Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:04 WIB | Senin, 21 Oktober 2019

Vaksin Ebola Diajukan ke Regulator Obat Eropa

(Foto ilustrasi: Ist)

SATUHARAPAN.COM - Vaksin Ebola pertama di dunia direkomendasikan untuk disetujui oleh regulator obat Eropa, dan langkah itu dipuji oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Vaksin, yang dikembangkan oleh produsen obat Amerika Serikat, Merck & Co, sudah digunakan di bawah pedoman darurat untuk mencoba melindungi orang terhadap penyebaran wabah Ebola yang mematikan di Republik Demokratik Kongo.

Ini melindungi terhadap strain Zaire dari virus Ebola - salah satu yang paling umum menyebabkan wabah.

Vaksin ini juga sedang ditinjau di bawah sistem jalur cepat oleh regulator di Amerika Serikat, dengan keputusan yang diharapkan dikeluarkan pada kuartal pertama tahun depan.

"Vaksin ini telah menyelamatkan banyak nyawa dalam wabah Ebola saat ini, dan keputusan oleh regulator Eropa akan membantu menyelamatkan lebih banyak lagi," kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah pernyataan.

Wabah Ebola Kongo telah menewaskan lebih dari 2.100 orang sejak pertengahan tahun lalu. Ini adalah wabah Ebola terbesar kedua dalam sejarah, setelah epidemi pada kurun 2013-2016 di Afrika Barat yang menewaskan lebih dari 11.300 orang.

Vaksin yang bernama Ervebo milik perusahaan, kemungkinan akan mendapatkan lisensi pemasaran penuh dari Komisi Eropa dalam beberapa pekan.

Roger Perlmutter, presiden Merck Research Laboratories, mengatakan prioritas perusahaan sekarang adalah untuk mendapatkan persetujuan pengaturan dari situs manufaktur Ervebo di Jerman, sehingga pasokan vaksin berlisensi "dapat digunakan untuk mendukung kesiapan kesehatan masyarakat global".

Vaksinasi Cincin

Vaksin itu sedang digunakan di Kongo dalam pendekatan yang disebut "vaksinasi cincin", di mana orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan seseorang yang baru terinfeksi Ebola dilacak dan menawarkan suntikan untuk melindunginya.

Charlie Weller, kepala vaksin di yayasan amal kesehatan global, Wellcome Trust, mengatakan suntikan vaksin dari Merck telah menyelamatkan "banyak nyawa" di negara itu.

"Memiliki vaksin ini dalam persyaratan penelitian telah menjadi kunci dalam mencegah terulangnya wabah yang sedang berlangsung di DRC seperti pada epidemi 2014-2016, di mana 11.000 orang meninggal," katanya kepada Reuters.

Otoritas kesehatan di Kinshasa mengatakan pekan lalu bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan vaksin eksperimental kedua untuk Ebola, yang dikembangkan oleh industri obat Johnson & Johnson, di provinsi timur negara itu pada bulan November.

Virus Ebola menyebabkan demam dan menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan cairan tubuh. Ini membunuh sekitar setengah dari yang terinfeksi.

Saat ini tidak ada perawatan berlisensi untuk infeksi yang mematikan ini, tetapi para ilmuwan mengatakan pada bulan Agustus bahwa mereka selangkah lebih dekat untuk dapat menyembuhkannya, setelah dua obat percobaan menunjukkan tingkat kelangsungan hidup sebanyak 90% dalam uji klinis di Kongo.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home