Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:47 WIB | Kamis, 07 Agustus 2014

Korban Gempa di Tiongkok Nyaris Capai 600 Orang

Regu penyelamat sulit mencapai lokasi gempa karena jalan-jalan tertutup reruntuhan (Foto: AFP)

YUNNAN, SATUHARAPAN.COM - "Korban meninggal gempa bumi yang menghantam Provinsi Yunnan, pada Minggu, (3/8), telah mencapai hampir 600 orang," kata Kementerian Urusan Sipil Tiongkok.

Berdasarkan data kementerian tersebut, sebanyak 589 meninggal dunia, dan sembilan lainnya hilang tatkala gempa berkekuatan 6,1 skala richter merubuhkan ribuan rumah dan menyebabkan longsor. Selain korban meninggal, sebanyak 2.400 orang cedera.

Di lokasi pusat gempa, kota Longtoushan, distrik Ludian, sejumlah jalan tidak bisa dilalui karena tertutup reruntuhan batu. Beberapa saksi mata mengatakan reruntuhan juga membelokkan air sungai Niulan sehingga sebuah danau mendadak tercipta.

Kantor berita Xinhua melaporkan, tingkat air di danau itu meningkat 16 centimeter per jam. Akibatnya, sebanyak 60 serdadu sempat terjebak di dalam danau sehingga harus diselamatkan.

Karena potensi bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh danau itu, sekitar 4.200 warga di sekitar lokasi harus dievakuasi.

Militer Tiongkok telah mengirimkan ribuan serdadu ke area tersebut, untuk membantu korban selamat dan mencari jasad di balik reruntuhan.

Militer juga mengirimkan tenda dan bantuan pangan ke lokasi gempa, melalui jalan darat dan helikopter. Namun, derasnya hujan, longsor, dan gempa susulan membuat para serdadu mengalami kesulitan. (bbc.co.uk)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home