Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Minggu, 09 Juli 2023

Waibu Agro Eduwisata Tampung Kreativitas Pemuda Papua

Waibu Agro Eduwisata Tampung Kreativitas Pemuda Papua
Presiden Joko Widodo meninjau Waibu Agro Eduwisata, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Jumat, 7 Juli 2023. (Foto-foto: BPMI Setpres/Kris)
Waibu Agro Eduwisata Tampung Kreativitas Pemuda Papua

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para pemuda Papua di Waibu Agro Eduwisata yang menampung kreativitas anak-anak muda Papua dan diberikan beragam pembelajaran.

“Baik mengenai packaging, baik mengenai hidroponik, baik mengenai pemeliharaan ayam, peternakan ayam, baik juga mengenai perikanan, kemudian pembuat makanan ternak, makanan ikan, semuanya diadakan training, pelatihan di sini,” kata Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau Waibu Agro Eduwisata, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Jumat, 7 Juli 2023.

Jokowi mengingatkan pentingnya produksi suatu komoditas dengan memperhatikan permintaan dari pasar. “Yang terpenting saya ingatkan tadi berangkatnya harus dari pasar, pasar permintaannya apa? Pasar demand-nya apa? Kemudian baru ke produksinya,” kata Presiden.

Dia berharap pelatihan dan pembelajaran yang diberikan dapat memberikan manfaat nyata bagi para pemuda di masa mendatang. Salah satunya, pangsa pasar di Papua dapat dikuasai oleh anak-anak muda Papua.

“Kalau ada training, ada PYCH (Papua Youth Creative Hub), ada hal-hal riil yang dilakukan seperti ini, ya mestinya pasar yang ada di Papua bisa dikuasai oleh anak-anak muda ke depan,” kata Presiden.

“Kemudian produk-produk unggulan, packaging dikemas dengan baik, juga akan menjadi oleh-oleh yang baik bagi siapapun yang datang ke Tanah Papua,” tandasnya.

Jokowi Kunjungi Pasar

Jokowi juga mengunjungi Pasar Pharaa, Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Jumat, 7 Juli 2023. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek secara langsung harga kebutuhan pokok yang ada di Pasar Pharaa.

Tiba sekira pukul 14:45 WIT, kehadiran Presiden Jokowi di pasar tersebut disambut riuh antusias pedagang dan masyarakat. Presiden Jokowi pun tampak menyapa para pedagang serta berswafoto dengan sejumlah warga yang ada di Pasar Pharaa.

Selain meninjau harga kebutuhan pokok, Presiden juga tampak menghampiri salah satu pedagang buah. Di sana, Presiden membeli sejumlah buah jeruk dan juga buah sirsak dari pedagang tersebut.

Tidak hanya itu, dalam kunjungan tersebut Kepala Negara turut membagikan sejumlah bantuan tunai serta sembako kepada para pedagang dan masyarakat yang ada di pasar tersebut.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home