Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:54 WIB | Kamis, 07 Desember 2023

Arkeolog Diduga Temukan Rumah Para Rasul Yesus di Tepi Laut Galilea, Israel

Konservator Yehoshua Dray memindahkan mosaik pada apse di el-Araj untuk melakukan penggalian di bawahnya. (Foto: Proyek penggalian Rotem Taasa/el-Araj via Haaretz)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Di bawah sebuah gereja mula-mula di desa yang mereka pikir adalah Betsaida, para arkeolog menemukan sebuah “tembok suci”, yang tidak mungkin berasal dari rumah Rasul Petrus. Namun dapat juga yang di sebelahnya.

Di tepi Laut Galilea, tepat di bawah puncak basilika zaman Bizantium di tempat yang mungkin merupakan desa Bethsaida yang hilang, para arkeolog telah menemukan sisa-sisa tembok yang sudah ada sebelum gereja tersebut. Para pembangun gereja kuno mungkin percaya bahwa tembok itu, yang tampaknya mereka hormati dan lindungi dengan hati-hati di bawah puncak bangunan mereka, adalah rumah milik rasul Yesus: Petrus dan Andreas.

Tembok itu berasal dari abad kedua atau ketiga, kata para peneliti yang mengarahkan penggalian di el-Araj, Prof. Mordechai Aviam dari Kinneret Academic College dan Prof. R. Steven Notley dari Kinneret Academic College dan Yeshiva University.

Namun tegak lurus terhadapnya, pada lapisan arkeologi bawah yang juga di bawah lantai apse, terdapat tembok lain. Sisa-sisa ini sebenarnya berasal dari abad pertama, zaman Yesus dan para rasulnya. Kita tidak tahu apakah itu benar-benar bagian dari rumah Petrus, tapi itu berasal dari waktu yang tepat.

Kedua dinding tersebut, yang berasal dari abad kedua atau ketiga, dan satu lagi dari abad pertama, terungkap ketika lantai mosaik apse dihilangkan dengan ahli oleh konservator penggalian Yehoshua “Jesus” Dray. (Nantinya, lantai tersebut diharapkan dapat dipulihkan.)

Ada banyak bukti yang mendukung penafsiran el-Araj sebagai Betsaida dan gereja sebagai Gereja Petrus alias Gereja Para Rasul. Pertama-tama, Bizantium tidak hanya membangun basilika di mana saja: mereka selalu dibangun dengan posisi apse di atas relik suci, kata Aviam.

Iman Bizantium juga memiliki ketertarikan terhadap para rasul. Suara Kristen terakhir pada periode Romawi akhir (20 tahun sebelum awal periode Bizantium) adalah Eusebius, yang menulis Onomasticon pada tahun 304, Notley menunjukkan, dan Eusebius mengutip Bethsaida untuk satu hal: “menjadi rumah para rasul . Bukan untuk menyembuhkan orang buta yang diberitakan Injil Markus, atau memberi makan orang banyak yang digambarkan dalam Injil Lukas di pinggiran Betsaida, namun karena menjadi kota para rasul,” kata Notley.

“Menurut saya, masuknya dia ke dalam Onomasticon adalah sisa dari kesinambungan ingatan umat Kristen tentang hubungan erat antara Betsaida dan rumah rasul Petrus, Andreas, dan Filipus yang dijelaskan dalam Injil Yohanes 1:44.” (Apa yang ditulis Eusebius: “Betsaida. Kota Andreas dan Petrus dan Filipus. Terletak di Galilea di danau Genesaret.”)

Lebih jauh lagi, lokasi tembok ini dan perhatian penuh kasih dari para pembangun gereja yang “mengemasnya” dan melestarikannya menunjukkan bahwa itu adalah peninggalan suci; bahwa Bizantium menghormati tembok ini.

Menghormati tembok bangunan suci yang sudah lama hilang bukanlah hal yang asing. Tembok Barat di Yerusalem dihormati sebagai sisa dari Bait Allah Kedua, atau setidaknya tembok yang mengelilingi halamannya. Kini, para arkeolog telah menemukan bukti bahwa Bizantium menghormati tembok di sebuah desa nelayan di Laut Galilea di wilayah yang sekarang disebut Israel utara.

Menghilang Karena Gempa Bumi?

Betsaida tiba-tiba menghilang dari catatan sejarah Yahudi dan Kristen pada akhir abad ketiga, kemungkinan karena kota tersebut dilanda banjir pada saat permukaan danau naik. Pada titik tertentu, ingatan akan lokasi desa Yahudi zaman Romawi ini hilang, apalagi ingatan akan situs-situs di dalamnya.

Namun mungkin kenangan itu baru hilang kemudian, mungkin setelah gempa bumi meluluhlantahkan Galilea pada abad kedelapan. Mungkin ketika Bizantium sedang mencari situs suci di kawasan itu, kenangan akan desa tersebut dan rumah Petrus dan Andreas masih hidup.

Dari semua rasul, Petrus memegang posisi dominan: dia adalah pemimpin mereka, jelas Notley. Bagian atas Basilika Santo Petrus di Roma terletak di atas apa yang diyakini oleh tradisi Kristen sebagai makam Santo Petrus yang sama, Petrus yang rumahnya kini mungkin telah digali (atau apa yang dianggap oleh orang Bizantium sebagai rumahnya), bersama dengan sistem drainase dari rumah itu.

“Tembok yang dihormati” berada di bawah tengah apse, sesuai dengan tradisi Bizantium untuk relik suci, dan tidak ada apa pun di sana, kata Aviam (kecuali tembok lainnya, abad pertama). Namun orang-orang Bizantium mungkin tidak pernah melihatnya. Pada saat mereka tiba untuk mencari rumah Petrus, ratusan tahun setelah kejadian tersebut, tembok abad pertama itu mungkin sudah rusak, menghilang di bawah tanah berabad-abad. Para pembangun tidak mengetahuinya; mereka bukanlah arkeolog yang teliti secara ilmiah, kata tim tersebut.

Petunjuk lain bahwa tembok tersebut berfungsi sebagai peninggalan suci basilika, adalah bahwa gereja tersebut tidak berorientasi tepat ke timur/barat, seperti kebanyakan gereja Bizantium. Sebaliknya, orientasinya yang sedikit miring selaras dengan “dinding terhormat” yang dipelihara dengan baik, kata Notley.

Berabad-abad kemudian, ketika ingatan akan lokasi Bethsaida telah memudar, dan mungkin mereka tidak mengetahui apa yang mereka lakukan, Tentara Salib akan membangun pabrik gula di lokasi yang sama. Mereka bahkan menggunakan kembali beberapa tembok gereja kuno. Para arkeolog juga sedang menggali reruntuhan pabrik gula itu.

Tentara Salib mungkin akan merasa malu saat menyadari bahwa fasilitas produksi gula mereka tidak hanya membelah bagian dari basilika kuno yang terlupakan, hanya beberapa meter dari tempat pembaptisannya, namun mungkin juga terletak di atas tempat yang menurut tradisi Kristen awal adalah rumah Petrus dan Andreas.

“Ingat, mungkin semua itu dioperasikan oleh umat Islam,” kata arkeolog Achia Kohn-Tavor. “Kami tidak tahu apakah orang Kristen yang tinggal di sini mengoperasikan pabrik gula. Itu mungkin dimiliki oleh seorang Tentara Salib, seorang Frank, tapi itu tidak berarti mereka menjalankannya.”

Mengapa Tentara Salib membangun salah satu dari lusinan fasilitas gula mereka di sana? Bukan karena tradisi lokal, tapi karena cuaca panas dan banyak air merupakan kebutuhan pokok untuk menanam tebu, kata Kohn-Tavor.

Saat ini, situs tersebut berada di Cagar Alam Beteha, dan sedang digali dengan bantuan dari Otoritas Alam dan Taman Israel, dan Otoritas Purbakala Israel.

El-Araj di pantai utara Laut Galilea adalah salah satu dari dua situs arkeologi yang bersaing untuk mendapatkan gelar “Betsaida yang sebenarnya,” yang tercatat dalam Alkitab Perjanjian Baru sebagai kampung halaman Petrus dan Andreas, dan juga Filipus, yang konon merupakan penulis buku tersebut, sebuah Injil gnostik.

Penggalian dimulai pada tahun 2016, hampir satu abad setelah Pendeta Rudolf de Haas melihat ubin mosaik kuno di samping reruntuhan rumah Ottoman.

Penemuan di el-Araj pada tahun-tahun sebelumnya meliputi gereja, sisa-sisa desa dari abad pertama SM hingga abad ketiga M, dan banyak peralatan penangkapan ikan, hal ini bisa diharapkan jika seseorang menemukan desa nelayan Yahudi dari zaman Romawi. Penggalian gereja tersebut antara lain mengungkapkan tiga prasasti, salah satunya berisi permohonan kepada Santo Petrus.

Banyaknya bukti membawa Notley dan Aviam pada kesimpulan bahwa ini tidak lain adalah “Gereja Petrus,” Gereja Para Rasul, di desa Bethsaida.

Nama el-Araj mungkin mendukung anggapan bahwa situs ini dan bukan situs lainnya adalah Bethsaida, teori Notley. “El-Araj” berarti “orang lumpuh,” dan dia mendalilkan bahwa para ahli Taurat salah mengartikan nama “Bethsaida” (“desa nelayan”) dengan Bethesda, tempat Yesus menyembuhkan orang lumpuh di Yerusalem.

Dalam manuskrip Kristen Yunani pertama tentang mukjizat Yesus, para ahli Taurat yang bingung mulai menyebut Beth-Zeta di Yerusalem sebagai Betsaida, dan entah bagaimana Betsaida diasosiasikan dengan “orang lumpuh”.

Masalah Pohon Eukaliptus

Kami menambahkan bahwa penggalian di el-Araj terus berlanjut meskipun pecahnya perang pada tanggal 7 Oktober dan kepergian sukarelawan asing yang pergi setelah pertempuran meletus. Penemuan musim ini mencakup fakta bahwa gereja tersebut telah berfungsi lebih lama dari yang diperkirakan: saat tim yang tersisa menggali, para arkeolog menemukan dua tahap apse. Terbukti, gereja tersebut beroperasi selama ratusan tahun, dari akhir abad kelima hingga kedelapan.

Pengoperasiannya yang berlarut-larut menggarisbawahi pentingnya hal ini di dunia Kristen awal: “Cukup penting bahwa mereka berinvestasi dalam berbagai tahap pengembangan dan pelestarian,” kata Notley. Lebih lanjut mendukung argumen bahwa el-Araj adalah Betsaida, rumah para rasul, ini mungkin bukan gereja paling awal di kota tersebut.

Tepat di sebelah basilika ada pohon eukaliptus yang besar. Tidak, kayu putih bukan tanaman asli Israel. Mereka diimpor dari Australia dengan gagasan “mengeringkan rawa”, yang dimulai pada tahun 1880-an, dan semakin sedikit yang membicarakan hal tersebut, semakin baik.

Pohon itu memberikan keteduhan dari terik matahari Timur Tengah, namun yang lebih penting, pohon itu tumbuh di atas bangunan kuno lainnya, yang menurut para arkeolog mungkin merupakan gereja yang lebih tua, dari gereja abad keempat (masa awal kekaisaran Bizantium Kristen).

Menghapus pohon apa pun di domain publik Israel memerlukan izin resmi dari pemerintah, jelas Aviam. Ini adalah sebuah kekacauan birokrasi, namun jika izin untuk melakukan penggalian diajukan dan diberikan, dan jika bangunan tersebut ternyata adalah sebuah gereja abad keempat yang mendahului gereja yang melapisi “tembok yang dihormati,” maka hal ini dapat menjadi bukti kesaksian umat Kristen yang sangat awal mengenai Betsaida pada saat itu, kata Notley.

Selain itu, struktur misterius di bawah pohon di luar basilika dibangun dengan orientasi timur-barat, Notley menambahkan. “Dengan kata lain, Bizantium membangun gereja sebelumnya di timur/barat. Namun ketika mereka ingin membangun kembali gereja pada akhir abad kelima, mereka memilih untuk menyelaraskannya dengan ‘tembok suci’ di bawah apse, meskipun itu berarti tidak tepat berada di timur/barat,” tambahnya.

Mengapa Bethsaida zaman dahulu mempunyai dua gereja? Aviam menilai keduanya tidak beroperasi secara sepadan. Yang terakhir akan menggantikan yang sebelumnya. Tabgha juga, beberapa kilometer sebelah barat el-Araj, juga memiliki gereja abad kelima yang berdiri di atas gereja abad keempat, tambahnya.

Tampaknya gereja el-Araj mungkin hancur akibat gempa besar di Galilea pada tahun 749, dan karenanya terlupakan.

Bangunan Zaman Yesus

Kemungkinan penemuan rumah para rasul dalam tradisi Kristen mula-mula akan menjadi salah satu penemuan paling luar biasa dalam arkeologi Kristen, meskipun buktinya mungkin masih sulit diperoleh.

Banyak situs yang dihormati tidak memiliki konfirmasi identifikasi yang kuat, kata Aviam. Ambil contoh makam rabi abad kedua Shimon Bar Yochai, seorang Rashbi, yang tinggal di Yudea Romawi dan membenci Romawi. Apakah dia benar-benar dimakamkan di tempat yang diakui sebagai makamnya di Gunung Meron di Israel?

Kami tidak tahu. “Bagaimana kita tahu di mana Shimon Bar Yochai dimakamkan? Sumber-sumber Yahudi kuno menyebutkan Meron sebagai tempat pemakamannya, namun ada puluhan makam kuno di Meron, dan kita tidak tahu pasti yang mana di antara makam Rashbi tersebut. Mereka memilih satu makam dan berkata, itu saja. Begitu dinyatakan, itu menjadi fakta. Inilah kekuatan tradisi,” kata Aviam.

Pencarian situs suci yang hilang dimulai setidaknya 250 tahun setelah peristiwa yang menjadi dasar agama Kristen, dan pada akhirnya bermuara pada keyakinan. Bagi para arkeolog, ternyata tidak.

Setidaknya satu perjalanan akan membawa umat Bizantium ke Betsaida, kampung halaman Petrus, Andreas, dan Filipus, dan mereka akan mencari rumah para rasul. Bagaimana hal itu diidentifikasi? Mungkin seseorang melihat tembok tua dan berkata, “Itu dia.”

Para arkeolog tidak mengatakan mereka menemukan rumah Petrus. Mereka mengatakan bahwa mereka menemukan sebuah basilika Bizantium yang dibangun lebih awal dari yang diperkirakan, yaitu pada akhir abad kelima, yang dibangun di atas “tembok yang dihormati” yang diperkirakan oleh para pembangunnya adalah milik rumah Petrus. Ternyata tidak, tapi tembok di sebelahnya mungkin ada. Bagaimanapun, apa yang ditemukan para arkeolog adalah bukti tradisi Kristen mula-mula.

“Dari sudut pandang ilmiah, kita harus selalu memenuhi syarat,” kata Notley. Tidak ada tulisan yang mengatakan “Petrus tinggal di sini.” Rumahnya bisa saja berada di mana saja di Betsaida. Kita tidak dapat berasumsi bahwa ratusan tahun setelah ia hidup, orang-orang Bizantium benar-benar memahaminya. Ada juga pertanyaan kapan “tembok yang dihormati” mulai dihormati.

Namun bukti “mengatakan bahwa Bizantium tidak hanya membangun sebuah gereja tanpa ingatan apa pun,” lanjut Notley. “Ada kenangan yang terus-menerus bahwa di bawah gereja terdapat desa abad pertama, rumah rasul Petrus, Andreas, dan Filipus. Hal ini memberikan kepercayaan pada kesaksian sejarah dalam Injil, di mana dikatakan bahwa segala sesuatu terjadi, kita mempunyai bukti yang sesuai.

“Kami tidak menggali di bawah gereja dan tidak menemukan apa pun: kami menemukan rumah-rumah abad pertama,” simpulnya. “Itu berarti orang-orang Bizantium memiliki kenangan yang hidup tentang lokasi kota dan rumah Petrus dan Andreas, dan mengingatnya di gedung gereja.” (Haaretz)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home