Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 18:10 WIB | Selasa, 27 Desember 2016

Presiden Jokowi Dorong Percepatan Pembangunan Waduk Kuwil

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lahan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, hari Selasa (27/12). (Foto: BPMI Setpres)

MINAHASA UTARA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari Selasa (27/12), meninjau Bendungan Kuwil Kawangkoan, salah satu proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan pemerintah di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

"Ini adalah Waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, luasnya 308 hektar. Besar sekali, kapasitasnya 23 juta meter kubik. Fungsinya untuk air baku di bawah, berarti di Manado, Bitung, Minahasa Utara," kata Presiden Jokowi seusai peninjauan.

Presiden Jokowi menjelaskan, sejumlah manfaat yang akan diperoleh dari pembangunan waduk tersebut seperti untuk pembangkit listrik dan penunjang sektor pariwisata.

"Fungsi kedua mengatasi banjir. Jadi banjir yang dulu melanda Manado berasal dari sungai Tondano di sini. Nanti juga ada fungsi pembangkit listrik. Ya tiga ini nanti ditambah untuk pariwisata selesai kira-kira 2019," katanya.

Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berlokasi di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, akan dibangun dengan total biaya pembangunan sekitar Rp 1,42 triliun.

Pembangunan bendungan tersebut menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam membenahi infrastruktur Tanah Air. Total saat ini sudah 21 bendungan yang dibangun oleh pemerintah sejak tahun 2015.

"Di tahun 2015 kan sudah 13 bendungan waduk yang sudah kita mulai. Tahun ini kita mulai delapan, jadi total 21 bedungan waduk," kata Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan. (Setpres)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home