Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 10:07 WIB | Senin, 17 April 2023

Gereja: Pemerintah Sayap Kanan Israel Perburuk Kehidupan Umat Kristen

Gereja: Pemerintah Sayap Kanan Israel Perburuk Kehidupan Umat Kristen
Patung Yesus yang rusak di Gereja Pencambukan di Kota Tua Yerusalem, Kamis, 2 Februari 2023. Polisi Israel pada hari Kamis menangkap seorang turis Amerika setelah dia diduga menarik dan menghancurkan patung Yesus di sebuah gereja di Kota Tua Yerusalem. Kota, yang dikutuk orang Kristen sebagai serangan terhadap iman mereka. Kepala Gereja Katolik Roma di Tanah Suci telah memperingatkan dalam sebuah wawancara bahwa kebangkitan pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memperburuk kehidupan orang Kristen di tempat kelahiran agama Kristen. (Foto: dok. AP/Mahmoud Illean)
Gereja: Pemerintah Sayap Kanan Israel Perburuk Kehidupan Umat Kristen
Hosam Naoum, seorang uskup Anglikan Palestina, menyentuh kuburan yang rusak di mana pengacau menodai lebih dari 30 kuburan di Pemakaman Protestan bersejarah di Gunung Zion Yerusalem di Yerusalem, Rabu, 4 Januari 2023. Kementerian luar negeri Israel menyebut serangan itu sebagai "tindakan tidak bermoral" dan "penghinaan terhadap agama". Petugas polisi dikirim untuk menyelidiki pencemaran nama baik tersebut. (Foto: dok. AP/ Mahmoud Illean)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Kepala Gereja Katolik Roma di Tanah Suci memperingatkan dalam sebuah wawancara bahwa kebangkitan pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memperburuk kehidupan umat Kristen di tempat kelahiran agama Kristen.

Patriark Latin berpengaruh yang ditunjuk Vatikan, Pierbattista Pizzaballa, mengatakan kepada The Associated Press bahwa komunitas Kristen berusia 2.000 tahun di kawasan itu telah mendapat serangan yang meningkat, dengan pemerintah paling kanan dalam sejarah Israel memberanikan para ekstremis yang telah melecehkan pendeta dan merusak properti agama dengan kecepatan yang lebih cepat.

Meningkatnya insiden anti-Kristen terjadi ketika gerakan pemukim Israel, yang digalakkan oleh sekutunya dalam pemerintahan, tampaknya memanfaatkan momen untuk memperluas usahanya di ibu kota yang diperebutkan.

“Frekuensi serangan ini, agresi, telah menjadi sesuatu yang baru,” kata Pizzaballa selama Minggu Paskah dari kantornya, terselip di lorong-lorong batu kapur di Christian Quarter Kota Tua. “Orang-orang ini merasa dilindungi … bahwa suasana budaya dan politik sekarang dapat membenarkan, atau mentolerir, tindakan terhadap orang Kristen.”

Kekhawatiran Pizzaballa tampaknya melemahkan komitmen Israel terhadap kebebasan beribadah, yang diabadikan dalam deklarasi yang menandai pendiriannya 75 tahun lalu. Pemerintah Israel menekankan pihaknya memprioritaskan kebebasan beragama dan hubungan dengan gereja-gereja, yang memiliki hubungan kuat dengan luar negeri.

“Komitmen Israel terhadap kebebasan beragama penting bagi kami selamanya,” kata Tania Berg-Rafaeli, direktur departemen agama dunia di Kementerian Luar Negeri Israel. “Ini berlaku untuk semua agama dan semua minoritas yang memiliki akses gratis ke tempat-tempat suci.”

Tetapi orang Kristen mengatakan mereka merasa pihak berwenang tidak melindungi situs mereka dari serangan yang ditargetkan. Ketegangan meningkat setelah serangan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa memicu kemarahan di kalangan umat Islam, dan konfrontasi regional pekan lalu.

Bagi orang Kristen, Yerusalem adalah tempat Yesus disalibkan dan dibangkitkan. Bagi orang Yahudi, ini adalah ibu kota kuno, rumah bagi dua kuil Yahudi yang alkitabiah. Bagi umat Islam, di sanalah Nabi Muhammad diangkat ke surga.

Cemoohan yang ditimpakan kepada minoritas Kristen bukanlah hal baru di Kota Tua yang padat, wadah ketegangan yang dianeksasi oleh pemerintah Israel pada tahun 1967. Banyak orang Kristen merasa terjepit antara Yahudi dan Muslim, Israel dan Palestina.

Tapi sekarang pemerintah sayap kanan Netanyahu memasukkan pemimpin pemukim dalam peran kunci, seperti Menteri Keuangan, Bezalel Smotrich, dan Menteri Keamanan Nasional, Itamar Ben-Gvir, yang memegang hukuman pidana sejak 2007 karena menghasut rasisme anti Arab dan mendukung kelompok militan Yahudi.

Pengaruh mereka telah memberdayakan para pemukim Israel yang berusaha untuk memperkuat kendali Yahudi atas Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem timur, mengkhawatirkan para pemimpin gereja yang melihat upaya semacam itu, termasuk rencana pemerintah untuk membuat taman nasional di Bukit Zaitun, sebagai ancaman terhadap kehadiran Kristen di kota suci. Palestina mengklaim Yerusalem timur sebagai ibu kota negara yang mereka harapkan.

“Elemen-elemen sayap kiri keluar untuk Yahudisasi Kota Tua dan tanah lainnya, dan kami merasa tidak ada yang menahan mereka sekarang,” kata Pastor Don Binder, seorang pendeta di Katedral Anglikan St. George di Yerusalem. “Gereja telah menjadi batu sandungan utama.”

Sekitar 15.000 orang Kristen di Yerusalem hari ini, mayoritas dari mereka orang Palestina, pernah menjadi 27.000 orang, sebelum kesulitan yang mengikuti perang Timur Tengah tahun 1967 mendorong banyak orang dari kelompok yang secara tradisional makmur untuk beremigrasi.

Sekarang, tahun 2023 akan menjadi tahun terburuk bagi orang Kristen dalam satu dekade, menurut Yusef Daher dari Inter-Church Center, sebuah kelompok yang mengkoordinasikan antar denominasi.

Serangan fisik dan pelecehan terhadap pendeta sering tidak dilaporkan, kata pusat itu. Ini telah mendokumentasikan setidaknya tujuh kasus serius vandalisme properti gereja dari Januari hingga pertengahan Maret, peningkatan tajam dari enam kasus anti-Kristen yang tercatat sepanjang tahun 2022. Para pemimpin gereja menyalahkan ekstremis Israel atas sebagian besar insiden tersebut, dan mengatakan mereka takut lonjakan yang lebih besar lagi.

“Eskalasi ini akan membawa lebih banyak kekerasan,” kata Pizzaballa. “Itu akan menciptakan situasi yang akan sangat sulit untuk diperbaiki.” Pada bulan Maret, sepasang orang Israel masuk ke basilika di samping Taman Getsemani, tempat Perawan Maria konon dimakamkan. Mereka menyerang seorang pendeta dengan batang logam sebelum ditangkap.

Pada bulan Februari, seorang Yahudi Amerika yang religius menarik gambar Kristus setinggi 10 kaki dari alasnya dan membantingnya ke lantai, memukul wajahnya dengan palu belasan kali di Church of the Flagellation di Via Dolorosa, yang diyakini sebagai Yesus mengangkat salib-Nya ke arah penyaliban-Nya. "Tidak ada berhala di kota suci Yerusalem!" dia berteriak.

Orang Armenia menemukan grafiti penuh kebencian di dinding biara mereka. Para pendeta dari semua denominasi mengatakan bahwa mereka telah dibuntuti, diludahi, dan dipukuli saat berjalan ke gereja. Pada bulan Januari, orang-orang Yahudi yang religius merobohkan dan merusak 30 kuburan yang ditandai dengan salib batu di pemakaman Kristen bersejarah di kota tersebut. Dua remaja ditangkap dan didakwa melakukan perusakan dan penodaan agama.

Tetapi umat Kristen menuduh bahwa polisi Israel tidak menanggapi sebagian besar serangan dengan serius. Dalam satu kasus, George Kahkejian yang berusia 25 tahun mengatakan bahwa dialah yang dipukuli, ditangkap dan ditahan selama 17 jam setelah gerombolan pemukim Yahudi memanjat biara Kristen Armenia miliknya untuk merobohkan benderanya awal tahun ini. Polisi tidak segera berkomentar.

“Kami melihat bahwa sebagian besar insiden di wilayah kami tidak dihukum,” keluh Pastor Aghan Gogchian, kanselir Patriarkat Armenia. Dia menyatakan kekecewaannya dengan bagaimana pihak berwenang sering memaksakan kasus penodaan dan pelecehan tidak bergantung pada kebencian agama tetapi pada penyakit mental.

Polisi Israel mengatakan mereka telah "menyelidiki (insiden) secara menyeluruh terlepas dari latar belakang atau agama" dan melakukan "penangkapan cepat." Pemerintah kota Yerusalem meningkatkan keamanan pada prosesi Paskah Ortodoks yang akan datang dan membentuk departemen kepolisian baru untuk menangani ancaman bermotivasi agama, kata wakil wali kota Yerusalem, Fleur Hassan-Nahoum.

Sebagian besar pejabat Israel tetap diam atas vandalisme, sementara langkah pemerintah, termasuk pengenalan undang-undang yang mengkriminalisasi dakwah Kristen dan promosi rencana untuk mengubah Bukit Zaitun menjadi taman nasional, telah memicu kemarahan di Tanah Suci dan sekitarnya.

Netanyahu berjanji untuk memblokir RUU itu untuk bergerak maju, menyusul tekanan dari orang-orang Kristen evangelis yang marah di Amerika Serikat. Di antara pendukung terkuat Israel, kaum evangelis memandang negara Yahudi sebagai pemenuhan nubuatan alkitabiah.

Sementara itu, para pejabat Yerusalem mengonfirmasi bahwa mereka sedang melanjutkan rencana zonasi yang kontroversial untuk Bukit Zaitun, sebuah situs ziarah suci dengan beberapa lusin gereja bersejarah. Para pemimpin Kristen khawatir taman itu dapat membendung pertumbuhan mereka dan merambah tanah mereka. Pemukiman Yahudi yang menjadi rumah bagi lebih dari 200.000 orang Israel sudah mengelilingi Kota Tua.

Otoritas Taman Nasional Israel menjanjikan dukungan dari gereja-gereja dan berharap taman itu akan "melestarikan area berharga sebagai area terbuka." Pizzaballa mendorong kembali. “Ini semacam penyitaan,” katanya.

Ketegangan yang membara di masyarakat memuncak pada ritual Paskah Ortodoks ketika polisi Israel mengumumkan kuota ketat pada ribuan peziarah yang ingin menghadiri ritual "Api Suci" di Gereja Makam Suci.

Mengutip kekhawatiran keamanan atas obor yang menyala yang didorong melalui kerumunan besar di gereja, pihak berwenang membatasi upacara hari Sabtu untuk 1.800 orang. Para pendeta yang melihat polisi membuka gerbang lebar-lebar bagi orang Yahudi merayakan Paskah, yang tahun ini bertepatan dengan Paskah, menuduh adanya diskriminasi agama pada hari Rabu.

Hari-hari ini, Uskup Sani Ibrahim Azar dari Gereja Lutheran Injili di Yerusalem mengatakan dia berjuang untuk mendapatkan jawaban ketika jemaatnya bertanya mengapa mereka harus menanggung harga pahit hidup di Tanah Suci.

“Ada hal-hal yang membuat kita khawatir tentang keberadaan kita sendiri,” dia dikatakan. “Tapi tanpa harapan, semakin banyak dari kita yang akan pergi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home