Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:31 WIB | Sabtu, 26 April 2014

Ukraina Tuduh Rusia Ingin Memulai Perang Dunia

Seorang pengunjuk rasa pro-Rusia berlatih di kamp di dekat gedung yang dikuasai di Luhansk, bagian timur Ukraina Jumat (25/4). (Foto: alarabiya.net/Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk pada Jumat menuduh Rusia ingin memulai “perang dunia ketiga” terhadap negaranya dan menyerukan bantuan internasional untuk menghadapi “agresi Rusia”.

“Upaya agresif dari militer Rusia di wilayah Ukraina akan berujung pada konflik di daratan Eropa,” ujarnya dalam sebuah rapat kabinet yang disiarkan stasiun televisi.

“Dunia tidak melupakan Perang Dunia Kedua dan Rusia ingin memulai perang dunia ketiga,” katanya.

“Dukungan Rusia bagi teroris di Ukraina merupakan kejahatan internasional dan kami menyerukan kepada komunitas internasional untuk bersatu menghadapi agresi Rusia.”

Pemerintah Kiev yang didukung Barat meyakini Moskow diam-diam mengendalikan pemberontakan separatis di Ukraina timur.

Rusia pada Kamis mengumumkan pihaknya sedang melancarkan latihan militer baru di perbatasannya dengan Ukraina sebagai respons atas “operasi antiteroris” yang dilancarkan Kive terhadap para pemberontak pro-Kremlin.

Sekitar 40.000 tentara Rusia terkonsentrasi di perbatasan tersebut, menurut NATO, yang mengatakan mereka tampaknya berada dalam kondisi siap untuk menginvasi. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home