Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:07 WIB | Rabu, 14 Agustus 2013

Kapal Selam India Terbakar

Ledakan pada kapal selam milik India. (Foto dari intoday.in)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM - Sebuah kapal selam milik angkatan laut India dengan sekitar 18 pelaut di dalamnya terbakar setelah ledakan dan tenggelam di sebuah pelabuhan di Mumbai.

Juru bicara Angkatan Laut, Narendra Vispute, mengatakan pada hari Rabu (14/8) bahwa upaya sedang dilakukan untuk memastikan keselamatan personil yang dikhawatirkan terjebak di dalam kapal selam bertenaga diesel itu.

"Belum ada laporan tentang korban saat ini," tambahnya.  Sedangkan penyebab ledakan sedang diselidiki, kata juru bicara angkatan laut.  Sebuah Koran di Mumbai memberitakan bahwa kebakaran terjadi pada tengah malam dan berlangsung sampai pagi pukul 05.30 waktu setempat.

Diberitakan bahwa belasan mobil unit permadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Kapal selam itu hamper tenggelam di dalam galangan kapal milik angkata laut India.

Sejauh ini belum ada keterangan rinci tentang jenis kapal selam itu. India disebut tengah membangun armada angkatan laut dalam persaingan militer dengan China.

Kapal selam milik India berusia 16 tahun buatan Rusia diberitakan baru pulang dari Rusia setelah menjalani perbaikan . Tahun lalu, India menyewa kapal selam nuklir Nerpa dari Rusia untuk 10 tahun dengan  biaya hampir satu miliar dolar Amerika Serikat  (Rp 10 triliun).

Sabtu lalu, India mengaktifkan reaktor atom pada kapal selam buatanya sendiri yang  pertama, yang akan terus dikembangkan dalam dua tahun ke depan. (intoday.in / aljazeera.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home