Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:29 WIB | Jumat, 03 Juni 2022

Alasan Turki Ubah Nama Dalam Bahasa Inggris dari Turkey Menjadi Türkiye

Presiden Türkiye (bukan Turkey), Recep Tayyip Erdogan. (Foto: dok. AFP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, telah mengirim surat ke PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) secara resmi meminta agar negaranya disebut sebagai “Türkiye,” kata kantor berita pemerintah melaporkan.

Langkah ini dipandang sebagai bagian dari dorongan oleh Ankara untuk mengubah citra negara dan memisahkan namanya dari burung, kalkun (turkey), dan beberapa konotasi negatif yang terkait dengannya.

Anadolu Agency mengatakan Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengkonfirmasi penerimaan surat itu pada Rabu (1/6) malam. Agensi tersebut mengutip Dujarric yang mengatakan bahwa perubahan nama itu berlaku efektif "sejak" surat itu diterima.

Pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mendesak agar nama Turki yang diakui secara internasional diubah menjadi “Türkiye” (tur-key-YAY) seperti yang dieja dan diucapkan dalam bahasa Turki. Negara ini menyebut dirinya "Türkiye" pada tahun 1923 setelah deklarasi kemerdekaannya.

Pada bulan Desember, Erdogan memerintahkan penggunaan "Türkiye" untuk lebih mewakili budaya dan nilai-nilai Turki, termasuk menuntut agar "Made in Türkiye" digunakan sebagai ganti "Made in Turkey" pada produk yang diekspor. Kementerian Turki mulai menggunakan "Türkiye" dalam dokumen resmi.

Awal tahun ini, pemerintah juga merilis video promosi sebagai bagian dari upaya untuk mengubah namanya dalam bahasa Inggris. Video tersebut menunjukkan turis dari seluruh dunia mengatakan "Halo Türkiye" di tujuan terkenal.

Direktorat Komunikasi kepresidenan Turki mengatakan pihaknya meluncurkan kampanye "untuk mempromosikan penggunaan 'Türkiye' secara lebih efektif sebagai nama nasional dan internasional negara di platform internasional."

Tidak jelas apakah nama itu, dengan huruf yang tidak ada dalam alfabet Inggris, akan populer di luar negeri. Pada tahun 2016, Republik Ceko secara resmi mendaftarkan nama pendeknya, Czechia, dan sementara beberapa lembaga internasional menggunakannya, banyak yang masih merujuk ke negara itu dengan nama panjangnya.

Penyiar negara berbahasa Inggris Turki TRT World telah beralih menggunakan "Türkiye" meskipun kata "Turki" diselipkan oleh para jurnalis yang masih mencoba membiasakan diri dengan perubahan itu.

TRT World menjelaskan keputusan itu dalam sebuah artikel awal tahun ini, dengan mengatakan Googling “Turkey” memunculkan “sekumpulan gambar, artikel, dan definisi kamus yang kacau yang menyatukan negara dengan Meleagris, atau dikenal sebagai kalkun, burung besar asli Amerika Utara,  yang terkenal disajikan pada menu Natal atau makan malam Thanksgiving.”

Jaringan itu melanjutkan: “Membalik-balik Kamus Cambridge dan” turkey (kalkun) didefinisikan sebagai “sesuatu yang gagal dengan buruk” atau “orang yang bodoh atau konyol.”

TRT World berpendapat bahwa orang Turki lebih suka negara mereka disebut "Türkiye", dalam "sesuai dengan tujuan negara untuk menentukan bagaimana orang lain harus mengidentifikasinya." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home