Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:50 WIB | Sabtu, 07 Oktober 2023

20 Pelukis Indonesia dan Thailand Pameran Bersama di Bangkok

Pameran lukisan bersama 10 pelukis Indonesia dan Thailand di Bangkok. (Foto: KBRI Bangkok)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Pameran Lukisan Bersama Indonesia-Thailand digelar di Galeri Nasional Thailand dengan tema Blossoming Curiosity (04-29/10). Pameran tersebut menghadirkan 10 pelukis ternama di Indonesia dan 10 pelukis ternama di Thailand.

Pameran dibuka secara bersama-sama oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman, Ketua Parlemen Thailand, Muhammad Noor Mata, dan Wakil Menteri Kebudayaan Thailand, Phonpoom Vipattipumiprates, di Galeri Nasional Thailand pada hari Rabu, 4 Oktober 2023. 

Kegiatan dihadiri oleh 250 tamu dari kalangan Duta Besar dan diplomat negara sahabat, para akademisi di bidang seni, para pencinta seni dan kolektor benda seni di Thailand.

Dalam sambutannya Duta Besar RI Bangkok menjelaskan bahwa pemeran lukisan bersama ini merupakan kelanjutan dari pameran lukisan tahun lalu berjudul “the Bridge of Color" yang juga dilaksanakan di Galeri Nasional Thailand pada tanggal 5-30 Oktober 2022. Jika pada tahun lalu pameran lukisan diikuti oleh 11 pelukis ternama dari Indonesia, maka tahun ini pameran lukisan bersama diikuti oleh 10 pelukis ternama Indonesia dan 10 pelukis ternama di Thailand dengan komposisi lima pelukis pria dan lima pelukis wanita dari masing-masing negara.

“Pada pameran kali ini para pelukis dari kedua negara dapat secara bersama menuangkan ide, kreatifitas dan interpretasi mereka mengenai gaya hidup, emosi, dan cara berfikir serta keunikan budaya masyarakat kedua negara yang dituangkan melalui berbagai keindahan lukisan dengan gaya masing-masing," kata Dubes Rachmat.

Duta Besar Rachmat Budiman juga memperkenalkan 10 pelukis dari Indonesia dan 10 pelukis dari Thailand kepada Wakil Menteri Kebudayaan Thailand dan semua para pengunjung yang hadir yaitu Bunga Jeruk, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Lucia Hartini, Mola, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, Theresia Agustina, Banlu Wiriyapornprapas, Jiamchan Changkonghom,  Phattharaporn Leanpanit,  Phunsee Srisuphar, Pittawan Suwapab, Sita Inyai, Somsak Chowtadapong, Ruksucha Chompoobut, Suchart Vonthong, dan Thongchai Rakpathum

Wakil Menteri Kebudayaan Thailand Mr. Phonpoom Vipattipumiprates dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap KBRI Bangkok atas penyelenggaraan kegiatan pameran lukisan bersama tersebut yang akan meningkatkan saling pengertian dan penguatan persahabatan kedua negara.

Sebelum pembukaan pameran lukisan bersama secara resmi dilaksanakan, telah dilaksanakan pula kegiatan Artist Talk di Galeri Nasional Thailand dihadiri peserta yang terdiri dari para pecinta seni dan pengamat seni serta mahasiswa jurusan seni dari berbagai universitas di Thailand. Pada kesempatan tersebut para pelukis Indonesia dan Thailand menjelaskan mengenai teknik melukis masing-masing serta arti dan makna dari semua lukisan yang dipamerkan pada pameran lukisan bersama tersebut.

Sepuluh pelukis Indonesia yang hadir di Bangkok juga telah melakukan berbagai lokakarya dan diskusi di beberapa tempat, yaitu Sekolah Indonesia Bangkok, Bunditpattatasilpa Institute, Universitas Silpakorn, Akademi Pohchang dan Universitas Chulalongkorn.

Pameran Indonesia-Thailand Collaborative Painting Exhibition: Blossoming Curiosity ini diharapkan akan menjadi wadah bagi masyarakat kedua negara unutk dapat memahami lebih baik lagi mengenai cara berfikir, gaya hidup, serta kekayaan dan keunikan seni budaya di dari kedua negara. Dukungan penuh dari Kementerian Kebudayaan Thailand dan Galeri Nasional dan Museum Nasional Thailand telah membantu mempermudah penyelenggaraan kegiatan ini dengan baik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home