Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 15:35 WIB | Rabu, 04 November 2015

LIPI Gelar Science Briefing untuk Anggota Dewan

Mobil listrik karya anak bangsa dipamerkan di Indonesia Science Expo, salah satu cara memasyarakatkan iptek. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai institusi pemerintah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, menggelar kegiatan “Science Briefing for Parliament”. Kegiatan yang mempertemukan LIPI dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) itu dilaksanakan di Gedung Botani Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat, pada Selasa (3/11).

Sekretaris Utama LIPI, Dr Siti Nuramaliati Prijono, mengingatkan pentingnya peran sains yang belum dipahami semua unsur masyarakat, padahal bila berkaca dari negara-negara maju seperti Jepang, suatu negara akan bisa maju jika punya kebijakan sains yang kuat, kata Siti Nuramaliati, seperti dikutip di siaran pers lipi.go.id. Sains, dia menambahkan, akan membantu penyelesaian permasalahan bangsa dan meningkatkan daya saing.

Science briefing itu diikuti oleh anggota Komisi VII DPR RI serta perwakilan dari DPRD Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kota Pekalongan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Kotabaru. Komisi VII, sesuai Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor: 3/DPR RI/IV/2014-2015 tentang Penetapan Kembali Mitra Kerja Komisi-Komisi DPR RI Masa Keanggotaan Tahun 2014-2019, memiliki ruang lingkup bidang energi, riset dan teknologi, dan lingkungan hidup.

Siti menjelaskan, kegiatan ini bukan semata-mata bertujuan meningkatkan anggaran riset. “Hal  terpenting adalah membuka mata anggota dewan bahwa sains merupakan fondasi penting pembangunan,” dia mengungkapkan. Jika hal tersebut diabaikan, Indonesia akan terus bergantung pada bangsa lain dan tidak akan menjadi bangsa mandiri.

Kegiatan Science Briefing for Parliament itu merupakan salah satu upaya LIPI untuk memasyarakatan iptek. Beberapa kegiatan pemasyarakatan iptek lain di antaranya adalah kompetisi ilmiah untuk pelajar, pembinaan ilmiah untuk mahasiswa dan guru, ajang pameran Indonesia Science Expo, pemberian penghargaan LIPI Sarwono Award dan LIPI Young Scientist Award, serta diseminasi hasil-hasil riset LIPI ke daerah.

LIPI juga dipercaya untuk membangun Taman Tekno di tujuh lokasi, yakni Kabupaten Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Ternate, Kabupaten Samosir, Kabupaten Enrekang, dan Kabupaten Tasikmalaya. Juga satu Taman Sains dan Teknologi Nasional di Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Kegiatan-kegiatan ini merupakan bukti tanggung jawab LIPI bukan hanya kepada ilmu pengetahuan, namun juga kepada pemangku kepentingan, dan masyarakat,” kata Siti Nuramaliati.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home