Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:18 WIB | Jumat, 18 Maret 2022

10 Tips Penuhi Kebutuhan Keluarga di Bulan Ramadan

Ilustrasi muslim di Inggris belanja makanan Halal (Foto: Pexels)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menjelang Ramadan, berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan spesial ini.  Sudahkah Anda dan keluarga menyiapkan berbagai kebutuhan menjelang Ramadan?

Seringkali, kebutuhan menjelang puasa memang lebih banyak daripada bulan lainnya. Tak perlu khawatir, Anda tetap dapat nyaman berbelanja dengan memanfaatkan event Ramadan Sale.

Masih khawatir pengeluaran Anda meningkat ketika Ramadan? Berikut 10 tips belanja keperluan Ramadan agar lebih hemat.

1. Buat Daftar Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah membuat daftar kebutuhan untuk mengontrol jumlah pengeluarannya. Pastikan Anda mengetahui apa saja kebutuhan keluarga selama bulan Ramadan. Anda dapat membuat perencanaan terkait berbagai makanan, kebutuhan rumah tangga, vitamin, dan sebagainya.

Masukkan barang yang benar-benar Anda butuhkan selama Ramadan. Jika perlu, Anda buatlah daftar prioritas terkait seluruh produk tersebut. Sehingga Anda dapat mengatur mana produk yang harus dibeli segera dan mana yang dapat dibeli jika terdapat kelebihan dana.

2. Memperhatikan Kemampuan Dana

Ketika menjelang puasa, memang kebutuhan akan melambung tinggi. Anda dapat mengikuti euforia ini namun tetap tidak boleh mengabaikan kemampuan finansial.

Bersikap tidak boros termasuk perbuatan yang disenangi oleh Allah SWT. Dengan memperhatikan kemampuan keuangan, Anda juga tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Pastikan Anda mengetahui berapa batas kemampuan keuangan keluarga untuk membeli berbagai kebutuhan.

3. Menyediakan Anggaran Khusus

Bulan puasa memang menjadi hal yang spesial, banyak orang yang sudah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ini. Karena kebutuhan bulan puasa yang lebih tinggi, Anda perlu alokasikan anggaran khusus.

Dengan membuat anggaran ini, Anda tidak perlu khawatir mengganggu pos keuangan lainnya. Jika memang ingin membeli banyak produk, Anda dapat menabung sebelum datangnya bulan puasa sehingga pengeluaran tidak akan mengganggu keuangan.

4. Membandingkan Harga

Tips hemat selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membandingkan harga. Misalkan Anda ingin membeli sirup, maka Anda dapat membandingkan produk mana yang memiliki kualitas yang serupa dan harga yang lebih terjangkau.

Anda juga dapat membandingkan harga dari berbagai toko untuk mengetahui toko mana yang menjual produk dengan harga terbaik. Sebagai konsumen, Anda tidak boleh malas untuk melakukan perbandingan harga dan produk. Hal ini membuat Anda mendapatkan produk dengan harga yang lebih menguntungkan.

5. Membeli Produk Bundle

Tips lainnya untuk berbelanja hemat ialah dengan membeli produk bundle. Produk bundle merupakan kemasan berupa dua atau tiga jenis produk yang digabungkan dan dijual secara bersamaan.

Hal ini membuat Anda lebih hemat dalam berbelanja karena pada umumnya harga yang ditawarkan lebih murah. Anda dapat mencari toko yang menyediakan produk bundle dari setiap produk yang Anda butuhkan.

6. Mencari Alternatif Barang Lain

Jika memang Anda membutuhkan suatu barang namun harganya cukup mahal, maka gunakanlah alternatif barang lain. Dengan fungsi dan kegunaan yang sama, Anda mendapatkan produk dengan harga yang terjangkau.

Tidak harus terpaku dengan produk yang itu-itu saja, jika ada produk lain yang memiliki fungsi yang sama dengan harga lebih murah, kenapa tidak mencobanya?

7. Jangan Kalap Saat Berbelanja

Anda tentu melihat semua orang membeli produk untuk keperluan Ramadan. Anda tidak boleh langsung melakukan hal yang sama dan kalap ketika berbelanja kebutuhan. Bisa saja, kebutuhan orang lain tersebut memang lebih besar ketimbang anda sehingga mereka membeli barang dalam jumlah yang banyak.

Apabila Anda memang tidak membutuhkan barang dengan jumlah yang banyak, maka Anda tidak perlu kalap saat berbelanja. Kontrol diri Anda agar pembelanjaan bisa tetap sesuai dengan anggaran awal.

8. Menggunakan Potongan Harga dan Promo

Tips belanja hemat selanjutnya ialah dengan memanfaatkan promosi dan potongan harga yang tersedia. Biasanya ketika bulan puasa tiba banyak promo menarik yang tersedia.

Anda dapat memanfaatkan beragam promo dan potongan harga untuk mendapatkan kebutuhan dengan harga yang lebih murah. Pastikan Anda tidak melewatkan promo dan potongan harga agar dapat berbelanja dengan lebih murah dan hemat.

9. Manfaatkan Promo Pembayaran

Selain promo dari toko, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai promo metode pembayaran yang tersedia. Dengan menggunakan promo ini, Anda menjadi lebih hemat karena mendapatkan promo tambahan.

Seringkali metode pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit, hingga dompet digital memberikan promo untuk penggunanya. Jadi, Anda juga harus memilih untuk menggunakan metode pembayaran yang tepat.

10. Pilih Tempat Belanja yang Tepat

Seluruh tips di atas menjadi lebih sempurna apabila Anda menemukan tempat belanja yang tepat. Salah satunya event Ramadan Sale yang menawarkan berbagai produk Ramadan dengan harga yang terjangkau secara online.

Anda juga tidak perlu untuk berdesak-desakan berbelanja dengan orang lain. Dengan berbelanja online, Anda dapat memenuhi kebutuhan dengan cepat, nyaman, dan mudah.

Berbelanja online menjadi pilihan banyak orang terutama yang memiliki kesibukan khususnya ketika bulan Ramadan. Anda hanya perlu memesan dan menunggu barang sampai di rumah. Pelajari dan lakukan berbagai tips belanja hemat di atas dan penuhi kebutuhan Ramadan agar puasa menjadi lebih lancar. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home