Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:18 WIB | Rabu, 06 Desember 2023

Akibat Panas, Umat Kristen Lebanon Khawatir Kelestarian Hutan Cedar Suci Mereka

Akibat Panas, Umat Kristen Lebanon Khawatir Kelestarian Hutan Cedar Suci Mereka
Pendeta Hani Tawk, tengah, berdoa bersama turis dari Prancis dan keluarga mereka di depan salib dengan patung Yesus di luar biara Saint Elisha di lembah Kadisha, situs suci Kristen Lebanon, di sisi utara pegunungan di Bcharre, Lebanon, Juli lalu. (Foto-foto: dok. AP/Hassan Ammar)
Akibat Panas, Umat Kristen Lebanon Khawatir Kelestarian Hutan Cedar Suci Mereka
Pekerja menyirami pohon cedar Lebanon di tanah terbuka 2.400 meter di atas permukaan laut sebagai bagian isitiatif forestasi di Bcharre, Lebanon, Agustus lalu.
Akibat Panas, Umat Kristen Lebanon Khawatir Kelestarian Hutan Cedar Suci Mereka
Pohon cedar muda yang belum lama ditanam dalam inisiatif forestasi di pegunungan di Bcharre, Lebanon.

BCHARRE-LEBANON, SATUHARAPAN.COM-Pohon-pohon cedar yang megah menjulang tinggi di atas puluhan umat Kristen Lebanon yang berkumpul di luar sebuah kapel kecil pertengahan abad ke-19 yang tersembunyi di dalam hutan pegunungan untuk merayakan Hari Raya Transfigurasi, mukjizat di mana Yesus Kristus, di puncak gunung, bersinar dengan cahaya di hadapan murid-muridnya.

Cahaya kuning matahari terbenam yang masuk melalui dahan pohon cedar menyinari pemimpin Gereja Maronit Lebanon, Patriark Beshara al-Rai, saat dia berdiri di podium kayu dan menyampaikan khotbah. Kemudian hadirin menyanyikan lagu-lagu pujian dalam bahasa Arab dan bahasa Aram.

Bagi umat Kristen di Lebanon, pohon cedar atau aras adalah pohon suci, pohon cemara yang kuat dan mampu bertahan di musim dingin bersalju yang keras di gunung tersebut. Mereka dengan bangga menunjukkan bahwa pohon aras Lebanon disebutkan sebanyak 103 kali dalam Alkitab. Pepohonan adalah simbol Lebanon, digambarkan di tengah-tengah bendera nasional.

Pohon-pohon ikonik di bagian utara negara itu jauh dari lokasi bentrokan antara militan Hizbullah dan pasukan Israel di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel dalam beberapa pekan terakhir dengan latar belakang perang Israel-Hamas. Pemerintah Lebanon mengatakan penggunaan fosfor putih dan senjata pembakar lainnya oleh Israel telah membakar puluhan ribu pohon zaitun dan tanaman lainnya di wilayah perbatasan, dan para petani Lebanon yang miskin khawatir bahwa senjata tersebut telah mencemari tanah mereka.

Ancaman pada Pohon Cedar

Namun kelangsungan hutan cedar dalam jangka panjang diragukan karena alasan lain, karena kenaikan suhu akibat perubahan iklim mengancam hilangnya keanekaragaman hayati dan merusak salah satu situs warisan paling ikonik di negara tersebut bagi umat Kristen.

Hutan Cedars of God yang subur, sekitar 2.000 meter (6.560 kaki) di atas permukaan laut dekat kota utara Bcharre, adalah bagian dari lanskap yang disayangi oleh umat Kristen. Cagar alam ini menghadap ke Lembah Kadisha, bahasa Aram yang berarti “suci”, tempat banyak umat Kristen berlindung dari penganiayaan atas sejarah Lebanon yang penuh gejolak. Salah satu koleksi biara terbesar di dunia masih tersembunyi di antara pepohonan lebat, gua, dan bebatuan di sepanjang lembah dalam sepanjang 35 kilometer (22 mil).

Badan Kebudayaan PBB, UNESCO pada tahun 1998 mendaftarkan hutan cedar dan lembah tersebut sebagai Situs Warisan Dunia. Tempat-tempat ini menjadi tujuan populer bagi para pendaki dan pecinta lingkungan hidup dari seluruh dunia. Semakin banyak pula warga Lebanon dari semua agama yang berkunjung, mencari udara segar dari kota.

“Orang-orang dari semua agama berkunjung ke sini, tidak hanya Kristen … bahkan Muslim dan ateis,” kata Hani Tawk, seorang pendeta Kristen Maronit, sambil mengajak kerumunan wisatawan berkeliling biara Saint Elisha. “Tetapi kami sebagai orang Kristen, ini mengingatkan kami pada semua orang suci yang tinggal di sini, dan kami merasakan pengalaman berada dalam dimensi sakral ini.”

Para pemerhati lingkungan dan penduduk mengatakan dampak perubahan iklim, yang diperburuk oleh kesalahan pengelolaan pemerintah, menimbulkan ancaman terhadap ekosistem lembah dan hutan cedar.

Kenekaragaman Hayati Terancam

“Tiga puluh atau 40 tahun dari sekarang, sangat mungkin untuk melihat keanekaragaman hayati Lembah Kadisha, yang merupakan salah satu yang terkaya di dunia, menjadi jauh lebih miskin,” Charbel Tawk, seorang insinyur lingkungan dan aktivis di Bcharre, yang tidak memiliki hubungan dengan Hani Tawk, mengatakan kepada AP.

Lebanon selama bertahun-tahun telah merasakan panasnya perubahan iklim, dengan para petani yang mengeluhkan kurangnya curah hujan, dan kebakaran hutan yang mendatangkan malapetaka pada hutan pinus di bagian utara negara itu, serupa dengan kebakaran yang menghanguskan hutan di negara tetangga, Suriah dan Yunani. Penduduk di sebagian besar negara, yang berjuang dengan pemadaman listrik yang merajalela, hampir tidak dapat menahan panasnya musim panas yang melonjak.

Suhu di Bcharre mencapai di atas 30 derajat Celcius (86 derajat Fahrenheit), hal ini merupakan hal yang tidak biasa terjadi di kota-kota pesisir Lebanon, namun tidak lazim di kota pegunungan di utara Lebanon.

Para biarawati di Biara Qannoubin abad pertengahan, yang bertengger di sisi bukit di Lembah Kadisha, mengipasi diri mereka sendiri dan minum air di bawah naungan halaman biara. Mereka mengenang kapan mereka bisa tidur nyenyak di malam musim panas tanpa memerlukan banyak listrik.

Sudah ada tanda-tanda dampak yang mengkhawatirkan terhadap pohon aras dan Kadisha.

Suhu yang lebih hangat telah membawa koloni kutu daun yang lebih besar yang memakan kulit pohon cedar dan meninggalkan sekresi yang dapat menyebabkan jamur, kata Charbel Tawk. Lebah biasanya mengeluarkan sekresi tersebut, namun mereka menjadi kurang aktif. Kutu daun dan hama lainnya juga bertahan lebih lama pada musimnya dan mencapai ketinggian yang lebih tinggi karena cuaca yang lebih hangat.

Hama semacam itu mengancam akan menghambat atau merusak pertumbuhan pohon cedar.

Tawk khawatir jika suhu terus berubah seperti ini, pohon aras di dataran rendah mungkin tidak dapat bertahan hidup. Kebakaran menjadi potensi bahaya yang semakin besar.

Lebanon Dalam Krisis

Pohon cedar biasanya tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut. Organisasi Tawk telah menanam sekitar 200.000 pohon aras selama bertahun-tahun di dataran tinggi dan di daerah yang tidak terdapat pohon aras. Sekitar 180.000 orang selamat.

“Apakah karena perubahan iklim atau apa pun yang terjadi di alam, pohon aras ini mampu bertahan hidup di ketinggian 2.100 hingga 2.400 meter?” Tawk bertanya sambil memeriksa rerimbunan pohon aras di puncak bukit terpencil.

Para pendeta lokal dan aktivis lingkungan mendesak pemerintah Lebanon untuk bekerja sama dengan universitas-universitas untuk melakukan studi luas mengenai perubahan suhu dan dampaknya terhadap keanekaragaman hayati.

Namun Lebanon telah berada dalam pergolakan krisis ekonomi yang melumpuhkan selama bertahun-tahun. Uang negara semakin menipis, dan banyak pakar terkemuka di negara ini dengan cepat mencari peluang kerja di luar negeri.

“Saat ini tidak ada yang disebut negara… Kementerian terkait, bahkan dengan niat terbaik sekalipun, tidak lagi memiliki kemampuan finansial,” kata Walikota Bcharre, Freddy Keyrouz. Dia mengatakan dirinya dan wali kota di kota-kota terdekat telah meminta warga untuk membantu inisiatif konservasi dan diaspora Lebanon di luar negeri untuk membantu pendanaan.

Gereja Maronit memiliki aturan ketat untuk melindungi hutan Cedars of God, termasuk melarang pembangunan. Kios, toko wisata, dan tempat parkir yang luas telah ditempatkan jauh dari hutan. “Kami tidak mengizinkan barang apa pun yang mudah terbakar dibawa ke dalam hutan suci,” kata Charbel Makhlouf, seorang pendeta di Katedral Saint Saba di Bcharre.

Friends of the Cedar Forest Committee, yang merupakan anggota Tawk, telah merawat pohon cedar selama hampir tiga dekade, dengan dukungan gereja. Mereka telah memasang sensor pada pohon cedar untuk mengukur suhu, angin, dan kelembapan, untuk memantau kondisi yang memburuk yang dapat menimbulkan risiko kebakaran hutan.

Di bawah hutan di Lembah Kadisha, Tawk menunjukkan kekhawatiran lain. Secara khusus, penyebaran pohon cemara mengancam akan menyingkirkan spesies lain, “merusak keseimbangan yang kita miliki di lembah ini,” katanya.

“Kami telah melihat mereka tumbuh dan tumbuh lebih tinggi dibandingkan spesies lain, baik karena menyerap sinar matahari, angin, atau memperluas akarnya,” katanya. “Ini akan berdampak pada tanaman lain, burung, serangga, dan semua spesies reptil di bawah sana.”

Langkah-langkah untuk melindungi lembah tersebut sebenarnya telah merugikan keanekaragaman hayati dengan menghilangkan praktik-praktik manusia yang selama ini bermanfaat, kata Tawk.

Di masa lalu, para penggembala yang menggembalakan kambing dan ternak lainnya di lembah membantu mencegah penyebaran spesies invasif. Penggembalaan mereka juga mengurangi bahaya kebakaran, begitu pula keluarga setempat yang mengumpulkan kayu mati untuk dibakar di musim dingin.

Namun penduduk meninggalkan lembah tersebut ketika lembah tersebut menjadi situs warisan dan pemerintah Lebanon menerapkan peraturan yang ketat. Saat ini hanya sedikit orang yang tinggal di sana selain segelintir pendeta dan biarawati.

“Pohon telah menggantikan tempat orang tinggal dan bertani,” kata Tawk. “Sekarang api bisa berpindah dari satu ujung lembah ke ujung lainnya.”

Duduk di sebuah gua dekat Biara Qannoubine, Pendeta Hani Tawk mendengarkan berbagai kicauan burung di lembah. Ia mengaku percaya dengan keyakinan dan kesadaran masyarakat terhadap alam yang sudah tertanam sejak nenek moyang mereka mengungsi di sini.

“Jika Anda melanggar pohon itu, Anda mengganggu sejarah panjang, dan mungkin masa depan anak-anak Anda,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home