Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:44 WIB | Jumat, 21 September 2018

Acara Akhir Pekan 22 – 23 September 2018

Ilustrasi. Pebalap beradu sprint paa etape terakhir International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2014 . (Foto: banyuwangibagus.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara di Ibu Kota akan memeriahkan akhir pekan di penghujung bulan September ini. Di antaranya pertunjukan musik, tari, pameran properti, pameran animasi, dan pameran lukisan. Tak ketinggalan beberapa daerah menggelar festival budaya, yakni Festival Pesona Danau Limboto 2018 Gorontalo, Festival Batanghari 2018 Jambi, dan International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 22 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Asik oleh Balawan bersama Ethnic Fushion

Kali ini Balawan bersama Ethnic Fusion akan menyajikan pertunjukan musik perpaduan keroncong dan jazz dengan gaya musik kekinian. Alat musik dari berbagai macam daerah Indonesia juga turut digunakan pada pertunjukan kali ini.

I Wayan Balawan, lahir di Gianyar, Bali, 9 September 1973, adalah pemusik jazz Indonesia. Balawan adalah seorang gitaris jazz yang namanya mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia dengan teknik bermain gitar touch tapping style. Balawan membentuk Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional Bali.

Teater Ciputra Artpreneur, Konser Vocal Perjalanan Syahrini # 10tahunjambulkhatulistiwa

Sepuluh  tahun berkarya di industri musik Indonesia, Putri Syahrini kita kenal dengan berbagai jargon unik dan penampilan yang selalu unik dan fenomenal. Ia akan hadir menyapa Anda semua dengan konsep berbeda, dengan memberi cinta dan tawa melalui konser # 10TahunJambulKhatulistiwa Perjalanan Syahrini.

Menampilkan kolaborasi keren dengan Glenn Fredly dan Tompi.  

Harga Tiket: 450.000 - 25.000.000

Tempat membeli tiket: http://berlianentertainment.com/event/concert/journey-of-syahrini

Situs web untuk informasi lebih lanjut: www.berlianentertainment.com

JCC – Hall A & B, Pukul 9.00 – 22.00 WIB, Indonesia Property Expo – September 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (22/9) – Minggu (30/9).

Masuk arena expo gratis.

Pameran properti terlengkap dan terbesar di Indonesia kembali hadir, menampilkan 730++ proyek se-Jabodetabek dan wilayah lainnya.

Nikmati kemudahan jangka waktu cicilan sampai dengan 30 tahun. Dengan harga mulai dari Rp197 jutaan.

Jangan lewatkan berbagai macam promo menarik selama acara pameran.

Info dan kontak: Facebook: Indonesia Property Expo

JIExpo Hall D2 – Kemayoran Jakarta Pusat, Bekraf Habibie Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (20/9) – Minggu (23/9).

Tidak dipungut biaya masuk. 

Bekraf Habibie Festival 2018, event ke-3 terbesar saat ini yang menampilkan berbagai macam teknologi dan inovasi karya anak bangsa, antara lain A to B the future of tranportation, MakerLand, Bazaar Inovasi, Food Festival, M2 property, Fintech, Berkarya Academy, serta banyak lagi yang lain.

Info dan kontak: Deni – 0821 1068 2556

Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Pameran Animakini x Ciffest 2018

Acara berlangsung pada Kamis (20/9) – Sabtu (22/9).

Tidak dipungut biaya masuk.

Animasi Cikini atau animasi terkini adalah event Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Creative Labs, bekerja sama dengan Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta (FSR-IKJ), yang ditunjuk sebagai tim penyusun Grand Strategy dan Roadmap Sub Sektor Animasi, menyelanggarakan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan Pusat Unggulan Animasi.

Demi meningkatkan industri kreatif dan ekonomi bidang kreatif di bidang animasi, serta menguji hasil dari penyusunan grand strategy subsektor animasi, melengkapi database yang berkaitan dengan animasi dari pendidikan dan industrinya, dibutuhkan kegiatan yang berhubungan dengan promosi animasi Indonesia. Kegiatan penunjang tersebut antara lain: workshop, pameran, screening animasi, talkshow, seminar, master class, kompetisi animasi, dan fashion performance.

Tiket dapat diperoleh melalui: eventbrite.com/o/senirupa-ikj

Informasi lebih lengkap mengenai “Animakini x Ciffest 2018” silakan kunjungi animakini.id

Info dan kontak: Instagram: @animakini, Website: animakini.id

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Pameran Indoplas, Indopack & Indoprint 2018

Acara berlangsung pada Rabu (19/9) – Sabtu (22/9).

Memanfaatkan peluang Pasar Vibrant Indonesia di Industri Plastik, maka industri pengolahan, pengemasan, dan pencetakan, pameran internasional plastik, proses, pengemasan, dan percetakan, akan menampilkan pameran lokal dan internasional dengan menampilkan pameran teknologi baru, yakni peralatan multifungsi dan mesin-mesin berkualitas tinggi yang hemat energi.

Pengunjung dapat mengharapkan berbagai macam pameran menarik seperti teknologi baru dan lebih baik, solusi modern, produk inovatif, dan layanan khusus industri.

Info dan kontak: Facebook: indoprintpackplas, Situs web: indoprintpackplas.com

Sekolah Tunas Muda Meruya Jakarta, Piala Retrospektif Tunas Muda 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (22/9) – Jumat (28/9).

Piala Retrospektif Tunas Muda 2018.

Sesama penggemar Tunas Muda, Anda menunggu sepanjang tahun untuk acara tahunan Tunas Muda Pride Cup. Kami mengundang semua sekolah dari Jabodetabek untuk menjadi bagian dari piala mendatang kami. Akan sangat menyenangkan! Berikut adalah nomor kontak "kru" dan kompetisi kami:

Mini soccer: - Michelle Antonia (0819 08886609) / Shan (081281861083), Basket - Robertus Jonathan Indradjaja (0816766213) / Janice Gifano Oenardi (087775457909)

Fotografi: Reina Lee (081296022133), Film pendek: Nethania Abigail (08111628010), Mode: Ariel Amoretta (085775494433), Lukisan dinding, Vanessa Argo (08118909211)

Info dan kontak: Michelle, 081908886609

Warehouse Gramedia, Jl Berbek Industri I No 27-29 Waru, Sidoarjo, Gramedia Boom Sale 2018

Acara berlangsung pada Senin (17/9) – Minggu (30/9), Senin - Jumat pukul 09.00-17.00, Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00.

Tidak dipungut biaya masuk. 

Kabar gembira bagi yang hobi banget hunting buku! Gramedia Boom Sale! Ada 12.000 judul buku yang siap memanjakan mu. Semua buku dijual dengan harga supermurah. Tiket bisa didapatkan setiap hari mulai jam 07.00 dengan jatah tiket 1.250 pengunjung perhari di #gramediaboomsale

Info dan kontak: Twitter: @gramediasale, Instagram: @gramediaboomsale

Jln Waru No 4 Sidoarjo (samping McD), Bazaar Piknik Sedulur Jadoel – Sidoarjo

Acara berlangsung pada Jumat (21/9) – Minggu (23/9).

Masuk gratis.

Bazar barang antik dan barang zaman dulu, dan ada beberapa kegiatan lain seperti lelang amal, donor darah dan masih banyak lagi

Info dan kontak: Rubbin nanda : 087852530320

Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Festival Pesona Danau Limboto 2018

Acara berlangsung pada Jumat (21/9) – Minggu (23/9).

Terletak di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Danau Limboto menawarkan keindahan menawan, terutama pada momen matahari terbit dan terbenam. Warna-warni alam yang dimunculkan kian mempercantik danau yang memiliki luas sekitar 3.000 hektare ini, yang menjadi muara lima sungai, yakni Sungai Molalahu, Daenaa, Alo, Bionga, dan Bone Bolango.

Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) tentunya tak hanya menawarkan kecantikan alam danau tersebut, melainkan juga kekayaan seni dan budaya di Gorontalo. Digelar di tepian Danau Limboto, FPDL selama 3 hati menampilkan berbagai kegiataan kepariwisataan, keseniaan, kebudayaan dan keilmuan.

Seperti biasanya, pawai budaya akan menjadi pembuka festival, yang menampilkan busana adat dan kesenian tradisional dari beragam adat/suku di Indonesia di Kabupaten Gorontalo, seperti Sangihe-Talaut, Bali, Jawa (Reog Ponorogo) dan sebagainya. Tentunya juga ada atraksi seni-budaya asli dari Kabupaten Gorontalo, termasuk ditampilkannya busana tradisional peninggalan Kerajaan Gorontalo.

Di samping itu, masih banyak acara menarik lain seperti lomba perahu tradisional Danau Limboto, fotografi, pemilihan Nou dan Uti, Alanggaya atau layang-layang tradisional, balap merpati, pesta kuliner tradisional, Gorontalo Gemilang Expo, dan beberapa lainnya.

Narahubung: Dinas Perhubungan dan Pariwisata Provinsi Gorontalo, Telepon: +62 435 827615, Email: dishubpar@gorontaloprov.go.id, Situs web: www.gorontaloprov.go.id

Minggu 23 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Monolog dan Tari Imaji Bali Kuna Kisah Penyihir Putih oleh Saras Dewi, Putri Minangsari, Gung Ama dan Bengkel Tari Ayubulan

Kisah Penyihir Putih merupakan karya kolaborasi tiga sahabat, berupa pembacaan monolog yang ditulis dan dibacakan sendiri oleh penulis/penyair Saras Dewi (asal Karangasem Bali), pemaparan figur sang penyihir putih lewat gerak dan ekspresi oleh penari Legong Putri Minangsari (asal Buleleng Bali), dan proyeksi foto-foto bernuansa Bali kuno karya fotografer Gung Ama (asal Gianyar Bali) ke panggung sebagai penguat kisah yang berlatar belakang Bali masa lampau ini.

Sebagai penampil gerak tari Putri Minangsari akan disertai 7 penari dari Bengkel Tari AyuBulan, termasuk di antaranya penari dan koreografer Nyoman Trianawati, lalu tokoh pemburu akan ditampilkan penari kawakan dan dosen tari IKJ yaitu AA Rai Susila Panji (Gung Panji). Juga terlibat sebagai pemain musik adalah 5 pemain gamelan geguntangan (minimalis dengan 5 instrumen) di bawah pimpinan dan aransemen Gung Panji.

Bengkel Tari AyuBulan adalah grup penari profesional di Jakarta yang aktif mempelajari, mementaskan dan mengajarkan tari-tari klasik Bali dalam gaya Peliatan di luar Bali, didirikan di Bandung tahun 1994 oleh maestro tari Legong Dr Ayu Bulantrisna Djelantik. Saat ini Bengkel Tari AyuBulan memiliki 5 cabang studio tari di Jakarta yang aktif mengajarkan tari-tari klasik Bali kepada murid-murid anak, remaja, maupun dewasa, dengan dilatih oleh para penari senior Bengkel Tari di bawah supervisi ‘Biyang’ Bulantrisna Djelantik.

Solo Paragon Mall, Pameran Solo GAPP Expo 2018 (ke 4)

Acara berlangsung pada Sabtu (22/9) – Minggu (23/9).

Masuk gratis.

Solo GAPP Expo 2018 adalah pameran “Gebyar Agribisnis, Pangan & Perikanan” yang menampilkan tentang kemajuan dalam agribisnis, pangan & perikanan. Pameran GAPP di Solo adalah pameran ke 4.

Banyak produk unggulan dalam bidang tersebut ditampilkan. Panitia penyelenggara mengundang pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, BUMN, BUMD, perusahaan swasta serta dunia usaha industri dan jasa di seluruh Indonesia memanfaatkan event ini untuk berpartisipasi dalam pameran.

Bentara Budaya Bali, Pukul 10.00 – 18.00 WITA, Pameran Seni Rupa MJK Art Community Kama Bang Kama Pethak

Acara berlangsung pada Senin (24/9) – Rabu (3/10).

Pameran seni rupa di Bentara Budaya Bali kali ini menghadirkan karya-karya terkini sejumlah seniman yang tergabung dalam MJK Art Comunity, komunitas perupa lintas asal dan latar namun sama-sama alumni perguruan tinggi seni.

Mereka meluapkan kreativitasnya seraya merespons kandungan nilai yang terdapat dalam ungkapan “Kama Bang Kama Pethak“. Adapun seniman yang terlibat dalam pameran ini antara lain: Adi Gunawan, Agus Gibbon Priyanto, Agus Putu Suyadnya, Dani Heriyanto, Dedy Sufriadi, Deskhairi, Gusmen Heriadi, Hari Gita, Hayatuddin, I Dewa Made Mustika, I Made Arya Palguna, I Putu Bonuz Sudiana, Iqi Qoror, Jesaya Jerry P, Joni Antara, M. Andi Dwi Iskaryanto, Ngakan Putu Agus Arta Wijaya, Norman Hendrasyah, Nyoman Sujana Kenyem, Riki Antoni, Robi Fathoni, Safrul, Seno Andrianto, Suroso, Isur, Tjokorda Bagus Wiratmaja, Tofan Muhammad Ali Siregar, Wayan Upadana, dan Wisnu Ari Tjokro.

Tanggo Rajo, Ancol Jambi, Jambi, Festival Batanghari 2018   

Provinsi Jambi kembali akan menggelar Festival Sungai Batanghari (Batang Hari River Festival) 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018.

Festival Batanghari 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi bekerja sama dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Aceh, dan didukung oleh Kementerian Pariwisata sebagaimana telah ditetapkan sebagai event pariwisata nasional. Penyelenggaraan Festival Batanghari dimaksudkan untuk mempromosikan dan mengangkat pariwisata Provinsi Jambi supaya lebih dikenal di seluruh dunia sehingga mendorong peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jambi.

Festival Batanghari 2018 menampilkan banyak kegiatan seperti pertunjukan seni Jambi, kompetisi tari, kompetisi band, pameran dan bazar, pertunjukan panggung dan kompetisi memasak makanan tradisional.

Batanghari adalah sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Festival Batanghari diselenggarakan sebagai festival sungai yang melibatkan beberapa kota pesisir sungai. Mulai dari Jambi, Muara Jambi, Muara Sabak hingga Pulo Laut. Masing-masing tempat menyelenggarakan event, yang sesuai dengan keunikan sejarah dan kawasan. Keindahan jembatan-jembatan yang melewati Sungai Batanghari menjadi atraksi tersendiri yang akan dijadikan tempat pertunjukan. Antara lain digunakan sebagai lokasi parade fashion Tengkuluk. Atraksi dalam festival ini juga akan menyorot karnaval batik yang meriah dari desainer dan masyarakat Jambi.

Untuk lebih memeriahkan Festival Batanghari 2018, 1.000 lentera akan dilepas selama festival serta kinerja cahaya laser, pembacaan puisi, pertunjukan biola dan demo kopi Jambi dari beberapa pengusaha kopi di Jambi.

Banyuwangi, Jawa Timur, International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2018

Acara berlangsung pada Minggu (23/9) – Rabu (26/9).  

Banyuwangi embali menjadi tuan rumah event bersepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2018. Kompetisi tahun sebelumnya diikuti oleh 20 tim dari 29 negara, di antaranya : Kanada, Prancis, Spanyol, Belanda, Rusia, Kolombia, Jepang, Korea, Tiongkok, Thailand, Iran,  Filipina, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Memasuki edisi ketujuh pada tahun 2018 ini, lomba balap sepeda Banyuwangi akan membawa pengendara yang bersaing untuk bertahan keindahan Kabupaten Banyuwangi yang menarik di sekitar lereng Gunung Ijen yang megah.

Lomba bersepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ItdBI) telah diakui oleh Union Cycliste Internationale (UCI), sebagai satu dari tujuh acara bersepeda terbaik di Asia, dan yang terbaik di Indonesia selama dua tahun terakhir.

Seperti pada balapan tahun sebelumnya, International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2018 dikelompokkan menjadi: Klasifikasi Perorangan Umum (Yellow Jersey), Sprint (Green Jersey), Best Indonesia Rider (White Jersey), dan King of Mountain (Red Jersey).

Penasihat UCI Jamaludin Mahmood mengatakan bahwa ITdBI terdaftar di tingkat 'Excellent', mengikuti penilaian UCI terhadap ITdBI pada tahun 2014 dan 2015.

Level 'Excellent' adalah level tertinggi dalam liga kompetisi balap internasional. Untuk mencapai level ini, skor event harus mencapai 90 poin.

Dari 31 kejuaraan di Asia, hanya ada tujuh event yang tercatat di level yang sangat baik atau Excellent oleh UCI pada tahun 2015 yaitu Le Tour de Langkawi di Malaysia, Tour of Japan, Tour de Korea, Tour de Iran, Japan Cup, Tour de Kumano di Jepang dan Tour de Banyuwangi Ijen.

Namun yang membedakan bersepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ItdBI) dengan enam lokasi lainnya, ITdBI dipegang oleh sebuah kabupaten, sementara yang lain seperti Langkawi, Jepang dan Korea dilakukan oleh sebuah negara, dan Tour de Kumano dipegang oleh sebuah provinsi. Apalagi ITdBi adalah acara termuda untuk mendapatkan pengakuan tingkat yang sangat baik.

Sebagai daerah tujuan wisata, Banyuwangi memiliki beberapa tempat wisata populer seperti Kawah Ijen yang dikenal dengan api biru, Alas Purwo dan Pantai Plengkung.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home