Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:58 WIB | Rabu, 05 November 2014

666 Hari Jelang PON, Tukar Sampah dengan Suvenir

Surili, maskot Pekan Olahraga Nasional Jawa Barat 2016. (Foto: jabarprov.go.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Panitia penyelenggara acara Hitung Mundur 666 Hari Menjelang Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat (PON Jabar) 2016 telah menyiapkan sejumlah suvenir untuk ditukar dengan sampah. Acara ini akan terselenggara di kawasan bebas kendaraan Jalan Dago, Kota Bandung, Minggu (9/11),

"Kami menyiapkan lebih dari seribu suvenir. Tukar saja dengan sampah," ucap Ketua Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media PON Jabar 2016, Budy Hermawan, dalam siaran persnya, Rabu (5/11).

Menurut dia, barter sampah dengan suvenir pada acara menjelang PON Jabar 2016 itu merupakan bentuk kepedulian warga Jabar terhadap lingkungan. Ini terutama untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah yang biasanya menjadi masalah setelah kegiatan massal.

Untuk itu, kata dia, panitia menyebar 40 anggotanya ke pelosok kawasan car free day Dago untuk melayani penukaran sampah dengan suvenir.

Panitia menyatakan, bentuk suvenir yang akan diterima pengunjung bergantung pada sampah yang ditukar. Suvenir yang disediakan panitia antara lain pin, stiker, dan gantungan kunci.

Panitia juga menyebutkan bahwa acara yang akan menampilkan sejumlah anjungan, dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi, seperti Candil "Seurieus" dan pencipta lagu Sunda yang membuat lagu khusus untuk PON Jabar, Lia Aprialiani.

Menurut panitia, penyelenggaran kegiatan yang akan digelar Minggu (9/11) itu merupakan acara besar pertama yang digelar Panitia Besar PON Jabar 2016. Acara itu merupakan upaya mengingatkan masyarakat bahwa provinsi berpenduduk terbesar di Jawa itu akan menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Indonesia.

Diwarnai Rekor Muri

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pun mengatakan acara 666 hari menjelang pelaksanaan PON Jabar 2016 akan diwarnai oleh pecatatan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) berupa melukis 666 wajah dalam waktu 66 menit.

Dia mengatakan acara 666 itu memang akan dibuat meriah agar masyarakat Jabar lebih peduli  sehingga pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses.

Menurut catatan panitia pelaksana, rekor Muri akan berupa menggambar cepat yang dilakukan enam pelukis. Enam pelukis itu akan menggambar wajah orang dalam waktu 66 menit.

Panitia menyebutkan, kegiatan melukis wajah itu akan melibatkan sejumlah komunitas dan warga yang berkumpul di kawasan car free day Dago.

Ahmad Heryawan menyatakan, dalam kesempatan itu, Panitia Besar PON Jabar 2016 juga akan memasyarakatkan surili, yaitu boneka yang menjadi maskot PON Jabar 2016.

"Kita berharap masyarakat pun bisa terlibat di acara itu dan ikut menyosialisasikannya," kata Gubernur Jabar itu.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home