Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 21:40 WIB | Sabtu, 30 Mei 2015

Tiongkok Tempatkan Artileri di Laut Tiongkok Selatan

Reklamasi Tiongkok di Mischief Reef di Kepulauan Spratly, Laut Tiongkok Selatan. (Foto: voaindonesia.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM -Tiongkok baru-baru ini menempatkan dua unit artileri di salah satu pulau buatannya di Laut Tiongkok Selatan, ujar pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (29/5), dalam sebuah langkah tidak terduga yang akan meningkatkan kecurigaan terhadap intensi Beijing.

Persenjataan berat itu sejak dipindahkan tidak menimbulkan ancaman keamanan namun penempatannya – dalam radius wilayah yang diklaim Vietnam – menegaskan kekhawatiran Washington bahwa Tiongkok mengejar proyek pembangunan pulau buatan masif untuk kepentingan militer, kata pejabat .

Dua unit artileri bermotor itu terlihat di sebuah pulau buatan sekitar sebulan lalu di Kepulauan Spratly, kata pejabat pertahanan yang namanya enggan disebutkan kepada AFP, mengutip foto pengintaian.

Itu pertama kalinya Tiongkok dituduh menempatkan artileri atau persenjataan lainnya di pulau buatannya yang berlokasi di area tersebut.

“Kami bisa mengonfirmasikan bahwa kami mengidentifikasi beberapa senjata di salah satu pulau yang diklaim Tiongkok,” ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Kolonel Steven Warren kepada wartawan.

“Militerisasi dari sejumlah pulau ini merupakan sesuatu yang kami tolak.” (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home