Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 17:05 WIB | Rabu, 02 Desember 2015

“Indonesia Raya” di Kejuaran Dunia Arung Jeram

Tim Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Arung Jeram 2015 di Citarik, di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang berlangsung 29 November - 8 Desember 2015. (Foto: internationalrafting.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lagu Indonesia Raya akhirnya berkumandang juga di ajang Kejuaraan Dunia Arung Jeram 2015, suatu impian yang digenggam pegiat olahraga air Tanah Air sejak Kejuaraan Dunia 2007 di Korea. Pada hari pertama Kejuaraan Dunia Arung Jeram (World Rafting Championship) 2015 yang berlangsung di Citarik, di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat itu, Selasa (1/12), Tim U19 Putra menjadi yang tercepat di nomer Sprint, adu cepat sepanjang 300 meter.

Tim U19 Putra Indonesia, seperti diberitakan internationalrafting.com, meraih medali emas mengalahkan Tim Inggris dan Tim Rusia. Di kelas U19 Putri, medali emas diraih Tim Rusia.

Di kelas U23, Tim Brasil Putra dan Putri mendominasi dengan meraih posisi teratas nomer Sprint dalam kejuaraan yang akan berlangsung hingga 8 Desember ini.   

Kejuaraan dunia arung jeram yang akan berlangsung hingga 8 Desember itu diikuti lebih kurang 650 rafter (sebutan bagi atlet arung jeram) putri dan putra yang tergabung dalam 73 regu berasal dari 24 negara. Peserta berlomba dalam empat kelas; Master (di atas usia 40 tahun), Terbuka (untuk semua kelas), Youth/Remaja (di bawah usia 19 tahun/Under-19/U19), dan Junior (U23).

Nomer-nomer yang dilombakan adalah Sprint, H2H/Head To Head (adu cepat satu regu lawan satu regu dalam kompetisi sistem gugur), Down River (adu cepat sepanjang 8-12 km), dan Slalom (adu cepat melewati beberapa tiang, mengikuti arus maupun melawan arus).

Berdasarkan raihan waktu dalam nomer Sprint, tim kemudian beradu kembali dalam nomer Head to Head (H2H), kelas paling menarik untuk ditonton. Masing-masing tim mengerahkan segala upaya untuk menjadi yang pertama di garis finish.

Sekali lagi Tim Brasil menunjukkan dominasi mereka dalam nomer H2H U23 Tim Putra dan Putri. Tim Putra berhasil menyingkirkan Tim Rusia ke tempat kedua, dan Tim Indonesia meraih posisi ketiga menyisihkan Tim Jepang.

Selain emas di nomer Sprint U19 Putra dan perunggu di H2H U23 Putra, Tim Indonesia juga meraih perunggu di nomer Sprint U19 Putri, Sprint U23 Putra, Sprint U23 Putri, H2H U19 Putra, H2H U19 Putri, dan H2H U23 Putri.  

Tim Indonesia yang berlaga di H2H U19 Putra, berdasarkan waktu terbaik di Sprint, mendapatkan kesulitan melawan tim-tim yang lebih berpengalaman, namun demikian masih mampu mengalahkan Tim Slowakia untuk meraih medali perunggu. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home