Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 17:04 WIB | Selasa, 06 Desember 2022

Amnesty Internasional Kanada Jadi Target Peretasan Disponsori Negara China

Ketty Nivyabandi, Sekretaris Jenderal Amnesty International Kanada, berbicara dalam konferensi pers di Parliament Hill di Ottawa, Ontario, Rabu, 28 September 2022. Pada Senin, 5 Desember 2022, Amnesty International cabang Kanada menyatakan target serangan siber yang disponsori oleh China. Nivyabandi mengatakan pencarian dalam sistem mereka secara khusus dan semata-mata terkait dengan China dan Hong Kong, serta beberapa aktivis China terkemuka. Peretasan membuat organisasi offline selama hampir tiga minggu. (Sean Kilpatrick/Pers Kanada via AP)

TORONTO, SATUHARAPAN.COM-Amnesty International cabang Kanada mengatakan hari Senin (6/12) bahwa lembaga itu menjadi target serangan siber yang disponsori oleh China.

Organisasi hak asasi manusia itu mengatakan pertama kali mendeteksi pelanggaran tersebut pada 5 Oktober dan menyewa penyelidik forensik dan pakar keamanan dunia maya untuk menyelidikinya.

Ketty Nivyabandi, Sekretaris Jenderal Amnesty International Kanada, mengatakan pencarian dalam sistem mereka secara khusus dan semata-mata terkait dengan China dan Hong Kong, serta beberapa aktivis China terkemuka. Peretasan membuat organisasi offline selama hampir tiga pekan.

Perusahaan keamanan siber Amerika Serikat, Secureworks, mengatakan tidak ada upaya untuk memonetisasi akses tersebut, dan "kelompok ancaman yang disponsori atau ditugaskan oleh negara China" kemungkinan berada di balik serangan tersebut karena sifat pencarian, tingkat kecanggihan, dan penggunaan alat khusus yang khas dari aktor yang disponsori China.

Nivyabandi mendorong para aktivis dan jurnalis untuk memperbarui protokol keamanan siber mereka.

“Sebagai organisasi yang mengadvokasi hak asasi manusia secara global, kami sangat sadar bahwa kami mungkin menjadi sasaran upaya yang disponsori negara untuk mengganggu atau mengawasi pekerjaan kami. Ini tidak akan mengintimidasi kami dan keamanan serta privasi para aktivis, staf, donor, dan pemangku kepentingan kami tetap menjadi prioritas utama kami,” kata Nivyabandi.

Amnesti adalah salah satu organisasi yang mendukung aktivis hak asasi manusia dan jurnalis yang diincar oleh aktor negara untuk pengawasan. Itu termasuk mengonfirmasi kasus ponsel aktivis dan jurnalis terinfeksi spyware Pegasus, yang mengubah perangkat menjadi alat pendengar waktu nyata selain menyalin konten mereka.

Pada bulan Agustus, perusahaan keamanan siber Recorded Future mendaftarkan Amnesty dan Federasi Internasional untuk Hak Asasi Manusia di antara organisasi yang menjadi target peretas China melalui skema pencurian kata sandi yang dirancang untuk mendapatkan kredensial.

Disebutkan bahwa hal itu sangat memprihatinkan mengingat negara China “dilaporkan dalam pelanggaran hak asasi manusia sehubungan dengan Uyghur, Tibet, dan kelompok minoritas etnis dan agama lainnya.”

Amnesti telah membunyikan alarm tentang sistem kamp interniran di China yang menyapu satu juta atau lebih warga Uyghur dan etnis minoritas lainnya, menurut perkiraan para ahli. China, yang menggambarkan kamp-kamp tersebut sebagai pusat pelatihan dan pendidikan kejuruan untuk memerangi ekstremisme, mengatakan bahwa kamp-kamp tersebut telah ditutup. Pemerintah tidak pernah secara terbuka mengatakan berapa banyak orang yang ada di sana.

Kedutaan Besar China di Ottawa tidak segera menanggapi pesan yang meminta komentar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home