Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 16:14 WIB | Rabu, 04 Juli 2018

WCC Ucapkan Selamat kepada Kardinal Sako dari Gereja Khaldea

Patriark Louis Raphael I Sako dari Babel, Kepala Gereja Katolik Khaldea. (Foto: Alchetron)

SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Pdt Dr Olav Fykse Tveit, melalui surat bertanggal 2 Juli 2018, memberi ucapan selamat kepada Louis Raphael I Sako dari Babel, Kepala Gereja Katolik Khaldea, yang ditahbiskan sebagai kardinal.

“Kami bersukacita bersama Gereja Khaldea dan dengan rakyat Timur Tengah, dan khususnya Irak, untuk penegasan penting dari kepemimpinan spiritual dan eklesial Anda,” bunyi surat itu. “Dewan Gereja Dunia tetap berkomitmen untuk bekerja sama demi perdamaian yang berkelanjutan dan kohesi sosial di Irak.”

Tveit merefleksikan bahwa para pemimpin agama memainkan peran penting dalam berbicara menentang intoleransi, diskriminasi, kekerasan, dan perpecahan. “Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih, atas semua kontribusi Anda atas refleksi dan tindakan untuk mempromosikan tanggung jawab sosial lembaga keagamaan, dengan berbagai identitas dan doktrin mereka, untuk menanamkan gagasan kewarganegaraan atas dasar kesetaraan, menghormati keragaman, kebebasan beragama dan berkeyakinan, dan solidaritas dan kerja sama antaragama, untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan.”

Gereja Katolik Khaldea, mengutip dari Wikipedia, adalah sebuah Gereja Partikular Ritus Timur dari Gereja Katolik, yang menjalin persekutuan penuh dengan Uskup Roma dan segenap Gereja Katolik.

Gereja ini berasal dari Gereja Timur yang bersejarah, dan berdiri sendiri setelah berpisah dengan Gereja Asiria pada abad ke-16. Gereja Katolik Khaldea kini beranggotakan sekitar 2,5 juta umat. (oikoumene.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home