Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:43 WIB | Senin, 11 September 2023

Vatikan Perintahkan Penyelidikan Pelecehan Seksual Pastor di Swiss

Uskup Swiss, Joseph Bonnemain, berfoto saat konferensi pers di Chur, Swiss, Selasa, 5 April 2022. Vatikan telah memerintahkan penyelidikan terhadap pastor Katolik tingkat tinggi di Swiss sehubungan dengan pelecehan seksual, kata Konferensi Waligereja Swiss pada hari Minggu. Menurut konferensi para uskup, Vatikan menerima surat berisi tuduhan tersebut pada bulan Mei dan kemudian menunjuk Uskup Swiss, Joseph Bonnemain, untuk memimpin penyelidikan awal pada bulan Juni. (Foto: Gian Ehrenzeller/Keystone via AP)

BERN, SATUHARAPAN.COM-Vatikan telah memerintahkan penyelidikan terhadap pastor Katolik tingkat tinggi di Swiss sehubungan dengan pelecehan seksual, kata Konferensi Waligereja Swiss pada hari Minggu (10/9).

Kelompok tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada tuduhan terhadap beberapa uskup aktif dan pensiunan serta pastor lainnya, karena mereka menangani kasus pelecehan.

Secara khusus, mereka dituduh menutupi kasus pelecehan. Ada juga tuduhan bahwa beberapa orang pernah melakukan pelecehan seksual di masa lalu.

“Ada tuduhan terhadap beberapa dari mereka bahwa mereka pernah melakukan pelecehan seksual di masa lalu,” katanya.

Menurut konferensi para uskup, Vatikan menerima surat berisi tuduhan tersebut pada bulan Mei dan kemudian menunjuk Uskup Swiss, Joseph Bonnemain, untuk memimpin penyelidikan awal pada bulan Juni.

Bonnemain memiliki sejarah menyelidiki pelecehan seksual di sekitar gereja, kata pernyataan itu.

Pastor Nicolas Betticher, seorang pastor di gereja Bruder Klaus di ibu kota Swiss, Bern, mengonfirmasi kepada The Associated Press bahwa dia telah menulis surat tersebut, yang pertama kali terungkap pada hari Minggu (10/9) pagi dalam laporan surat kabar Blick.

Surat yang menurut Blick diperolehnya, menuduh enam uskup menutup-nutupi kasus pelecehan. Selain itu, seorang uskup dan tiga pastor juga dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap remaja, surat kabar tersebut melaporkan.

Dalam sebuah wawancara telepon, Betticher mengatakan kepada AP bahwa dia termotivasi oleh seruan dari Paus Fransiskus sendiri kepada para anggota klerus untuk “mengumumkan” tanda-tanda pelecehan seksual atau upaya menutup-nutupi yang mungkin mereka temukan, dan oleh pengalaman bertahun-tahun mempermasalahkan kasus-kasus pelecehan seksual yang menggagalkan upaya keadilan dan kebenaran yang dilakukan oleh korban dan keluarganya.

Ia menyatakan bahwa gereja Katolik telah melakukan pertimbangan penting dan upaya untuk memperkuat hukum kanon tentang kasus-kasus pelecehan dan pelecehan seksual dalam beberapa tahun terakhir, namun pelanggaran terus terjadi.

“Dua puluh tahun yang lalu, kami tidak memiliki dasar hukum yang memadai dan oleh karena itu kami melakukan banyak kesalahan,” kata Betticher. “Sekarang, saya melihat bahwa selama 10 tahun, kami terus melakukan kesalahan dan hari ini, ada semacam keinginan untuk menyembunyikan hal-hal tertentu, atau tepatnya, dan tidak melakukan pemeriksaan (atas tuduhan pelecehan seksual).

“Saat ini, kita tidak bisa lagi hanya berkata, ‘Ah ya, saya tahu, tapi saya tidak melakukannya dengan benar, tapi lain kali kita akan melakukannya dengan lebih baik.’ Itu sudah berakhir,” tambah Betticher. “Ini sepenuhnya mendiskreditkan Gereja. Dan itulah yang mengganggu saya, karena pada intinya, orang-orang mengatakan kepada kami: ‘Kami tidak ingin datang lagi, kami akan meninggalkan gereja.’ Dan itu, bagi saya, tidak dapat diterima.”

Beberapa pastor  yang disebutkan dalam artikel Blick menolak tuduhan Betticher bahwa mereka tidak bereaksi dengan baik terhadap tuduhan pelecehan, tulis surat kabar itu.

Konferensi Waligereja Swiss mengatakan dalam pernyataannya bahwa selain melakukan penyelidikan internal gereja atas tuduhan tersebut, mereka juga telah memberi tahu kantor kejaksaan Swiss terkait “tentang kasus-kasus yang disebutkan dalam surat tersebut.”

Tuduhan baru ini muncul hanya beberapa hari sebelum laporan tentang pelecehan seksual di Gereja Katolik di Swiss disampaikan. Studi percontohan ini ditugaskan oleh Konferensi Waligereja dan dilaksanakan oleh Universitas Zurich. Ini akan disajikan pada hari Selasa (12/9). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home