Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:27 WIB | Minggu, 16 Oktober 2022

Aktivis Lingkungan Protes dengan Menyiram Sup pada Lukisan van Gogh

Foto dari Just Stop Oil dari dua pengunjuk rasa yang melemparkan sup kalengan ke “Bunga Matahari” mahakarya pelukis Vincent Van Gogh tahun 1888 yang terkenal di Galeri Nasional di London, Jumat 14 Oktober 2022. Kelompok Just Stop Oil, yang ingin pemerintah Inggris menghentikan proyek minyak dan gas baru, kata aktivis membuang dua kaleng sup tomat Heinz di atas lukisan cat minyak pada hari Jumat. Polisi Metropolitan London mengatakan petugas menangkap dua orang atas dugaan kerusakan kriminal dan pelanggaran berat. (Foto: Just Stop Oil via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Dua pengunjuk rasa dan aktivis lingkungan muncul di pengadilan Inggris hari Sabtu (15/10) setelah melemparkan sup tomat ke salah satu lukisan "Bunga Matahari" karya Vincent van Gogh di Galeri Nasional London.

Menyusul "aksi langsung" terbaru yang menargetkan karya seni, Anna Holland, 20 tahun, dan Phoebe Plummer, 21 tahun, keduanya mengaku tidak bersalah atas kerusakan dan kriminal.

Lukisan itu sendiri dilindungi oleh layar tetapi kerusakan terjadi pada bingkai, menurut galeri di Trafalgar Square.

Hakim distrik, Tan Irkam, membebaskan kedua perempuan itu dengan jaminan, sambil menunggu persidangan pada 13 Desember di London.

Holland dan Plummer, aktivis iklim dengan kelompok “Just Stop Oil”, juga menempelkan diri ke dinding galeri selama protes hari Jumat (14/10).

Protes Just Stop Oil lainnya pada hari Jumat menargetkan markas New Scotland Yard dari Polisi Metropolitan London, yang menangkap 28 demonstran.

Lora Johnson, 38 tahun, mengaku tidak bersalah atas kerusakan kriminal di pengadilan London yang sama pada hari Sabtu setelah diduga menyemprotkan cat oranye pada papan nama New Scotland Yard, ketika orang lain memblokir jalan di luar. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home