Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 01:56 WIB | Minggu, 18 Desember 2022

Akuarium Raksasa di Sebuah Hotel di Berlin, Jerman Meledak

Akuarium Raksasa di Sebuah Hotel di Berlin, Jerman Meledak
Puing berserakan di jalan setelah tangki ikan besar meledak di Seal Life Aquarium di pusat Berlin, Jerman, Jumat, 16 Desember 2022. (Foto: Christoph Soeder/dpa via AP)
Akuarium Raksasa di Sebuah Hotel di Berlin, Jerman Meledak
Akuarium AquaDom di objek wisata Sea Life difoto di Berlin, Rabu, 1 Juni 2022. Akuarium tersebut meledak pada Jumat, 16 Desember 2022. Operator mengatakan akuarium tersebut memiliki tangki silinder terbesar di dunia. Isinya 1.500 ikan tropis sebelum kejadian. (Foto: dok. Annette Riedl/dpa via AP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Akuarium besar di Berlin pecah, menumpahkan puing-puing, air, dan ratusan ikan tropis keluar dari objek wisata AquaDom di jantung ibu kota Jerman, hari Jumat (16/12) pagi.

Polisi mengatakan bagian bangunan, yang juga berisi hotel, kafe, dan toko cokelat, rusak saat satu juta liter (264.000 galon) air dituangkan dari akuarium sesaat sebelum pukul 06:00 waktu setempat. Dinas pemadam kebakaran Berlin mengatakan dua orang luka ringan.

Wali kota Franziska Giffey mengatakan insiden itu telah melepaskan "tsunami yang sesungguhnya" tetapi waktu dini hari telah mencegah lebih banyak cedera.

“Terlepas dari semua kehancuran, kami masih sangat beruntung,” katanya. "Kami akan mengalami kerusakan manusia yang parah" seandainya akuarium meledak bahkan satu jam kemudian, sekali lagi orang-orang bangun dan berada di hotel dan daerah sekitarnya, katanya.

AquaDom setinggi 25 meter (82 kaki) digambarkan sebagai tangki silinder terbesar di dunia dan menampung lebih dari seribu ikan tropis sebelum kejadian. Di antara 80 jenis ikan yang ditampungnya adalah blue tang dan clownfish, dua spesies berwarna-warni yang dikenal dari film animasi populer “Finding Nemo”.

“Sayangnya, tidak satu pun dari 1.500 ikan itu yang bisa diselamatkan,” kata Giffey.

Upaya sedang dilakukan pada Jumat sore untuk menyelamatkan 400 hingga 500 ikan kecil tambahan yang ditempatkan di akuarium di bawah lobi hotel. Tanpa listrik, tangki mereka tidak menerima oksigen yang diperlukan untuk bertahan hidup, kata para pejabat.

“Sekarang tentang mengevakuasi mereka dengan cepat,” Almut Neumann, seorang pejabat kota yang bertanggung jawab atas masalah lingkungan untuk distrik Mitte Berlin, mengatakan kepada kantor berita Jerman dpa.

Berbagai organisasi, termasuk Kebun Binatang Berlin, menawarkan untuk mengambil ikan yang masih hidup.

Operator akuarium Sea Life mengaku sedih dengan kejadian tersebut dan berusaha mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kejadian tersebut dari pemilik AquaDom.

Akuarium Sea Life terletak di gedung yang sama dan pengunjung dapat mengunjunginya dan AquaDom dengan satu tiket.

Ada spekulasi suhu beku yang turun hingga minus 10 derajat Celcius (14 derajat Fahrenheit) dalam semalam menyebabkan retakan pada tangki kaca akrilik, yang kemudian meledak karena berat air. Polisi mengatakan tidak ada bukti bahwa insiden itu diakibatkan oleh serangan.

Sekitar 300 tamu dan karyawan harus dievakuasi dari hotel di sekitar akuarium, kata polisi.

Sandra Weeser, seorang anggota parlemen Jerman yang menginap di hotel tersebut, mengatakan dia terbangun oleh ledakan besar dan mengira mungkin ada gempa bumi. “Ada pecahan (kaca) di mana-mana. Perabotan, semuanya terendam air,” katanya. "Ini terlihat seperti zona perang."

Polisi mengatakan toko cokelat Lindt dan beberapa restoran di kompleks gedung yang sama, serta garasi parkir bawah tanah di sebelah hotel, mengalami kerusakan akibat insiden tersebut. Seorang juru bicara dinas pemadam kebakaran mengatakan para ahli keamanan gedung sedang menilai sejauh mana hotel mengalami kerusakan struktural.

Beberapa jam setelah kejadian, truk mulai membersihkan puing-puing yang tumpah ke jalan di depan hotel. Bungkus cokelat Lindt berwarna cerah berserakan di depan gedung tempat toko cokelat itu rusak. Sekelompok kecil turis dan penonton mengambil foto dari belakang garis polisi di seberang jalan.

Akuarium yang terakhir dimodernisasi pada tahun 2020 ini merupakan magnet wisata utama di Berlin. Perjalanan lift 10 menit melalui tangki tropis adalah salah satu daya tarik utama.

Iva Yudinski, turis asal Israel yang pernah menginap di hotel tersebut mengaku kaget dengan kejadian tersebut. “Baru kemarin kami menontonnya dan kami sangat takjub (oleh) keindahannya,” katanya. “Tiba-tiba semuanya hilang. Semuanya berantakan, benar-benar berantakan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home