Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:21 WIB | Senin, 20 Februari 2017

Korsel: Penguasa Korut Dalangi Pembunuhan Kim Jong-Nam

Kim Jong-Nam, kakak tiri penguasa Korea Utara Kim Jong-Un, yang meninggal dibunuh di Malaysia. (Foto: Dok satuharapan.com/businessinsider.com)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Korea Selatan menyatakan, Minggu (19/02), penyelidikan oleh kepolisian Malaysia atas pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara membuktikan pemerintah Pyongyang berada di balik pembunuhan tersebut.

Kepolisian Malaysia telah meringkus seorang tersangka asal Korea Utara dan masih memburu empat orang lainnya asal negara tersebut yang bertolak meninggalkan Malaysia pada Senin pekan lalu, hari ketika Kim Jong-Nam tewas diracun di bandara Kuala Lumpur.

“Berdasarkan berbagai faktor, pemerintah kami yakin korban tewas merupakan Kim Jong-Nam, dan mengingat kelima tersangka merupakan warga negara Korea Utara, kami menilai pemerintah Korea Utara berada di balik insiden tersebut,” ujar juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon-Hee.

Jeong menolak memberikan rincian lebih jauh dengan dalih penyelidikan masih berlangsung di Malaysia.

“Karena Korea Utara sudah berulang kali melakukan kejahatan tidak manusiawi dan aksi teror, kami terus memantau insiden terakhir dengan rasa keprihatinan yang mendalam,” ujar Jeong.

Jong-Nam merupakan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Ia tewas setelah cairan misterius disemprotkan ke wajah korban di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Seoul menuding penyerangan tersebut dilakukan oleh perempuan atas perintah Pyongyang.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home