Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:35 WIB | Minggu, 25 Februari 2024

Polisi Inggris Sita 5.700 Kg Kokain Senilai US$ 568 Juta

Kokain disembunyikan di antara pengiriman pisang.
Gambar yang dirilis oleh Badan Kejahatan Nasional (NCA) pada 22 Februari 2024 menunjukkan paket kokain yang disembunyikan di antara pisang yang disita di pelabuhan Southampton di Inggris selatan, diumumkan Badan Kejahatan Terorganisir (NCA). (Foto: AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Polisi Inggris mengatakan pada hari Jumat (23/2) bahwa mereka telah melakukan penyitaan obat-obatan terlarang terbesar yang pernah ada.

Badan Kejahatan Nasional mengatakan bahwa 5,7 ton (5.700 kg) kokain ditemukan dalam sebuah kontainer di pelabuhan Southampton di pantai selatan Inggris pada 8 Februari.

Pengangkutan narkoba itu ditemukan tersembunyi di dalam muatan pisang yang diangkut dari Amerika Selatan, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan. Nilainya diperkirakan £ 450 juta (US$ 568 juta) berdasarkan harga jalanan di Inggris, NCA menambahkan.

Para petugas yakin obat-obatan tersebut sedang menuju ke Hamburg di Jerman “untuk pengiriman selanjutnya,” kata pernyataan itu.

“Penyitaan yang memecahkan rekor ini akan menjadi pukulan besar bagi kartel kejahatan terorganisir internasional yang terlibat, sehingga membuat mereka kehilangan keuntungan besar,” kata direktur NCA, Chris Farrimond.

Penyitaan narkoba terbesar sebelumnya di Inggris adalah 3,7 ton kokain yang ditemukan di Southampton pada tahun 2022.

NCA memperkirakan bahwa geng kriminal menghasilkan sekitar £4 miliar per tahun dari pasar kokain ilegal di Inggris. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home