Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Sabtu, 18 November 2023

Artis Yang Menentang Invasi Rusia ke Ukraina Divonis Tujuh Tahun Penjara

Dia didakwa mengganti label harga dengan pesan menentang perang Rusia di Ukraina.
Sasha Skohilenko (33 tahun) seorang artis yang menentang perang Rusia di Ukraina, menunjukkan tanda kemenangan dengan jari tangannya di dalam sidang pengadilan di St. Petersburg, Rusia. Dia dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara. (Foto: AP/Dmitri Lovetsky)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Rusia pada Kamis (16/11) memvonis bersalah seorang artis dan musisi karena menukar label harga supermarket dengan pesan-pesan anti perang, menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara padanya dalam salah satu kasus paling terkenal yang melibatkan tindakan keras terhadap kebebasan berpendapat baru-baru ini.

Sasha Skohilenko ditangkap di kota asalnya, Sankt Peterburg, pada April 2022 dan didakwa menyebarkan informasi palsu tentang militer setelah mengganti label harga dengan label harga yang mengecam invasi Rusia ke Ukraina.

“Tentara Rusia mengebom sebuah sekolah seni di Mariupol. Sekitar 400 orang bersembunyi di dalamnya dari penembakan,” salah satu bunyinya pesannya. Yang lain menyebutkan, “Wajib militer Rusia sedang dikirim ke Ukraina. Nyawa anak-anak kami adalah harga dari perang ini.”

Seorang pelanggan di supermarket yang menemukan slogan tersebut melaporkannya ke pihak berwenang.

Penangkapan Skohilenko terjadi sekitar sebulan setelah pihak berwenang mengadopsi undang-undang yang secara efektif mengkriminalisasi ekspresi publik apa pun tentang perang yang menyimpang dari garis resmi Kremlin.

Undang-undang tersebut telah digunakan dalam tindakan keras yang meluas terhadap politisi oposisi, aktivis hak asasi manusia, dan warga negara yang kritis terhadap Kremlin, dan banyak di antara mereka yang menerima hukuman penjara yang lama.

Skohilenko, 33 tahun, tidak membantah mengganti label harga namun menolak tuduhan menyebarkan informasi palsu.

Dia tidak bermaksud meremehkan militer, namun ingin menghentikan pertempuran, kata pengacaranya Yana Nepovinnova kepada The Associated Press pekan lalu.

“Dia adalah orang yang sangat berempati dan cinta damai. Baginya, secara umum, kata ‘perang’ adalah hal paling mengerikan yang bisa dibayangkan, begitu pula penderitaan masyarakat,” kata Nepovinnova.

Situs berita independen Rusia, Mediazona, mengutip pernyataan Skohilenko dalam pernyataan terakhirnya di pengadilan pada hari Kamis (16/11) bahwa kasus yang menimpanya “aneh dan menggelikan”, sedemikian rupa sehingga para pejabat di fasilitas tempat dia ditahan “membuka mata mereka lebar-lebar dan berseru: 'Apakah ini benar-benar alasan mengapa orang-orang dipenjara saat ini?'”

Dia juga menuduh bahwa seorang penyelidik yang menangani kasusnya bahkan berhenti dari pekerjaannya, dan mengatakan kepada salah satu pengacaranya bahwa dia “tidak bergabung dengan Komite Investigasi untuk menangani kasus-kasus seperti (yang) melawan Sasha Skohilenko.”

Berbicara kepada hakim di ruang sidang yang penuh dengan pendukung, Skohilenko berkata: “Semua orang melihat dan tahu bahwa yang Anda coba bukanlah teroris. Anda tidak mencoba menjadi ekstremis. Anda juga tidak mencoba menjadi aktivis politik. Anda sedang mencoba menjadi seorang pasifis.”

Para pendukungnya bertepuk tangan, Mediazona melaporkan, menambahkan bahwa setelah putusan diumumkan dan Skohilenko dibawa pergi, mereka berkumpul di sebuah lorong, meneriakkan namanya.

Skohilenko telah ditahan selama hampir 19 bulan sebelum persidangannya, yang berarti bahwa masa hukumannya secara keseluruhan akan dikurangi lebih dari dua tahun, karena setiap hari menjalani hukuman di pusat penahanan pra persidangan dihitung sebagai 1,5 hari masa hukuman di koloni hukuman biasa.

Namun dia harus berjuang selama dalam tahanan karena masalah kesehatan, termasuk cacat jantung bawaan, gangguan bipolar dan penyakit celiac, yang mengharuskan diet bebas gluten, kata pengacara dan pasangannya.

Selama penahanan di St Petersburg, ia bisa saja mendapat kunjungan dari dokter luar, namun apa yang akan terjadi jika Skohilenko dipindahkan ke penjara yang lebih terpencil masih belum pasti, kata rekannya, Sofya Subbotina. “Ada ketakutan besar bahwa Sasha akan berakhir tanpa bantuan medis,” tambahnya.

Kelompok hak asasi manusia paling terkemuka di Rusia dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2022, The Memorial, telah menyatakan Skohilenko sebagai tahanan politik.

Menurut OVD-Info, kelompok hak asasi manusia terkemuka lainnya yang memantau penangkapan politik dan memberikan bantuan hukum, total 19.834 warga Rusia telah ditangkap antara 24 Februari, ketika perang dimulai, dan akhir Oktober 2023 karena berbicara atau berdemonstrasi menentang perang.

Hampir 750 orang menghadapi tuntutan pidana karena sikap anti perang mereka, dan lebih dari 8.100 orang menghadapi tuntutan ringan karena mendiskreditkan tentara, yang dapat dihukum dengan denda atau hukuman penjara singkat.

Jangka waktu yang panjang telah diberikan dalam kasus-kasus yang paling penting. Tokoh oposisi terkemuka, Ilya Yashin, menerima hukuman 8 1/2 tahun penjara atas tuduhan serupa, begitu pula aktivis mahasiswa Moskow, Dmitry Ivanov. Rekan Yashin di dewan kota Moskow, Alexei Gorinov, mendapat hukuman tujuh tahun penjara.

Hukuman serupa dijatuhkan kepada orang-orang Rusia yang dihukum secara in absentia, seperti penulis buku masak, Veronika Belotserkovskaya, atau jurnalis TV dan mantan anggota parlemen, Alexander Nevzorov, dan beberapa orang lainnya.

Juga pada hari Kamis, politisi oposisi, Vladimir Milov, dihukum secara in absensia karena menyebarkan informasi tentang tentara dan dijatuhi hukuman delapan tahun penjara. Milov, yang pernah menjadi wakil menteri energi Rusia dan sekarang menjadi sekutu pemimpin oposisi, Alexei Navalny, yang dipenjara, telah meninggalkan Rusia.

Jaksa dalam kasus Skohilenko telah meminta hukuman delapan tahun penjara. Dalam sebuah wawancara dengan outlet berita St. Petersburg, Bumaga, pensiunan yang melaporkannya ke pihak berwenang tampak terkejut dengan hal tersebut, dan mengatakan: “Untuk kertas, tentu saja, seharusnya lebih sedikit.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home