Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:48 WIB | Jumat, 05 Februari 2021

Alwi Shihab Memenangkan “Penghargaan Imam Mohamed Abdo” di Mesir

Prof. Dr. Alwi Shihab. (Foto: dok. Ist.)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Pusat Studi Strategis Kairo (CCSS) mengumumkan bahwa Profesor Dr. Alwi Shihab, utusan khusus Presiden Indonesia dan mantan menteri luar negeri, memenangkan Penghargaan Internasional Imam Mohamed Abdo pertama tahun 2020.

CCSS menyatakan pada hari Rabu (3/2) bahwa "Penghargaan tersebut menyandang nama salah satu tokoh pemikiran Islam terkemuka dunia di zaman modern, yaitu Mufti Mesir, Imam Mohamed Abdo.

"Imam Mohamed Abdo adalah pelopor pembaharuan Islam pertama, dan karyanya berkontribusi pada proses reformasi agama di seluruh dunia Islam dari Jakarta hingga Dakar. Ini juga memberikan dasar hukum dan mental dari pendekatan moderat, sebagai kerangka kerja untuk ide dan gerakan di negara-negara Islam."

Kepala CCSS, Ahmed El-Meslmany, mengatakan, "Profesor Shihab adalah seorang pemikir dan politisi Asia terkemuka. Dia terus-menerus bekerja dalam konfrontasi komprehensif terorisme dan ekstremisme agama."

Shihab adalah seorang pemikir dan politikus Indonesia, dengan kontribusi luar biasa di bidang pemikiran Islam, dan dia dipengaruhi oleh Islam moderat Al-Azhar. Shihab adalah lulusan Universitas Al-Azhar dan telah memperoleh lebih dari satu gelar master dan doktor dari berbagai universitas. Dia bekerja sebagai profesor tamu di Universitas Harvard.

Pada tahun 1994 menjadi menteri dalam pemerintahan Indonesia, dan pada tahun 1999 Shihab menjadi menteri luar negeri. Pada tahun 2015, ia mengunjungi Mesir dan bertemu dengan Presiden Abdel-Fattah El-Sisi sebagai utusan khusus Presiden Republik Indonesia, di mana ia memuji upaya Kairo untuk memperbarui wacana agama, menekankan bahwa Al-Azhar adalah simbol Islam moderat di Dunia.

Satu Harapan mencatat bahwa Alwi Shihab juga merupakan senior fellow pada Institut Leimena di Jakarta, dan terlibat sebagai pembicara dalam seri dialog dengan tema “Membangun Saling Memahami Antara Umat Muslim, Kristen, dan Yahudi sebagai keluarga Abrahamik” yang diselenggarakan Kementerian Agama dan Institut Leimena.

Shihab dijadwalkan untuk memberikan ceramah di CCSS di Garden City, Kairo, pada kunjungan pertamanya ke Mesir. El-Meslmany akan menyerahkan piagam penghargaan kepada Duta Besar RI di Kairo.

CCSS adalah lembaga pemikir Mesir yang peduli dengan Timur Tengah dan urusan dunia. (Al Ahram)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home