Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:15 WIB | Sabtu, 02 Maret 2024

AS Hadang Tindakan DK PBB Salahkan Israel atas Insiden Konvoi Bantuan di Gaza

Utusan Palestina sebut mereka yang bertanggung jawab atas pembantaian ini harus dikejar. AS mengatakan faktanya belum jelas. Israel mengatakan sebagian besar korban meninggal karena desak-desakan.
AS Hadang Tindakan DK PBB Salahkan Israel atas Insiden Konvoi Bantuan di Gaza
Dewan Keamanan PBB bertemu untuk membahas situasi Timur Tengah di markas besar PBB di New York pada 23 Januari 2024. (Foto: dok. Charly Triballeau/AFP)
AS Hadang Tindakan DK PBB Salahkan Israel atas Insiden Konvoi Bantuan di Gaza
Warga Palestina menunggu bantuan kemanusiaan di tepi pantai di Kota Gaza, 25 Februari 2024. (Foto: dok. AP/Mahmoud Essa)
AS Hadang Tindakan DK PBB Salahkan Israel atas Insiden Konvoi Bantuan di Gaza
Sebuah pesawat militer Yordania (tidak dalam gambar) menjatuhkan bantuan kemanusiaan di atas Rafah dan Khan Younis di langit selatan Jalur Gaza pada 27 Februari 2024. (Foto: AFP/Said Khatib)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Di tengah penentangan oleh Amerika Serikat, negara-negara Arab pada Kamis (29/2)  malam gagal mendapatkan dukungan segera terhadap pernyataan Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) yang akan menyalahkan pasukan Israel atas lebih dari 100 kematian yang dilaporkan ketika warga Palestina di Gaza utara mengerumuni konvoi bantuan.

Riyad Mansour, duta besar Palestina untuk PBB, mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan darurat tertutup dewan mengenai kematian tersebut, bahwa 14 dari 15 anggota dewan mendukung pernyataan yang diajukan oleh Aljazair, perwakilan Arab di badan tersebut.

Rancangan deklarasi Aljazair menyatakan “keprihatinan yang mendalam,” dan menyatakan bahwa situasi tersebut “akibat tembakan pasukan Israel.”

Amerika Serikat tidak mendukung pernyataan tersebut dan Wakil Duta Besar AS, Robert Wood, mengatakan kepada wartawan: “Pihak-pihak tersebut sedang berupaya mencari cara untuk melihat apakah kita dapat mencapai sebuah pernyataan.

“Masalahnya adalah kita tidak memiliki semua fakta yang ada di sini,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia ingin kata-katanya mencerminkan “uji tuntas yang diperlukan sehubungan dengan kesalahan.”

Hamas menyalahkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) atas 104 kematian yang dilaporkan pada dini hari. Militer mengatakan mereka tidak menembaki kerumunan yang bergegas menuju konvoi bantuan utama truk bantuan yang memasuki Gaza utara pada Kamis pagi.

Mereka mengakui bahwa tentara melepaskan tembakan ke beberapa warga Gaza yang bergerak ke arah tentara dan sebuah tank di pos pemeriksaan IDF, sehingga membahayakan tentara. Laporan tersebut berargumen bahwa sebagian besar orang tewas karena terinjak-injak, dan menegaskan bahwa kurang dari 10 korban jiwa adalah akibat tembakan Israel.

Mansour mengatakan dia bertemu dengan Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, pada hari sebelumnya. “Saya memohon padanya agar Dewan Keamanan harus mengeluarkan produk yang mengutuk pembunuhan ini dan mengejar mereka yang bertanggung jawab atas pembantaian ini,” katanya.

Jika Dewan Keamanan memiliki “kekuatan dan tekad untuk mengakhiri pembantaian ini agar tidak terjadi lagi, yang kita butuhkan adalah gencatan senjata,” kata Mansour.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Antonio Guterres, mengatakan pada hari Kamis (29/2) bahwa kematian tersebut memerlukan penyelidikan independen yang efektif.

Berbicara di Saint Vincent dan Grenadines menjelang pertemuan puncak regional, Guterres mengatakan dia “terkejut” dengan episode terbaru perang Israel-Hamas. Guterres mengatakan memburuknya perpecahan geopolitik telah “mengubah hak veto menjadi instrumen yang efektif untuk melumpuhkan tindakan Dewan Keamanan.”

“Saya sangat yakin bahwa kita memerlukan gencatan senjata kemanusiaan dan kita memerlukan pembebasan sandera tanpa syarat dan segera serta kita harus memiliki Dewan Keamanan yang mampu mencapai tujuan ini,” kata Guterres.

Prancis juga menginginkan penyelidikan independen, kata Menteri Luar Negeri, Stephane Sejourne, pada hari Jumat (1/3). “Kami akan meminta penjelasan, dan harus ada penyelidikan independen untuk mengetahui apa yang terjadi,” kata Sejourne kepada penyiar France Inter.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan Israel “harus menyelidiki sepenuhnya bagaimana kepanikan massal dan penembakan bisa terjadi.”

Gedung Putih mengatakan pada hari Kamis (29/2) bahwa insiden di Kota Gaza “sangat mengkhawatirkan,” ketika Israel membagikan rekaman drone yang menunjukkan upaya pasukannya untuk membubarkan massa, dan menyangkal tanggung jawab atas kematian massal tersebut di tengah kritik internasional terhadap serangannya di Gaza.

Kekerasan tersebut dengan cepat dikutuk oleh negara-negara Arab. Presiden AS, Joe Biden, mengadakan pembicaraan mengenai insiden tersebut dengan para pemimpin Mesir dan Qatar, serta tentang cara-cara untuk menjamin pembebasan sekitar 130 sandera yang ditahan oleh Hamas sejak 7 Oktober dan gencatan senjata enam minggu dalam perang tersebut.

Baik Gedung Putih maupun Departemen Luar Negeri menyatakan kengerian atas apa yang terjadi dan mengindikasikan bahwa mereka akan menuntut jawaban dari Israel.

“Peristiwa terbaru ini perlu diselidiki secara menyeluruh,” kata juru bicara Gedung Putih, Olivia Dalton, kepada wartawan di Air Force One. “Peristiwa ini menggarisbawahi perlunya… memperluas bantuan kemanusiaan untuk mencapai Gaza.”

IDF menerbitkan video drone yang menunjukkan ribuan orang berkerumun di sekitar truk bantuan ketika mereka mencapai daerah di Gaza utara. Dalam beberapa kasus, kendaraan terus berusaha melewati kerumunan.

Militer mengakui bahwa tentara melepaskan tembakan ke beberapa warga Gaza yang bergerak ke arah tentara dan sebuah tank di pos pemeriksaan IDF, sehingga membahayakan tentara, setelah mereka menyerbu truk terakhir dalam konvoi lebih jauh ke selatan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, menyampaikan belasungkawa atas mereka yang tewas dan mengatakan bahwa Washington telah meminta Israel untuk memberikan jawaban dan memastikan pengiriman bantuan yang aman.

“Kami telah menghubungi pemerintah Israel sejak pagi tadi dan memahami bahwa penyelidikan sedang dilakukan. Kami akan menjadi moni melakukan penyelidikan dengan cermat dan mendesak untuk mendapatkan jawaban,” katanya, seraya menyerukan Israel untuk mengizinkan “sebanyak mungkin titik akses, dan memungkinkan distribusi bantuan tersebut secara aman dan terjamin ke seluruh Gaza.”

IDF telah mengoordinasikan beberapa pengiriman bantuan ke Gaza utara dalam beberapa pekan terakhir, meskipun kali ini lebih besar dari biasanya. Pihaknya kini akan mencari solusi untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi dan sedang melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Juru bicara AS mengatakan serbuan bantuan menunjukkan situasi “sangat menyedihkan” di Gaza, di mana PBB telah memperingatkan risiko kelaparan. “Masyarakat mengerumuni truk-truk ini karena lapar, butuh makanan, obat-obatan, dan bantuan lainnya,” katanya.

Berbicara dalam bahasa Inggris pada konferensi pers Kamis malam, Juru Bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan bahwa pasukan telah melepaskan tembakan peringatan dalam upaya untuk membubarkan massa warga Palestina.

“Saat pasokan bantuan kemanusiaan yang penting ini disalurkan ke warga Gaza yang membutuhkan, ribuan warga Gaza (bergegas) menyerbu truk, beberapa di antara mereka mulai dengan kasar mendorong dan menginjak-injak warga Gaza lainnya hingga tewas, serta menjarah pasokan kemanusiaan.

“Tidak ada serangan IDF yang dilakukan terhadap konvoi bantuan,” kata Hagari. “Sebaliknya, IDF berada di sana untuk melakukan operasi bantuan kemanusiaan, untuk mengamankan koridor kemanusiaan, dan memungkinkan konvoi bantuan mencapai titik distribusinya, sehingga bantuan kemanusiaan tersebut dapat menjangkau warga sipil Gaza di utara yang membutuhkan.”

Juru bicara IDF membantah bahwa Israel memblokir pengiriman bantuan kemanusiaan. “Bantuan kemanusiaan ini dikoordinasikan oleh Israel, untuk masyarakat Gaza. Kami ingin bantuan tersebut sampai ke masyarakat Gaza. Kami bekerja sepanjang waktu untuk mewujudkan hal ini. Israel tidak membatasi jumlah bantuan yang bisa masuk ke Gaza,” katanya.

Arab Saudi, Mesir, dan Yordania menuduh Israel menargetkan warga sipil dalam insiden tersebut. Dalam pernyataan terpisah, mereka menyerukan peningkatan jalur aman untuk bantuan kemanusiaan. Mereka juga mendesak komunitas internasional untuk mengambil tindakan tegas untuk menekan Israel agar mematuhi hukum internasional dan mencapai kesepakatan untuk segera melakukan gencatan senjata.

Pernyataan dari Turki menuduh Israel menambahkan “kejahatan lain terhadap kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Kementerian luar negeri Perancis juga mengecam Israel, dengan mengatakan, “Tembakan yang dilakukan tentara Israel terhadap warga sipil yang mencoba mengakses makanan tidak dapat dibenarkan.”

Menulis di platform media sosial X bahwa “warga sipil Palestina telah menjadi sasaran tentara Israel,” Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyatakan “kecamannya yang paling keras” atas pembunuhan tersebut.

Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, menyebut kematian tersebut “tidak dapat diterima” dan menggarisbawahi “pentingnya gencatan senjata.”

Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, juga mengecam kematian tersebut sebagai hal yang “sama sekali tidak dapat diterima.”

Presiden Kolombia, Gustavo Petro, mengumumkan pemerintahnya menangguhkan pembelian senjata dari Israel, menggambarkan insiden mematikan itu sebagai “genosida” dan menyalahkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas kekerasan tersebut. Pernyataannya muncul beberapa bulan setelah Israel menangguhkan ekspor keamanan ke Kolombia dalam perselisihan diplomatik mengenai pesan online Petro yang membandingkan respons militer Israel terhadap kekejaman yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober dengan tindakan Nazi Jerman.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran internasional mengenai situasi kemanusiaan di Jalur Gaza dan kesulitan dalam memberikan bantuan bagi lebih dari dua juta orang yang terjebak dalam perang yang dimulai ketika kelompok teror Palestina Hamas melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 253 orang.

Kota Gaza dan wilayah utara Gaza lainnya menjadi sasaran pertama serangan udara, laut, dan darat Israel. Daerah tersebut telah mengalami kehancuran yang luas dan sebagian besar telah terisolasi dari wilayah lain selama berbulan-bulan, dengan sedikit bantuan yang masuk dan sebagian besar penduduk telah mengungsi ke arah selatan.

Kelompok-kelompok bantuan mengatakan hampir mustahil untuk memberikan bantuan kemanusiaan di sebagian besar Gaza karena permusuhan yang sedang berlangsung dan rusaknya ketertiban umum. PBB mengatakan seperempat warga Palestina di Gaza menghadapi kelaparan; sekitar 80% telah meninggalkan rumah mereka. (AP/ToI/dan agensi lain)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home