerika Serikat dan Uni Eropa sedang berjuang untuk menyediakan dana yang cukup untuk menjaga ekonomi perang Ukraina tetap bertahan. Dana tersebut tertahan karena pertikaian politik dan pengambilan keputusan yang berbelit-belit.

Namun Ukraina lebih fokus untuk memenangkan jaminan keamanan tertinggi, yang digambarkan Kuleba sebagai “induk dari segala keputusan”, bergabung dengan NATO dan membuka perundingan keanggotaan UE.

Para pemimpin UE akan mempertimbangkan keputusan itu bulan depan dan Komisi Eropa, yang mengawasi proses aksesi, mengatakan bahwa perundingan harus segera dimulai, mungkin pada awal tahun 2024. Namun, tidak ada konsensus yang mengizinkan Ukraina bergabung dengan NATO sementara perang masih berlanjut.

Istri Kepala Intelijen Ukraina Diracun

Ketika ditanya apakah Ukraina bermaksud untuk bergabung dengan kedua organisasi yang wilayahnya diduduki, termasuk Semenanjung Krimea, Kuleba mengatakan bahwa seluruh negara seperti yang diakui secara internasional pada tahun 1991 akan bergabung.

“Kalau tidak, untuk apa semua ini?” dia berkata. “Kami akan menang dalam perang. Kami akan memulihkan integritas wilayah kami.”

Pertemuan NATO terjadi sehari setelah istri kepala intelijen militer Ukraina didiagnosis menderita keracunan logam berat. Marianna Budanova, istri Letjen Kyrylo Budanov, sedang menjalani perawatan.

Seorang pejabat di badan intelijen, yang dikenal sebagai GUR, mengatakan pada hari Rabu bahwa Budanova diracuni dengan arsenik dan merkuri. Keracunan beberapa karyawan GUR lainnya selain Budanova telah dikonfirmasi, kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama karena sensitifnya masalah tersebut.

Kuleba mengatakan dia tidak memiliki informasi pasti tentang siapa atau apa yang berada di balik pembunuhan tersebut, namun “masuk akal untuk berasumsi bahwa ini adalah upaya pembunuhan terhadap Budanov, karena kita tahu bahwa Rusia sebelumnya telah mencoba membunuh Budanov sendiri.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home