Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:52 WIB | Jumat, 16 Juni 2017

Acara Akhir Pekan 17 – 18 Juni 2017

Ilustrasi. Pertunjukan tari tradisional Laen Dulu Sekarang Beda oleh Seni Budaya Khatulistiwa. (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Pertunjukan teater, pameran foto, selain itu masih dalam rangka bulan Ramadan, masih ada beberapa acara yakni bazaar kuliner dan festival belanja Ramadan, Dalam menyambut liburan digelar beberapa acara yang seru, Jakarta Fair 2017 dan  Holiday with Play Doh, yang akan mewarnai akhir pekan Anda di Ibu Kota.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 17 Juni

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00, Pertunjukan Teater Dibalik Topeng oleh Teater Keliling.

Melalui pementasan teater “Di Balik Topeng” karya Dolfry Inda Suri dan sutradara Rudolf Puspa oleh Teater Keliling ingin mengajak semua penonton untuk memahami apa yang sedang terjadi di dunia saat ini, ketika banyak manusia yang senantiasa berdiri berseberangan dalam hidup dan saling melawan.  

Teater Keliling adalah grup teater Indonesia yang konsisten berkarya sejak 13 Februari 1974. Didirikan oleh Ir DerySyrna, Rudolf Puspa, Buyung Zasdar dan Paul Pangemanan yang didukung oleh tokoh teater lainnya seperti Jajang C Noer, Saraswaty Sunindyo, Ahmad Hidayat, Willem Patirajawane, Syaeful Anwardan RW Mulyadi.

Teater Keliling telah mementaskan lebih dari 1500 pertunjukan di seluruh propinsi di Indonesia dan negara-negara di dunia. Oleh karena itu, pada tahun  2010 Teater Keliling mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan predikat Grup Teater dengan pertunjukan teater modern Indonesia terbanyak. Di tahun 1984 dan 1992 mendapatkan penghargaan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Salihara Pasar Minggu Jakarta, Pukul 20.00 WIB, Pertunjukan Teater From Starting to Cut The Wood , Koreografer: Katia Engel (Jerman/Indonesia)

From Starting to Cut the Wood, adalah tari berdasarkan bebunyian latar yang dihasilkan seorang pemahat topeng ketika bekerja menggunakan aneka perkakas. Bebunyian itu juga berbaur dengan ucapan-ucapan yang dilontarkan si pemahat. Katia Engel menghasilkan karya-karya pertunjukan, instalasi, video, fotografi dan film dokumenter. Ia belajar tari di Dance Institute Bremen dan Laban-Bartenieff Institute of Movement Studies New York. Karya-karyanya ditampilkan, antara lain, di Internasional Film Festival Singapura (Singapura), Internasional Dance Film Festival Tokyo/Yokohama (Jepang) dan Akademie der Künste (Berlin).

Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Cikini Jakarta, Show 1 : Pukul 14.30 – 17.00, Show ke 2 Pukul: 19.00 – 21.30,  Pertunjukan teater, Déjà vu: Mahalnya Persatuan oleh Sanskrit University Prasetya Mulya

Tema yang diangkat oleh Sanskerta 2017 adalah Déjà Vu: Mahalnya Persatuan. Déjà Vu merupakan kisah yang menggambarkan perjalanan sepasang kekasih yang mengarungi waktu demi cinta dan bangsa mereka. Mereka harus memperjuangkan cinta dan bangsa mereka di tengah konflik-konflik yang bermunculan di zaman-zaman yang berbeda. Konflik tersebut terletak pada konflik keragaman yang ada pada identitas bangsa ini jauh sebelum nama ‘Indonesia’ tercipta, tentang kesalahan yang pernah ada, dan mengapa kita masih terus berada dalam isu perbedaan yang seharusnya sudah selesai sejak puluhan atau bahan ratusan tahun yang lalu.

More Info: IG: @Sanskerta_id

Harga tiket masuk : Gold :Rp 125.00, Platinum : Rp 200.000, dan Titanium : Rp 275.000. Email, Phone Show 1 - Stella 087770177977,  Show 2 - Glend 08176488879, More Information : Stella Hendrawan : 0877 7017 7977, Glenda Halim : 0817 6488 879

Soto Bu Tjondro, Jl. Sersan Anning, Pancoran Mas Depok,  Pukul : 17.00 – Selesai, Buka Puasa bersama CISC Depok

Chelsea Indonesia Supporter Club (CISC) cabang Depok, mengundang seluruh fans Chelsea di Kota Depok untuk berkumpul dan berbuka bersama dengan harga tiket masuk Rp35.000,-

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Agus (+62) 838-0788-4686.

Balai Soedjatmoko Solo, Pukul 19.30 WIB, Pameran Foto Reel Series 2 : Indonesia & Vietnam

Reel series adalah sebuah event yang diinisiasi oleh portal publikasi karya fotografi online yang berbasis di filipina, Frame Zero. Format dari event ini adalah pemutaran karya-karya foto cerita melalui slideshow dengan lcd proyektor secara bersamaan oleh dua negara yang berbeda. Pada seri yang kedua bertajuk “Reel Series 2“ ini, Indonesia dan Vietnam menjadi partisipan yang akan menampilkan karya-karya fotografernya secara simultan dan bersamaan.

Pada “Reel Series 2“ ini, 13 fotografer dari Indonesia dan 12 fotografer dari Vietnam akan menayangkan karyanya secara simultan dan diharapkan mampu memberi inspirasi bagi publik.

Penyelenggara: Koordinator : Frame Zero (FIlipina-www.framezero.media / @framezeromedia), Indonesia : Flock Project (www.facebook.com/flockproject), Vietnam : Matca (www.matca.vn).

Mal Artha Gading, Jakarta, Pukul: 20.00 WIB,  Festival Belanja  MAG night Shopping 2017

Mal Artha Gading hadir kembali dengan MAG night Shopping 2017. Semua tenant di Mal Artha Gading akan berlomba – lomba untuk memberikan diskon, promo, dan penawaran spesial lainnya. Temukan diskon spesial hingga 70 persen. Yang tidak kalah seru, bergam aktivitas berhadiah juga Mal Artha Gading hadirkan untuk menyemarakan belanja anda, antara lain. Beberapa hadiah yang mengejutkan akan disediakan untk Anda antara lain: Highest Spender, Maroon Gift Surprize, Weekday Rewards, Games Guess Trolley. Selama berbelanja anda juga akan dihibur oleh beberapa penampilan dari DJ, dan Acoustic Performance. Info dan kontak: Instagram : @malarthagading, Twitter : @malarthagading, Facebook : Mal Artha Gading, Info CS: 021-4586 4000

Bentara Budaya Bali, Pukul: 19.00 WITA,  Pembacaan Puisi, Dokter Dan Kehidupan.

Pustaka Bentara kali ini akan menghadirkan perbincangan tentang karya-karya Puisi Wimpie Pangkahila dan Dewa Putu Sahadewa, yang keduanya berprofesi sebagai dokter. Karya-karya Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd terangkum dalam buku Seberkas Puisi Cinta, merupakan kumpulan puisi kedua. Sedangkan puisi-puisi dr Sahadewa SpOG (K) terkumpul di dalam antologi puisi bilingual Penulis Mantra (Tha Mantra Writer).  Adapun sebagai pembahas adalah Narudin, pengamat dan kritikus sastra asal Bandung serta Dr Gde Artawan, dosen Undhiksa yang juga dikenal sebagai penyair serta kritikus sastra. Bertindak sebagai moderator dr Oka Negara (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana). Masing-masing narasumber akan menelisik capaian estetik berikut kedalaman perenungan yang terkandung di dalam karya sekaligus mencoba mengungkapkan proses kreatif mereka yang berlatar profesi sebagai dokter.

Acara pustaka bentara kali ini dimaknai pula dengan pembacaan puisi, musikalisasi, serta pertunjukan Komunitas Api Undiksha, melibatkan seniman dan kreator: April Artison,  Fileski, Putri Suastini, serta Sahabhiseka.

@america Pacific Place Jakarta, Pukul 19.00 – 20.30 WIB, Perunjukan Musik Hip Hop and Islam in America.

Bergabunglah dengan Reza Ryan & Ric Slim untuk perpaduan rap dan gitar yang unik dalam sebuah persembahan khusus Ramadhan kepada artis hip hop Amerika yang telah memeluk agama Islam.

Minggu 18 Juni

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00, Pertunjukan Tari Tradisional, Laen Dulu Sekarang Beda oleh Seni Budaya Khatulistiwa

Pertunjukan ini juga akan menampilkan seni musik, seni teater, seni sastra dan seni tari Betawi dengan sesi interaktif antara seniman dan penonton.  Seni Budaya Khatulistiwa (SBK) adalah sebuah lembaga yang berdiri sejak tahun 2008, dan berlokasi di Jakarta. Beberapa pergelaran yang telah dibuat diantaranya “Sendra Tari Laksamana Keumalahayati (Malam puncak HUT TMII 2016)”, “Pangeran Jayakarta (Festival Seni Teater Tradisi di TMII)”, “Karnaval Keprajuritan”, “Peringatan Sumpah Pemuda 2016 di Istana Negara”, The 6th TAFISA World Sport For All Games 2016”, “Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia XVII”, “Peluncuran Logo Asian Games di Istora Senayan”, dan banyak lagi.

Atrium Millenium Mal Artha Gading Lantai 1, Holiday with Play Doh.

Acara berlangsung pada (Jumat (16/6) – (Minggu (18/6)

Menyambut Libur sekolah dan Libur Bulan Suci Ramadan, Mal Artha Gading menghadirkan event untuk menghadirkan keceriaann bagi buah hati anda, “Holiday with Play-Doh.

Untuk pertama kalinya Play-Doh hadir untuk menghibur keluarga anda dengan beragam aktivitas seru, diantaranya : Meet & Greet dengan Karakter Play-Doh (Setiap Akhir Pekan): Play-Doh Dance Show (Setiap Akhir Pekan), Gratis  bermain NERF, JENGA, dan Play-Doh.

School Performance:  Penampilan spesial dari pemenang MAG Voice 2016, Erditya Hijab Hunt for Adults and Kids, Nerf dan Play-Doh Competition.

Info dan kontak: Instagram : @malarthagading,  Twitter : @malarthagading, Facebook : Mal Artha Gading, Info CS: 021-4586 4000

Lobby Hotel, Near Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Bazaar  Magnificent Ramadhan Culinary

Bingung mau berbuka puasa dimana? Yuk langsung merapat ke bazar Magnificent Ramadhan Culinary, @lippomallkemang , karena disini ada lebih dari 30 booth Food and beverages, dengan menu-menu yang tentu saja memanjakan lidah setelah satu hari kamu menunaikan ibadah puasa.

Sembari menikmati menu-menu pilihan, kamu  akan dihibur dengan berbagai pertunjukan seperti akustik, grup perkusi dari @kandankjurankdoank dan Magic Show. Nah yang lebih serunya lagi buat kamu yang hobi selfie dan foto kuliner. kali ini aquila sebagai penyelenggara mengadakan Food Photo Contest dan Selfie Photo Contest dengan total hadiah 2 juta rupiah.

Acara berlangsung pada Rabu (7/6) – Minggu (18/6) , Info lengkap hubungi CP yang tertera. More information : follow instagram @aquila.eo

Salihara Pasar Minggu Jakarta, Pukul 20.00 WIB, Pertunjukan Tari Modern,  Angkot is The Melting Pot, oleh Helatari Salihara.

Angkot is the Melting Pot adalah karya yang berangkat dari kenyataan di dalam angkutan kota (angkot) di Jakarta. Di dalam angkot jarak antara tubuh dengan tubuh yang lain begitu dekat tapi terasa asing. Yola Yulfianti adalah penari dan koreografer lulusan Institut Kesenian Jakarta. Ia pernah meraih penghargaan Pearl dalam ajang Dance Film International di Berlin pada 2009. Ia juga meraih Hibah Cipta Perempuan dari Yayasan Kelola pada 2014. Karya-karyanya sebelum ini antara lain Salma: A Little Escape (2013), Update Status (2013) dan I Think Tonk (2014).

Arena Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran Jakarta Pusat, Hari Kerja Pukul : 15.30- 22.00, Hari Libur 10.00 – 23.00, 50th JFK Carnaval Kemayoran 2017

Event Jakarta Fair Kemayoran 2017 mulai dibuka untuk umum sejak 6 Juni lalu, dan upacara peresmiannya dilakukan pada 14 Juni 2017.  Event ini akan berlangsung selama 39 hari hingga 16 Juli 2017, bahkan pada saat hari-H lebaran pun Jakarta Fair tetap akan dibuka untuk umum.

Tema parade karnaval yang diangkat adalah 50th JFK Carnaval yang menonjolkan nuansa kostum keemasan atau gold. Jakarta Fair diisi oleh bermacam-macam hiburan mainan untuk anak-anak, Karnaval budaya Betawi, Kampung Betawi, pesta kembang api spektakuler sampai dengan konser musik grup band papan atas ibu kota, serta ada pemilihan Miss Jakarta Fair dan lomba stand terbaik dengan hadiah menarik.

Penyelenggaraan kali ini diikuti oleh 2.700 perusahaan peserta yang tergabung dalam 1.500 stand pameran, dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Harga tiket masuk Jakarta Fair Kemayoran 2017 yakni Rp 20.000 pada hari Senin, dan Rp 25.000 pada Selasa sampai Kamis. Untuk akhir pekan dan hari-hari libur nasional tiket masuk dijual seharga Rp 35.000.

Karnaval tahun ini akan diramaikan dengan penampilan Sufi Dance, Liong, LED Dance, Golden Boys Cabaret dan Mannequin dance. Tak lupa, ikon kebudayaan betawi yaitu iring-iringan ondel-ondel juga akan memeriahkan karnaval ini. Sementara itu, tokoh-tokoh kartun yang akan ikut dalam rangkaian parade karnaval tentunya adalah tokoh-tokoh yang banyak digemari oleh anak-anak. Beberapa diantaranya seperti Power Ranger, Kamen Rider, Marvel Heroes, DC Heroes, tokoh Princess hingga Starwars Parade. Adapun parade karnaval pada tahun ini akan diadakan total sebanyak delapan kali. Setiap minggunya, parade karnaval ini akan digelar dua kali.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home