Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 09:39 WIB | Jumat, 30 Juni 2023

Dari Reruntuhan Pompeii: Lukisan Dinding Itu Bukan Pizza Tapi Focaccia

Lukisan dinding yang ditemukan di situs arkeologi kota Pompeii Italia yang hancur oleh lerusan gunung Visuvius. (Foto: Pompeii Archeologi Park via AP)

MILAN, SATUHARAPAN.COM-Lukisan lukisan benda mati yang ditemukan baru-baru ini di situs arkeologi Pompeii terlihat seperti pizza, tetapi sebenarnya bukan, kata para ahli di situs arkeologi tersebut, hari Selasa (27/6).

Mereka mencatat bahwa bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ikonik Italia - tomat dan mozzarella, tidak tersedia saat lukisan itu dibuat sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Tomat baru diperkenalkan ke Eropa dari Amerika beberapa abad yang lalu, dan beberapa sejarah mengatakan bahwa penemuan mozzarella mengarah langsung pada penemuan pizza di dekat Naples pada tahun 1700-an.

Gambar itu diyakini sebagai focaccia yang ditutupi buah, termasuk delima dan mungkin kurma, diakhiri dengan rempah-rempah atau sejenis pesto, kata para ahli. Di fresco, disajikan di piring perak dan piala anggur berdiri di sebelahnya. Ini makanan cepat saji dalam suasana mewah, dilambangkan dengan nampan perak, tidak berbeda dengan pizza modern, “lahir sebagai hidangan orang miskin di Italia selatan, yang telah memenangkan dunia dan disajikan bahkan di restoran berbintang,” kata Gabriel Zuchtriegel, direktur situs arkeologi Pompeii.

Kota Romawi kuno Pompeii dihancurkan oleh letusan Gunung Vesuvius di dekatnya pada tahun 79 M. Peristiwa yang tiba-tiba dan mematikan itu membuat sebagian besar strukturnya utuh, “dibalsem” dalam abu vulkanik, dan situs tersebut sekarang menjadi proyek arkeologi utama dan objek wisata.

Lobi Coldiretti ag segera memanfaatkan penemuan lukisan dinding untuk mempromosikan pizza: diciptakan sebagai makanan cepat saji bagi pekerja miskin, sebagai harta nasional. Saat ini, pizza mewakili sepertiga dari anggaran makanan pengunjung asing dan menghasilkan total pendapatan tahunan sebesar 15 miliar euro (US$ 16,4 miliar) di Italia.

Seni pembuat pizza Neapolitan dimasukkan ke dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO pada tahun 2017, diakui karena empat fase persiapan adonan dan dipanggang secara eksklusif dalam oven kayu pada suhu 485 derajat Celcius (905 derajat Fahrenheit.) (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home