Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:34 WIB | Minggu, 11 Juni 2023

Apa Yang Terjadi Setelah Eksperimen Ibadah Gereja Gunakan Kecerdasan Buatan

Apa Yang Terjadi Setelah Eksperimen Ibadah Gereja Gunakan Kecerdasan Buatan
Orang-orang mengantri untuk kebaktian gereja di Nuremberg, Jerman, hari Jumat, 9 Juni 2023. Ratusan umat Protestan Jerman menghadiri kebaktian gereja di Bavaria yang hampir seluruhnya dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI). Layanan ini dibuat oleh ChatGPT dan Jonas Simmerlein, seorang teolog dan filsuf dari University of Vienna, Austria. Chatbot ChatGPT, yang dipersonifikasikan oleh berbagai avatar pada layar besar di atas altar, memimpin lebih dari 300 orang melalui doa, musik, khotbah, dan pemberkatan selama 40 menit. (Foto-foto: AP/Matthias Schrader)
Apa Yang Terjadi Setelah Eksperimen Ibadah Gereja Gunakan Kecerdasan Buatan
Orang-orang menghadiri kebaktian gereja di Nuremberg, Jerman, Jumat, 9 Juni 2023.
Apa Yang Terjadi Setelah Eksperimen Ibadah Gereja Gunakan Kecerdasan Buatan
Jonas Simmerlein, teolog dan filsuf dari University of Vienna di Austria, memberi isyarat saat wawancara dengan The Associated Press di Nuremberg, Jerman, Jumat, 9 Juni 2023.

FUERTH-JERMAN, SATUHARAPAN.COM-Chatbot kecerdasan buatan meminta orang-orang percaya di gereja St. Paul yang penuh sesak di kota Fuerth, Bavaria, Jerman, untuk bangkit dari bangku gereja dan memuji Tuhan.

Chatbot ChatGPT, yang dipersonifikasikan oleh avatar pria kulit hitam berjanggut di layar besar di atas altar, kemudian dia mulai berkhotbah kepada lebih dari 300 orang yang hadir pada hari Jumat pagi untuk kebaktian gereja Lutheran eksperimental yang hampir seluruhnya dihasilkan oleh AI (kecerdasan buatan).

“Teman-teman terkasih, suatu kehormatan bagi saya untuk berdiri di sini dan berkhotbah kepada Anda sebagai kecerdasan buatan pertama pada konvensi Protestan di Jerman tahun ini,” kata avatar itu dengan wajah tanpa ekspresi dan suara monoton.

Layanan selama 40 menit, termasuk khotbah, doa, dan music, diciptakan oleh ChatGPT dan Jonas Simmerlein, seorang teolog dan filsuf dari Universitas Wina, Austria.

“Saya menyusun layanan ini, tetapi sebenarnya saya lebih suka menemaninya, karena menurut saya sekitar 98% berasal dari mesin,” kata sarjana berusia 29 tahun itu kepada The Associated Press.

Kebaktian gereja AI adalah salah satu dari ratusan acara di konvensi Protestan di kota-kota Bavaria di Nuremberg dan Fuerth yang berdekatan, dan itu menarik minat yang sangat besar sehingga orang-orang membentuk antrean panjang di luar gedung neo Gotik abad ke-19 satu jam sebelum dimulai.

Acara Dua Tahunan

Konvensi itu sendiri, Deutscher Evangelischer Kirchentag dalam bahasa Jerman, berlangsung setiap dua tahun di musim panas di tempat yang berbeda di Jerman dan menarik puluhan ribu orang percaya untuk berdoa, bernyanyi, dan mendiskusikan iman mereka. Mereka juga berbicara tentang urusan dunia saat ini dan mencari solusi untuk masalah utama, yang tahun ini termasuk pemanasan global, perang di Ukraina, dan kecerdasan buatan.

Pertemuan tahun ini berlangsung dari hari Rabu (7/6) hingga Minggu (11/6) dengan moto “Sekarang adalah waktunya”. Slogan itu adalah salah satu kalimat Simmerlein memberi umpan ChatGPT ketika dia meminta chatbot untuk mengembangkan khotbah.

"Saya memberi tahu kecerdasan buatan 'Kami berada di kongres gereja, Anda adalah seorang pengkhotbah ... seperti apa kebaktian gereja itu?'" Kata Simmerlein. Dia juga meminta mazmur untuk dimasukkan, serta doa dan berkat di akhir.

“Anda berakhir dengan kebaktian gereja yang cukup solid,” kata Simmerlein, terdengar hampir terkejut dengan keberhasilan eksperimennya.

Memang, orang-orang percaya di gereja mendengarkan dengan penuh perhatian ketika kecerdasan buatan berkhotbah tentang meninggalkan masa lalu, berfokus pada tantangan masa kini, mengatasi rasa takut akan kematian, dan tidak pernah kehilangan kepercayaan kepada Yesus Kristus.

Seluruh kebaktian "dipimpin" oleh empat avatar berbeda di layar, dua perempuan muda, dan dua pria muda.

Kadang-kadang, avatar yang dibuat oleh AI secara tidak sengaja menimbulkan tawa seperti ketika menggunakan kata-kata hampa dan memberi tahu para pengunjung gereja dengan ekspresi datar bahwa untuk “menjaga iman kita, kita harus berdoa dan pergi ke gereja secara teratur.”

Beberapa orang dengan antusias merekam acara tersebut dengan ponsel mereka, sementara yang lain melihat dengan lebih kritis dan menolak untuk berbicara dengan lantang selama Doa Bapa Kami.

Tidak Ada Hati dan Jiwa

Heiderose Schmidt, 54 tahun yang bekerja di bidang TI, mengatakan dia bersemangat dan ingin tahu ketika layanan dimulai tetapi semakin lama semakin tidak menyenangkan.

“Tidak ada hati dan jiwa,” katanya. "Avatar tidak menunjukkan emosi sama sekali, tidak memiliki bahasa tubuh dan berbicara sangat cepat dan monoton sehingga sangat sulit bagi saya untuk berkonsentrasi pada apa yang mereka katakan."

“Tapi mungkin berbeda dengan generasi muda yang tumbuh dengan semua ini,” tambah Schmidt.

Marc Jansen, seorang pendeta Lutheran berusia 31 tahun dari Troisdorf dekat kota Cologne di Jerman barat, membawa sekelompok remaja dari jemaatnya ke St. Dia lebih terkesan dengan eksperimen itu.

“Saya sebenarnya membayangkan itu menjadi lebih buruk. Tapi saya benar-benar terkejut seberapa baik itu bekerja. Juga bahasa AI bekerja dengan baik, meski terkadang masih sedikit bergelombang,” kata Jansen.

Namun, apa yang dilewatkan oleh pendeta muda itu adalah segala jenis emosi atau spiritualitas, yang menurutnya sangat penting ketika dia menulis khotbahnya sendiri.

Anna Puzio, 28 tahun, seorang peneliti etika teknologi dari University of Twente di Belanda, juga hadir dalam kebaktian tersebut. Dia berkata bahwa dia melihat banyak peluang dalam penggunaan AI dalam agama, seperti membuat layanan keagamaan lebih mudah tersedia dan inklusif bagi umat beriman yang karena berbagai alasan mungkin tidak dapat mengalami keimanan mereka secara langsung dengan orang lain di rumah ibadah.

Namun, dia mencatat ada juga bahaya terkait penggunaan AI dalam agama. “Tantangan yang saya lihat adalah AI sangat mirip manusia dan mudah ditipu olehnya,” katanya.

“Juga, kami tidak hanya punya satu pendapat Kristen, dan itulah yang harus diwakili AI juga,” katanya. “Kita harus berhati-hati agar tidak disalahgunakan untuk tujuan seperti menyebarkan hanya satu pendapat.”

Simmerlein mengatakan bukan niatnya untuk mengganti pemimpin agama dengan kecerdasan buatan. Sebaliknya, dia melihat penggunaan AI sebagai cara untuk membantu mereka dalam pekerjaan sehari-hari di jemaat mereka.

Beberapa pendeta mencari inspirasi dalam literatur, katanya, jadi mengapa tidak meminta AI untuk ide tentang khotbah yang akan datang. Yang lain ingin memiliki lebih banyak waktu untuk bimbingan spiritual individu umat paroki mereka, jadi mengapa tidak mempercepat proses penulisan khotbah dengan bantuan chatbot untuk meluangkan waktu untuk tugas-tugas penting lainnya.

“Kecerdasan buatan akan semakin mengambil alih hidup kita, dalam segala aspeknya,” kata Simmerlein. “Dan itulah mengapa berguna untuk belajar menghadapinya.”

Namun, kebaktian gereja eksperimental juga menunjukkan batasan penerapan AI buatan di gereja, atau di agama. Tidak ada interaksi nyata antara orang percaya dan chatbot, yang tidak dapat menanggapi tawa atau reaksi lain apa pun dari para pengunjung gereja seperti yang dapat dilakukan oleh pendeta manusia.

“Pendeta ada di dalam jemaat, dia tinggal bersama mereka, dia menguburkan umat, dia mengenal mereka sejak awal,” kata Simmerlein. “Kecerdasan buatan tidak bisa melakukan itu. Ia tidak mengenal jemaah.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home