Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 19:20 WIB | Rabu, 21 September 2022

230 Paus Terdampar di Pantai Tasmania

230 Paus Terdampar di Pantai Tasmania
Seorang penyelamat menuangkan air ke salah satu paus yang terdampar di Ocean Beach, dekat Strahan, Australia Rabu, 21 September 2022. Lebih dari 200 paus telah terdampar di pantai barat Tasmania, hanya beberapa hari setelah 14 sperma paus ditemukan terdampar di sebuah pulau di lepas pantai tenggara. (Foto-foto: Perusahaan Penyiaran Australia melalui AP)
230 Paus Terdampar di Pantai Tasmania
Paus yang terdampar di Ocean Beach, dekat Strahan, Australia Rabu, 21 September 2022.

HOBART, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 230 paus telah terdampar di pantai barat Tasmania, hanya beberapa hari setelah 14 paus sperma ditemukan terdampar di sebuah pulau di lepas pantai barat laut negara bagian Australia.

Paus yang terdampar di Ocean Beach di Macquarie Harbour tampaknya adalah paus pilot dan setidaknya setengahnya diperkirakan masih hidup, kata Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania, hari Rabu 21/9).

Sebuah tim dari Program Konservasi Laut sedang merakit peralatan penyelamatan paus dan menuju ke daerah itu, kata departemen itu.

Paus terdampar pada dua tahun sampai sehari setelah terdampar massal terbesar dalam sejarah Australia ditemukan di pelabuhan yang sama.

Sekitar 470 paus pilot bersirip panjang ditemukan pada 21 September 2020, tersangkut di gundukan pasir. Setelah upaya selama sepekan, 111 dari paus itu berhasil diselamatkan tetapi sisanya mati.

Pintu masuk ke pelabuhan adalah saluran yang terkenal dangkal dan berbahaya yang dikenal sebagai Gerbang Neraka.

Petani salmon lokal Linton Kringle membantu upaya penyelamatan tahun 2020 dan mengatakan tantangan terbaru akan lebih sulit.

"Terakhir kali mereka benar-benar berada di pelabuhan dan itu cukup tenang dan kami bisa, semacam, berurusan dengan mereka di sana dan kami bisa membawa perahu ke mereka," kata Kringle kepada Australian Broadcasting Corp.

“Tapi hanya di pantai, Anda tidak bisa mendapatkan perahu di sana, terlalu dangkal, terlalu kasar. Pikiran saya akan mencoba membawa mereka ke kendaraan jika kita tidak bisa berenang keluar,” tambah Kringle.

Vanessa Pirotta, seorang ilmuwan satwa liar yang mengkhususkan diri pada mamalia laut, mengatakan masih terlalu dini untuk menjelaskan mengapa terdampar itu terjadi.

“Fakta bahwa kita telah melihat spesies yang sama, pada waktu yang sama, di lokasi yang sama, terulang kembali dalam hal terdampar di tempat yang sama mungkin memberikan semacam indikasi bahwa mungkin ada sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan di sini,” kata Pirotta.

David Midson, manajer umum kotamadya Dewan Pantai Barat, mendesak orang-orang untuk tetap waspada. “Paus adalah spesies yang dilindungi, bahkan setelah mati, dan mengganggu bangkai adalah pelanggaran,” kata departemen lingkungan.

Empat belas paus sperma ditemukan pada Senin sore di King Island, bagian dari negara bagian Tasmania di Selat Bass antara Melbourne dan pantai utara Tasmania.

Ilmuwan kelautan Universitas Griffith, Olaf Meynecke, mengatakan bahwa paus sperma tidak biasa terdampar di pantai. Dia mengatakan bahwa suhu yang lebih hangat juga dapat mengubah arus laut dan memindahkan makanan tradisional paus.

“Mereka akan pergi ke daerah yang berbeda dan mencari sumber makanan yang berbeda,” kata Meynecke. “Ketika mereka melakukan ini, mereka tidak dalam kondisi fisik terbaik karena mereka mungkin kelaparan sehingga ini dapat membuat mereka mengambil lebih banyak risiko dan mungkin lebih dekat ke pantai.”

Paus pilot terkenal karena terdampar dalam jumlah massal, untuk alasan yang tidak sepenuhnya dipahami. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home