Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Sabtu, 15 Juli 2023

Aktivis HAM Sebut RSF Sudan Tahan 5.000 Orang Dalam Kondisi Tidak Manusiawi

Pemandangan udara menampilkan asap hitam dan api di sebuah pasar di Omdurman, Khartoum Utara, Sudan, 17 Mei 2023 dalam screengrab ini diperoleh dari video selebaran. (Foto: dok. Reuters)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Organisasi hak asasi manusia Sudan memiliki bukti bahwa Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter Sudan telah menahan lebih dari 5.000 orang di ibu kota negara itu dan menahan mereka dalam kondisi yang tidak manusiawi, kata kelompok itu kepada Reuters, hari Jumat (14/7).

RSF berperang melawan tentara Sudan selama tiga bulan, setelah mendominasi ibu kota Sudan di lapangan. Warga menuduh pasukan menjarah dan menduduki rumah.

Ketika dimintai komentar, RSF mengatakan laporan itu tidak benar, dan hanya menahan tawanan perang yang diperlakukan dengan baik.

“Organisasi-organisasi ini mengabaikan pelanggaran oleh militer (Sudan) terhadap warga sipil termasuk serangan udara dan artileri, penahanan, dan mempersenjatai warga sipil,” kata seorang perwakilan pasukan.

Di antara mereka yang ditahan di beberapa lokasi di Khartoum adalah para pejuang, tetapi juga 3.500 warga sipil termasuk perempuan rentan dan warga negara asing, kata organisasi tersebut, yang meminta agar nama mereka dirahasiakan karena takut akan pembalasan.

Kelompok itu mengatakan mereka akan menyerahkan kepada PBB dokumentasi kasus kematian akibat penyiksaan, serta “kondisi penahanan yang merendahkan dan tidak manusiawi tanpa martabat manusia dan kebutuhan hidup yang paling mendasar.”

Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan pada hari Kamis (13/7) setidaknya 87 orang telah dimakamkan di sebuah kuburan massal di kota El Geneina, Darfur, menuduh RSF dan milisi sekutu melakukan pembunuhan, yang dibantah oleh pasukan paramiliter.

Pada Kamis malam, Pengadilan Kriminal Internasional mengatakan akan menyelidiki pembunuhan di seluruh wilayah tersebut. RSF tidak menanggapi permintaan komentar atas penyelidikan tersebut.

Internet Mati

Ibu kota Sudan yang dilanda perang mengalami pemadaman komunikasi selama beberapa jam pada hari Jumat (14/7), kata penduduk, ketika tentara dan pasukan paramiliter melancarkan pertempuran sengit di Khartoum.

Koneksi internet dan ponsel yang vital, yang sangat penting untuk mendapatkan informasi dan pasokan selama hampir tiga bulan perang, tidak berfungsi karena "bentrokan kekerasan" berkecamuk di beberapa bagian kota.

Sumber malfungsi belum jelas, dan beberapa jaringan seluler dipulihkan pada pukul 11:00 (09:00 GMT), menurut penduduk.

Jutaan orang tetap terjebak di rumah karena takut terjebak dalam baku tembak perang kota yang brutal di lingkungan padat penduduk Khartoum atau diserang di jalanan.

Mereka sering mengandalkan internet untuk mencari kebutuhan dasar, menyiapkan inisiatif crowdsourcing untuk rute pelarian, makanan dan obat-obatan.

Pertempuran itu telah menewaskan sedikitnya 3.000 orang di seluruh Sudan, menurut Proyek Lokasi Konflik Bersenjata dan Data Peristiwa, dengan pertempuran terburuk terjadi di Khartoum dan wilayah barat Darfur. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home