Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:30 WIB | Minggu, 25 Februari 2024

Armenia Hentikan Partisipasi dalam Blok Keamanan Pimpinan Rusia, CSTO

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, berfoto saat wawancara dengan Reuters di Yerevan, Armenia. (Foto: dok. Reuters)

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Armenia telah membekukan partisipasinya dalam Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Rusia karena perjanjian tersebut telah mengecewakan negaranya, kata Perdana Menteri Nikol Pashinyan dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Kamis (22/2).

Pashinyan juga mengatakan Azerbaijan, yang telah berperang dua kali dengan Armenia selama tiga dekade terakhir, tidak mematuhi prinsip-prinsip yang diperlukan untuk mencapai perjanjian damai jangka panjang, dan menyatakan Azerbaijan sedang bersiap untuk melancarkan serangan lain.

Pashinyan mengatakan kepada televisi France 24 bahwa pakta CSTO, yang didominasi oleh Rusia, telah mengecewakan Armenia.

“Perjanjian Keamanan Kolektif belum mencapai tujuannya bagi Armenia, khususnya pada tahun 2021 dan 2022. Dan kami tidak bisa membiarkan hal itu terjadi tanpa memperhatikannya,” kata Pashinyan melalui seorang penerjemah.

“Kami sekarang secara praktis telah membekukan partisipasi kami dalam perjanjian ini. Mengenai apa yang terjadi selanjutnya, kita harus melihatnya.”

Dia mengatakan tidak ada diskusi mengenai penutupan pangkalan Rusia di Armenia. Hal ini tunduk pada perjanjian yang berbeda.

Pashinyan dalam beberapa bulan terakhir menyatakan ketidakpuasannya terhadap hubungan lama Armenia dengan Rusia dan mengatakan Armenia tidak bisa lagi bergantung pada Rusia untuk menjamin kebutuhan pertahanannya. Dia menyatakan keanggotaannya di CSTO sedang ditinjau.

Anggota CSTO lainnya, negara mantan Uni Soviet termasuk Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan.

Azerbaijan memulihkan sebagian besar wilayahnya pada tahun 2020 dalam perang kedua atas wilayah sengketa Nagorno-Karabakh, yang sebagian besar dihuni oleh etnis Armenia tetapi diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan.

Tahun lalu, militer Azerbaijan mengambil alih wilayah tersebut, menyebabkan sebagian besar penduduknya pindah ke Armenia.

Dalam sambutannya, Pashinyan mengatakan prospek untuk mencapai perjanjian perdamaian jangka panjang dirugikan oleh pernyataan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, yang ditafsirkan Armenia sebagai klaim atas sebagian besar wilayah Armenia.

“Jika prinsip-prinsip integritas teritorial dan perbatasan yang tidak dapat diganggu gugat tidak diakui oleh Azerbaijan, hal itu tidak mungkin terjadi,” katanya kepada France 24.

“Azerbaijan menggunakan situasi ini untuk memperkuat retorikanya. Hal ini membuat orang berpikir bahwa Azerbaijan sedang bersiap untuk melakukan serangan baru terhadap Armenia.”

Elemen kunci dalam menjamin suatu perjanjian adalah demarkasi perbatasan dan pembentukan koridor transportasi regional yang sering kali melintasi wilayah wilayah masing-masing. Aliyev juga mengangkat isu penentuan kendali atas daerah kantong etnis di kedua sisi perbatasan.

Pashinyan dan Aliyev telah membahas langkah menuju perjanjian perdamaian di beberapa pertemuan, termasuk diskusi pekan lalu di Konferensi Keamanan Munich. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home