Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:24 WIB | Jumat, 11 Februari 2022

Afrika Menuju Fase Kontrol COVID-19

Matshidiso Moeti, Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Afrika. (Foto: dok. Reuters )

JOHANESBURG, SATUHARAPAN.COM-Afrika sedang bergerak ke "fase kontrol" pandemi COVID-19 dan peningkatan tingkat vaksinasi akan sangat penting dalam membantu benua itu hidup dengan penyakit ini, kata Direktur Afrika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Matshidiso Moeti, hari Kamis (10/2).

“Meskipun COVID-19 akan bersama kita untuk jangka panjang, ada cahaya di ujung terowongan,” kata Moeti. “Tahun ini kita dapat mengakhiri gangguan dan kehancuran yang ditinggalkan virus, dan mendapatkan kembali kendali atas hidup kita.”

Afrika sedang menuju "apa yang mungkin menjadi semacam endemik, hidup dengan virus... Saya percaya bahwa kita sedang bertransisi dari fase pandemi dan kita sekarang perlu mengelola keberadaan virus ini," katanya, berbicara kepada wartawan di briefing media virtual.

“Selama dua tahun terakhir, benua Afrika menjadi lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih baik dalam menanggapi setiap lonjakan baru kasus COVID-19,” kata Moeti. “Melawan kemungkinan, termasuk ketidakadilan besar dalam akses ke vaksinasi, kami telah melewati badai COVID-19 dengan ketahanan dan tekad... Tetapi COVID-19 telah merugikan kami dengan lebih dari 242.000 nyawa hilang dan kerusakan luar biasa pada ekonomi kami.”

Optimisme Moeti sangat kontras dengan peringatan dari Direktur Jenderal WHO di Jenewa, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang telah berulang kali mengatakan bahwa pandemi belum berakhir dan terlalu dini bagi negara-negara untuk berpikir bahwa akhir bencana sudah dekat.

“Di mana pun Anda tinggal, COVID-19 belum selesai dengan kita,” kata Tedros pekan ini. Dia telah memperingatkan bahwa varian virus corona baru kemungkinan dan dapat membatalkan kemajuan yang dibuat sejauh ini, dengan mengatakan populasi di Afrika termasuk yang paling berisiko.

40 Juta Masuk Kemiskinan Ekstrem

Menurut Bank Dunia, pandemi COVID-19 diperkirakan telah mendorong hingga 40 juta orang ke dalam kemiskinan ekstrem di benua itu, dan setiap bulan penundaan pencabutan langkah-langkah penahanan diperkirakan merugikan Afrika US$ 13,8 miliar dalam kerugian produk domestik bruto, kata Moeti.

Mengkhawatirkan bahwa hanya 11 persen populasi orang dewasa Afrika yang telah divaksinasi meskipun benua tersebut menerima lebih dari 670 juta dosis vaksin, kata Moeti. Menurut angka WHO, Afrika adalah salah satu benua yang paling sedikit terkena dampak COVID-19, meskipun kasus dan kematian telah diremehkan, seperti di tempat lain.

Beberapa ahli mengaitkannya dengan demografi benua yang lebih muda dan kecenderungan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, di antara faktor-faktor lainnya.

“Sementara banyak negara (kaya) mempertimbangkan suntikan booster, 85 persen orang Afrika belum menerima satu suntikan pun,” katanya. “Untuk mencapai tingkat kekebalan yang dicapai di bagian lain dunia, penyerapan vaksin perlu dipercepat secara signifikan di seluruh kawasan, segera. Pasokan dosis (vaksin COVID-19) yang stabil mencapai pantai kami. Jadi, fokusnya harus pada menerjemahkannya ke dalam suntikan yang sebenarnya pada orang-orang.”

Dia mengatakan 54 negara Afrika harus menerapkan pelajaran selama gelombang virus sebelumnya untuk menghadapi kemungkinan gelombang atau varian di masa depan.

“Ketika kita bergerak ke fase berikutnya yang disebut fase pengendalian COVID-19, atau hidup dengan COVID-19, kapasitas negara-negara untuk mengurangi dan mengendalikan insiden infeksi akan menjadi kuncinya,” kata Moeti.

“Kemampuan untuk segera mencegah, mendiagnosis, dan mengobati kasus adalah apa yang akan mengurangi konsekuensi jangka panjang dari infeksi di masa depan,” kata Moeti.

Dia mengatakan benua itu perlu mempertahankan kemauan politik dan dukungan untuk pembuatan vaksin, obat-obatan terapeutik, dan alat diagnostik lokal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home