Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:51 WIB | Rabu, 05 Februari 2014

Apple Kembali Kuasai Pasar AS dengan iPhone Baru

iPhone. (Foto: dari ibtimes.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Apple kembali menguasai pasar smartphone Amerika Serikat dengan rilis iPhone terbarunya, tunjuk sebuah survei pada Selasa (4/2).

Raksasa California itu meraih 41,8 persen penjualan smartphone pada tiga bulan terakhir 2013, naik dari 40,6 persen dalam tiga bulan hingga September, tunjuk survei comScore.

Keuntungan tersebut diperoleh setelah rilis model iPhone 5S dan 5C pada September di AS dan pasar dunia lainnya.

Apple masih di depan Samsung di pasar AS, namun raksasa elektronik Korea Selatan itu juga meningkatkan sahamnya menjadi 26,1 persen dari 24,9 persen pada tiga bulan sebelumnya, ungkap comScore.

Motorola, produsen milik Google yang dijual ke Lenovo China di bawah kesepakatan yang diumumkan pekan lalu, memiliki pangsa pasar 6,7 persen, dibandingkan dengan 6,8 persen dalam periode tiga bulan sebelumnya, tunjuk survei tersebut.

LG Korea Selatan berada di urutan keempat di pasar AS dengan 6,6 persen dan HTC Taiwan menempati urutan kelima dengan 5,7 persen, kata comScore.

Meski iPhone populer di kalangan warga AS, handphone dengan sistem operasi Android masih menguasai mayoritas dengan 51,5 persen dari pelanggan smartphone, menurut survei tersebut.

iOS Apple, yang hanya digunakan pada iPhone, berada di urutan kedua dengan 41,8 persen.

Windows Phone Microsoft berdiri di urutan ketiga, turun 0,2 poin persentase untuk saham 3,1 persen, di belakang 3,4 persen yang diperoleh BlackBerry.

Perusahaan riset itu menyatakan bahwa 156 juta orang AS pada Desember memiliki smartphone, 65,2 persen dari pasar ponsel.

Survei terpisah pekan lalu dari Strategy Analytics menunjukkan bahwa sistem Google Android digunakan pada 78,9 persen smartphone yang dijual di seluruh dunia pada 2013, sementara pangsa pasar global Apple merosot ke angka 15,5 persen. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home