Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:23 WIB | Senin, 04 September 2023

1.200 Pelajar Akan Bertanding dalam Festival Catur Pelajar Nasional 2023

Pembukaan akan dilakukan oleh Menpora dan ketua PB PERCASI, pada hari Sabtu (2/9) di Jakarta.
(Dari kiri) Kepala Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Ketua BPK PENABUR, Adri Lazuardi, Pembina PB PERCASI, Eka Putra Wirya, memberi keterangan pada media tentang Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023, hari Rabu (30/8) di Jakarta. (Foto: satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 1.200 pelajar dari berbagai daerah di Indonesia akan bertanding dalam Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 pada 2 September mendatang. Acara ini kemungkinan akan menjadi turnamen catur nasional yang memecahkan rekor MURI.

Festival catur pelajar ini diselenggarakan Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR dengan dukungan penuh dari Pengurus Besar Pesatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA).

Acara pembukaan akan berlangsung pada tanggal 2 September 2023, di SPK BPK PENABUR, Kelapa Gading  Pukul 10:00 – 12:00 WIB, dan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, dan Ketua Umum PB PERCASI, GM Utut Adianto.

Pembina PERCASI, Eka Putra Wirya, dalam konferensi pers hari Rabu (30/8) di Jakarta, mengatakan, kegiatan ini fenomenal, bukan hanya karena kemungkinan akan mencatat rekor MURI, tetapi juga turnamen yang melibatkan begitu banyak peserta dari berbagai daerah dan diselenggarakan secara serentak onsite. “Ini butuh effort yang besar dan merupakan gebragan serta terobosan besar bagi dunia catur Indonesia.”

Ini juga satu-satunya yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan yang secara konsisten dan dengan komitmen tinggi pada olah raga catur. Festival ini adalah yang keempat yang diselenggarakan BPK PENABUR, dan pada tahun 2019, memecahkan rekor MURI sebagai pertandingan catur serentak secara online yang diikuti 1.393 peserta.

Ketua BPK PENABUR, Adri Lazuardi, mengatakan pertandingan akan dilaksanakan di empat kota, yaitu Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta, dengan enam veneu, yaitu:  Kompleks BPK PENABUR Panjaitan Bandar Lampung, Kompleks BPK PENABUR Holis Bandung, Kompleks SMAK 1 BPK PENABUR Bandung, Kompleks BPK PENABUR Cipto, Cirebon,  Kompleks SMAK 1 BPK PENABUR Jakarta, dan Kompleks BPK PENABUR Harapan Indah, Jakarta.

Ada delapan kategori dalam turnamen itu, yaitu kategori TK Putra/Putri, SD Putra/Putri, SMP Putra/Putri dan SMA Putra/putri.  Pertandingan final akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023, yaitu di Komplek SMAK 1 BPK PENABUR  Jakarta.

Wasit Nasional dan Internasional

Inspektur Pertandingan, Hendry Jamal, mengatakan bahwa pertandingan catur ini akan melibatkan 40 wasit nasional dan internasional. Pesertanya semua pelajar. Babak penyisihan akan dilakukan dengan catur cepat sembilan babak, dan akan diambil lima pemenang, sehingga pada babak final nanti pada 16 September akan ada 240 pecatur yang bertanding.

Jamal menyebutkan hingga hari Rabu (30/8) tercatat sudah ada 1.120 yang mendaftar. Sementara Adri Lazuardi, menyebutkan diperkirakan akan ada sekitar 600 peserta bertanding di Jakarta, 400 bertanding di Bandung, 200 bertanding di Cirebon, dan 100 di Bandar Lampung.

Eka Putra Wirya mengapresiasi penyelenggaran Festival Catur Pelajar Nasional 2023 ini yang menjangkau anak-anak muda yang lebih luas dan menekankan tujuan catur sebagai pembentukan karakter unggul, selain sebagai olah raga.

Sementara Lisa Lumoindong, mantan juara catur nasional, dan ketua SCUA, menyebutkan festival ini menjadi ajang memperkenalkan catur kepada pelajar di Indonesia, dan sekaligus mencari bibit-bibit pecatur lebih dini agar Indonesia juga mempunyai banyak grand master catur.

Bagi SCUA ini bagaikan “tumbu ketemu tutup” jadi mitra penting dalam pengembangan pemain catur. Dan disebutkan bahwa sebelum dimulainya festival ini, telah juga diselenggarakan coaching clinic bagi peserta yang berminat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home