Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:39 WIB | Sabtu, 02 September 2023

Ultranasionalis Rusia, Igor Girkin, Sebut Putin Mudah Tertipu

Dia ditahan, namun berniat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, dan yakin dia lebih baik dari Putin.
Presiden Rusia, Vladimir Putin, memimpin pertemuan Dewan Pembangunan Strategis dan Proyek Nasional melalui tautan video di Moskow, Rusia, 22 Agustus 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Igor Girkin, seorang ultranasionalis terkemuka Rusia yang ditahan dan menunggu persidangan atas tuduhan menghasut ekstremisme, mengatakan pada hari Kamis (31/8) bahwa ia akan menjadi presiden yang lebih baik daripada Vladimir Putin, dan menggambarkannya sebagai orang yang mudah tertipu dan “terlalu baik.”

Girkin mengeluarkan postingan Telegram berjudul “Mencalonkan diri sebagai calon presiden Federasi Rusia,” yang menunjukkan bahwa dia berencana untuk mencalonkan diri dalam pemilu Maret 2024, ketika Putin diperkirakan akan berkuasa selama enam tahun lagi.

Postingan tersebut penuh dengan ironi dan Girkin tampaknya bukan pesaing yang tepat. Namun komentarnya terkenal karena kritik langsungnya kepada presiden, yang ia tuduh salah menilai perang di Ukraina, yang oleh Rusia disebut sebagai “operasi militer khusus”.

Girkin mengatakan Putin adalah “orang yang sangat mudah tertipu.”

“Presiden saat ini terlalu baik,” tambahnya. Pada awal perang, Putin “dipimpin” oleh Ukraina dan negara-negara Barat, namun juga oleh badan keamanan dan industri pertahanan Rusia.

“Ternyata baik negara, tentara, maupun industri Rusia tidak siap berperang, dan Ukraina sama sekali bukan orang yang lemah dalam hal militer.”

Namun demikian, para pejabat yang bertanggung jawab masih ada dan “terus membuat kami takjub dengan ketidakmampuan mereka”, kata Girkin. “Saya tidak begitu baik, dan hal ini dapat saya buktikan dalam praktik.”

Girkin mengatakan Putin mempunyai teman-teman miliarder “yang kepadanya dia tidak dapat (karena kebaikan dan kemurahan hati yang disebutkan di atas) menolak apa pun,” dan bahwa kekayaan mereka tumbuh lebih cepat daripada produksi militer.

Kritikus Utama terhadap Perilaku Perang Moskow

Sejak kematian pemimpin tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, dalam kecelakaan pesawat pekan lalu, Girkin adalah kritikus paling menonjol terhadap cara Moskow mengobarkan perangnya di Ukraina.

Dalam tindakan yang dianggap sebagai respons terhadap kemarahan publiknya, ia ditangkap pada bulan Juli dan didakwa melakukan penghasutan terhadap ekstremisme, dan dapat dihukum hingga lima tahun penjara.

Undang-undang Rusia melarang pelaku kejahatan untuk mencalonkan diri sebagai presiden, dan tidak jelas bagaimana seseorang dapat melarikan diri dari penahanan pra sidang.

Girkin, yang juga dikenal dengan nama Igor Strelkov, adalah mantan petugas keamanan yang membantu memulai perang awal di Ukraina pada tahun 2014, ketika milisi di bawah komandonya merebut kota Sloviansk di Ukraina timur.

Dia tidak mengakui Ukraina sebagai negara berdaulat dan mengatakan sebagian besar wilayahnya adalah bagian dari Rusia.

Pada bulan Mei, ia mengatakan kelompok nasionalis yang dipimpinnya akan memasuki dunia politik sebagai partai oposisi karena “krisis sistemik” sedang terjadi.

Ia terkenal di Barat karena perannya dalam menembak jatuh sebuah pesawat penumpang Malaysia di wilayah timur Ukraina pada tahun 2014 yang menewaskan 298 orang, dan ia dihukum secara in abstia oleh pengadilan Belanda. Dia membantah terlibat.

Media Amerika Serikat, New York Times, baru-baru ini mengutip juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, yang mengatakan Putin akan terpilih kembali tahun depan dengan 90 persen suara.

Peskov kemudian mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS bahwa kata-katanya telah disalahartikan, namun Putin mendapat dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan akan memenangkan mayoritas jika dia mencalonkan diri, sesuatu yang belum dia konfirmasi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home