Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 16:56 WIB | Jumat, 20 Mei 2022

Tujuh Lumba-lumba Terdampar di Cape Cod, AS, Diselamatkan

Tujuh Lumba-lumba Terdampar di Cape Cod, AS, Diselamatkan
Penyelamatan lumba-luma di Cape Cod, AS. (Foto-foto: Penyelamatan & Penelitian Mamalia Laut/IFAW)
Tujuh Lumba-lumba Terdampar di Cape Cod, AS, Diselamatkan

WELLFLEET, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 40 orang, termasuk ahli mamalia laut, pekerja magang, dan sukarelawan, menghabiskan beberapa jam melawan gelombang yang datang untuk membantu menyelamatkan tujuh lumba-lumba yang terdampar di perairan dangkal sungai Cape Cod, Amerika Serikat, pekan ini.

Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan pertama kali mendapat kabar bahwa lumba-lumba sisi putih Atlantik terdampar di alur dangkal Sungai Herring di Wellfleet sekitar pukul 07:00 pagi hari Rabu (18/5), dan penyelamat berada di lokasi sekitar pukul 08:00 pagi, kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

Bukan hal yang aneh jika lumba-lumba terdampar di daerah tersebut karena bentuknya yang seperti mata kail di garis pantai Cape Cod, dan karena fluktuasi pasang surut yang besar di Teluk Cape Cod.

“Lumba-lumba tampak waspada dan dalam kesehatan yang baik, tetapi hari itu pasti cerah dan hangat dan kami harus bergerak cepat,” kata Misty Niemeyer, dari tim Penyelamatan & Penelitian Mamalia Laut IFAW.

Air pasang juga datang, dan lumba-lumba sering kali berisiko terdampar lagi saat air pasang, katanya.

Lumba-lumba, kemungkinan besar jantan muda, memiliki panjang enam hingga delapan kaki (1,8 hingga 2,4 meter) dan berat hingga 250 pon (113 Kg) dan kemudian dibawa dengan kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut lumba-lumba dan dilepaskan di perairan yang lebih dalam, Provincetown pada siang hari.

“Lumba-lumba terbesar dan terakhir yang dilepasliarkan memang tampak sedikit stres, dan kami memasangkan lumba-lumba itu dengan tag satelit sementara untuk memantau keberhasilannya,” kata Niemeyer. “Kami melepaskan lumba-lumba dalam tiga putaran, dan akhirnya semua berenang dengan kuat ke air yang lebih dalam. Kami optimis tentang perjalanan mereka ke depan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home