Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:34 WIB | Minggu, 07 Mei 2023

Wamenag Tutup Paskah Nasional 2023, Ajak Warga Kedepankan Nilai Moderasi Beragama

Penutupan Paskah Nasional di Manokwari, Papua Barat, hari Sabtu (6/5). (Foto: Humas Kemenag)

MANOKWARI, SATUHARAPAN.COM-Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, mengajak masyarakat menjaga persatuan, kesatuan, serta mengedepankan sikap toleransi yang tinggi dengan mengedepankan nilai-nilai moderasi beragama.

"Mari jadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi. Ini agar agama senantiasa memberikan kesejukan serta kedamaian bagi seluruh umat," kata Zainud Tauhid Sa'adi ketika menutup rangkaian perayaan Paskah Nasional 2023 yang di Stadion Sanggeng, Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu (6/5/2023).

Penutupan tersebut, seperti dikutip laman kemenag, ditandai dengan penabuhan tifa oleh Wamenag bersama Ketua Paskah Nasional, Dominggus Mandacan.

Perayaan Paskah Nasional 2023 ini telah berlangsung selama tiga hari di Kota Injil Manokwari. Hadir dalam penutupan itu, Dirjen Bimas Kristen, Jeane Marie Tulung, Pimpinan delapan aras gereja, Kakanwil Kemenag Papua Barat Luksen Jems Mayor, unsur Forkopimda, Bupati Talaud, Bupati Pegunungan Arfak, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan termasuk Ketua DWP Kanwil Kemenag Papua Barat.

Komitmen untuk Kemajuan di Papua

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wamenag juga mengungkapkan komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan kemajuan di tanah Papua, termasuk kesejahteraan di bidang agama. "Fokus utama adalah perhatian terhadap peningkatan pembangunan dan sumber daya manusia," kata Wamenag.

Melalui Kementerian Agama, program percepatan kesejahteraan bidang keagamaan bahkan beasiswa bagi orang asli Papua dilaksanakan. “Ini tertuang yakni melalui program Kita Cinta Papua juga gencar dilakukan,” kata Wamenag.

Penyelenggaraan Paskah Nasional 2023 di Papua Barat menurut Wamenag menjadi salah satu capaian kehidupan beragama yang patut diapresiasi. Ia berharap, dengan komitmen pemerintah memberikan fasilitasi seperti program Kita Cinta Papua, maka kehidupan keberagamaan menjadi lebih baik. “Selamat kepada Provinsi Papua Barat yang dapat menggelar rangkaian Paskah Nasional dengan sukses dan damai,” ujar Wamenag.

Paskah Nasional 2024 di Palangkaraya Kalimantan Tengah

Ketua Umum PGPI, Pendeta Jason Balompapueng, dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras semua pihak sehingga perayaan Paskah Nasional Tahun 2023 bisa berjalan lancar selama tiga hari dengan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi.

"Di Manokwari perayaan Paskah Nasional sudah berjalan dengan sangat baik, selanjutnya di tahun depan yang akan menjadi tuan dan nyonya rumah adalah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dengan penanggung jawab dari PGLII," kata Pdt. Jason.

Sebelumnya, Ketua Panitia perayaan Paskah Nasional, Dominggus Mandacan dalam laporannya mengatakan, Kabupaten Manokwari ditetapkan sebagai Kota Injil berkat pengorbanan dua rasul Ottow dan Geissler yang sudah datang memberitakan Injil pada 05 Februari 1855 silam.

Dominggus juga mengatakan, hingga saat ini, toleransi di Papua Barat terjaga dengan sangat baik. "Semua Suku, etnis dan pemeluk agama yang ada di Papua Barat memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga persatuan, kesatuan, menjaga kedamaian, keamanan dan ketertiban," kata Dominggus yang juga merupakan Kepala Suku Besar Arfak.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home