Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 06:55 WIB | Sabtu, 21 Februari 2015

Di AS dan Yordania Ada Masjid Yesus Kristus

Di AS dan Yordania Ada Masjid Yesus Kristus
Masjid Eesa Ibn Maryam di Syracuse, New York. (Foto: flickr.com)
Di AS dan Yordania Ada Masjid Yesus Kristus
Masjid Issa Ibn Maryam di Madaba, Yordania. (Foto: islamtoday.net)

SATUHARAPAN.COM – Yesus Kristus—atau di kalangan umat Muslim dikenal dengan nama Isa al-Masih—adalah nabi yang sangat dihormati dalam agama Islam. Setidaknya ada dua masjid dinamai nabi putra Maria (Maryam) ini. Di New York, Amerika Serikat dan di Madaba, Yordania.

Di kota Syracuse, wilayah New York, gereja Holy Trinity kekurangan jemaat. Akibat tidak ada dana untuk memelihara gedung yang sudah berumur lebih dari seratus tahun ini, pihak keuskupan pada 2013 akhirnya menjual gedung tersebut pada The Northside Learning Center, yayasan yang menolong para imigran untuk berasimilasi dengan masyarakat AS.

Kota Syracuse memang ramah untuk imigran. Sekitar 75% imigran di kota itu adalah Muslim. Mereka dari Irak, Iran, Suriah, Somalia, Bosnia, Albania, dan Nigeria. Gedung tersebut oleh The Northside Learning Center dijadikan sebagai pusat kebudayaan Islam dan Masjid. Dan, masjid di Syracuse tersebut dinamai Masjid Isa Ibn Maryam—Yesus putra Maria. Foto-foto kegiatan masjid tersebut dapat Anda lihat di laman Facebook mereka. Selain di New York, setidaknya ada empat masjid yang mengabadikan nama Yesus Kristus, Masjid Isa Ibn Maryam di Stratford Connecticut,  di Newark Delaware, Houston Texas, dan di Columbus Ohio.

Ribuan kilometer dari Syracuse, di daerah Timur Tengah lima tahun sebelumnya di Madaba, Yordania, berdiri masjid dengan nama sama. Kata imam Masjid Isa Ibn Maryam Madaba, Jamal al Sufrati, “Ini adalah penghormatan terhadap Nabi Isa Alaihisslam, putra Maryam.” Ia menambahkan bahwa Nabi Isa juga nabi umat Islam dan sangat dihormati oleh muslim seluruh dunia. Dialah yang punya ide untuk memberi nama masjid di kota  yang terletak 30 km Selatan Amman, ibu kota Yordania, dengan nama tukang kayu dari Nazaret ini.

Penduduk kota Madaba 10% adalah orang Kristen. Mereka bagi dan dari 5% pengikut Kristus di Yordania. Di Yordania sendiri, toleransi sangat besar untuk kehidupan agama-agama. Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia, Pdt Tveit pada akhir 2013 lalu sempat bertemu dengan Raja Yordania, Abdullah II, untuk mencari solusi atas kekerasan yang menimpa banyak pengikut Kristus di daerah konflik, Suriah, Irak, dan wilayah Timur Tengah lainnya.

Selain di Madaba, di Tripoli, Lebanon ada juga masjid yang didedikasikan pada Juru Selamat dunia ini. Di Giza, Kairo Mesir, juga ada masjid dengan nama Yesus Kristus ini.

Sebenarnya ada banyak masjid yang didirikan untuk menghormati atau terkait dengan tokoh-tokoh Alkitab. Misalnya, masjid di Hebron di Gua Makhpela, makam Abraham, Ishak, dan Yakub. Masjid Bilal bin Rabah di Betlehem Palestina yang didedikasikan untuk Rahel, ibu Nabi Samuel, Masjid Umayyad di Damaskus Suriah yang dipercaya menyimpan kepala Yohanes Pembaptis. Ada juga, masjid di daerah yang disebut Wadi Musa—Petra Yordania—yang dikenang sebagai mukjizat Musa memukul batu sehingga memancarkan air. (masjideesaibnmaryam.com/nydailynes.com/wikipedia.org/islamtoday.net)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home