Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 02:34 WIB | Selasa, 19 November 2013

Ernst&Young akan Audit Keuangan Vatikan

Foto: the times.com

VATICAN, SATUHARAPAN.COM - Akuntan publik terkenal Amerika Serikat, Ernst&Young akan melakukan audit keuangan internal Vatican City - negara berdaulat terkecil di dunia, kata Vatikan dalam sebuah pernyataan pada Senin (18/11).

Audit itu disepakati sebagai bagian dari perbaikan struktur keuangan dan administratif Vatikan yang diprakarsai Paus Fransiskus setelah dirinya terpilih paus pada Maret.

Perusahaan konsultan AS, Promontory Financial Group, sudah dipanggil untuk mengaudit 19.000 akun di bank Vatikan, dikenal sebagai Institute for Religious Works.

Dengan dekrit, yang dikenal sebagai “motu proprio”, seperti diumumkan pada Senin, Paus Fransiskus juga mengatakan dia membentuk unit khusus di dalam Vatikan yang secara independen akan mengawasi keuangannya.

Paus Fransiskus mempercepat reformasi yang diprakarsai pendahulunya, Paus Benediktus XVI, dengan tujuan membawa Vatikan sejalan dengan aturan internasional melawan korupsi dan pencucian uang setelah serangkaian skandal dalam beberapa tahun terakhir. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home