Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:08 WIB | Sabtu, 23 April 2022

Anak-anak Ukraina Melukis Telur Paskah

Seorang gadis melihat telur Paskah yang dilukis dengan gaya tradisional di Kiev tengah, Jumat, 22 April 2022. (Foto-foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Anak-anak di Kiev, Ukraina, termasuk pengungsi dari bagian lain negara itu, menghias telur Paskah, acara tradisional Ukraina pada hari Jumat (22/4), tetapi tahun ini mereka mengambil nada yang lebih patriotik.

“Banyak orang sedikit menyimpang dari tradisi, tidak menggambar gambar biasa seperti bintang, bunga,” kata Mariya Poshyvailo, yang bekerja di Museum Pusat Kebudayaan Rakyat Nasional Ivan Honchar.

Sebaliknya, mereka ingin menggambar sesuatu yang kekinian, seperti simbol trisula Ukraina, atau menulis slogan-slogan seperti 'Glory to Ukraine', 'Glory to the Heroes'. Apa yang dekat dengan mereka.”

Bohdana yang berusia sembilan tahun dievakuasi dari wilayah Chernihiv, Ukraina utara, yang menderita akibat aktivitas militer Rusia yang berat.

Menjelang Paskah Ortodoks pada 24 April, dia mengecat telurnya dengan warna oranye dan emas. "Ini adalah kelanjutan hidup... kebahagiaan," katanya.

Telur 'pysanky', dihiasi dengan lilin lebah dan pewarna, akan dibawa ke alun-alun Maidan di Kiev pada peringatan untuk "Seratus Surgawi," sebuah referensi ke lebih dari 100 pengunjuk rasa yang ditembak mati dalam pemberontakan Maidan yang menggulingkan Presiden Viktor Yanukovich pada tahun 2014.

“Ini, pertama, simbol kehidupan,” kata Tetyana Poshyvaylo, wakil kepala Museum Ivan Honchar. “Saya memegang inti dari ini: kelahiran kehidupan. Dan itu selalu menguatkan kami.”

Kepala gereja Ortodoks Ukraina meminta para pendeta dan umat pekan ini untuk tidak menghadiri kebaktian Paskah malam hari di daerah-daerah negara yang terkena dampak pertempuran, karena khawatir pemboman Rusia akan berlanjut selama periode Paskah Ortodoks. (Reuters)

  

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home